Ragam Makanan Superfood Indonesia yang Tepat dan Kaya Gizi
Ragam Makanan Superfood Indonesia yang Tepat dan Kaya Gizi

Dangmerdu – Jumlah ketersediaan makanan superfood di tanah air tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Indonesia termasuk negara dengan hasil pertanian yang bagus, sehingga berbagai makanan superfood ini cukup melimpah dan mudah ditemukan di mana saja. Pilih jenis makanan superfood yang tepat dan konsumsi secara rutin, agar tubuh bisa mendapatkan manfaat maksimalnya.

 

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan superfood Indonesia yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

 

  1. Ikan

 

Ikan adalah makanan superfood lainnya yang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga protein. Kedua kandungan tersebut bisa membantu tubuh menekan terjadinya penyakit jantung serta merawat kesehatan otak. Ada banyak ikan yang kaya akan vitamin dan omega 3 ini, mulai dari makarel, sarden, dan yang lainnya.

 

  1. Ubi Cilembu

 

Ubi cilembu memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Makanan ini juga bisa memberikan rasa kenyang dan akan membuat tubuh lebih sehat.

 

  1. Ketan Hitam

 

Ada banyak kandungan gizi yang terdapat dalam panganan ini, antara lain: mineral, protein, serat, zat besi, dan termasuk antosianin yang bisa menambah imun. Ketan hitam juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti: anemia, kanker, sembelit, dan yang lainnya.

 

  1. Sukun

 

Sukun pada umumnya disajikan setelah dikukus atau digoreng ketika sudah cukup tua. Namun sebagian orang juga kerap menjadikan sukun muda sebagai sayur saja. Sukun ampuh menurunkan gula serta tekanan pada darah, dan juga menekan pertumbuhan kanker.

 

  1. Terong Ungu

 

Superfood Indonesia berikutnya adalah terong ungu. Sayuran ini biasanya bisa diolah dengan banyak cara, seperti: digoreng menggunakan tepung, disayur, ditumis, atau bahkan dibakar. Terong ungu memiliki banyak kandungan gizi yang dapat menambah imun dan kesehatan tubuh.

 

Baca juga : Cara Blokir Kartu ATM Tanpa Antri Ke Bank

 

  1. Manggis

 

Jenis makanan superfood ini dikenal memiliki rasa manis yang sedap. Bukan hanya buahnya saja, kulit manggis juga memiliki banyak kandungan baik yang bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk mengobati kanker. Selain itu, buahnya juga bisa mengatasi penyakit kardiovaskuler, tumor, dan juga peradangan yang terjadi pada tubuh.

 

  1. Selada Air

 

Sayur yang satu ini biasanya akan dimasak dengan cara di bening atau santan. Bukan hanya enak, selada air juga memiliki banyak kandungan gizi baik untuk tubuh, antara lain: kalium, kalsium, vitamin C, natrium, zat besi, vitamin B, dan juga fosfor.

 

  1. Daun Kelor

 

Sayuran yang satu ini biasanya banyak dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui, termasuk anak-anak juga. Daun kelor pada umumnya diolah menjadi sayur bening saja, sebagaimana sayur bayam atau sayuran hijau lainnya.

 

  1. Tauge

 

Tauge biasanya dikaitkan dengan kesuburan wanita. Sayuran yang satu ini termasuk dalam kelompok sumber protein nabati dan baik bagi tubuh. Tauge memiliki banyak kandungan gizi, antara lain: protein, zat besi, vitamin B6, kalsium, vitamin C, asam pantotenat, vitamin B, dan yang lainnya. Ini termasuk sayuran yang populer dan banyak dikonsumsi.

 

  1. Tempe

 

Tempe merupakan makanan yang populer dan sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Makanan ini biasanya diolah menjadi berbagai masakan, seperti: sambal tempe, gorengan tempe, gulai tempe, tempe mendoan, orek tempe, dan yang lainnya.

 

 

  1. Bayam Merah

 

Warnanya yang merah membuat sayuran yang satu ini begitu menarik, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu tubuh membentuk hemoglobin. Pada umumnya, bayam diolah menjadi sayur bening dan dikonsumsi saat masih dalam kondisi hangat.

 

  1. Telur

 

Telur termasuk makanan sehat yang memiliki banyak kandungan gizi baik bagi tubuh, seperti: protein, kolin, fosfor, vitamin A, selenium, vitamin B, dan yang lainnya. Selain itu, telur juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa membantu merawat kesehatan mata. Telur bisa diolah dengan banyak cara, termasuk direbus maupun digoreng saja.

 

Baca Berita Nasional terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here