Dang Merdu – Musim penghujan terkadang memang membuat nyali beberapa fotografer menjadi ciut, atau bahkan membuat mereka malas ke luar ruangan untuk hunting foto. Padahal memotret pada saat hujan adalah cara yang sangat bagus untuk menunjukan pemandangan dengan cara yang lebih menarik. Baik itu street photography pada saat hujan, pemandangan alam, fotografi makro, ataupun foto produk. Semua jenis foto ini dapat menjadi foto yang tidak biasa dan memukau. Berikut beberapa ide yang dapat dilakukan pada saat memotret di kala hujan.

1. Gunakan Penjajaran Komposisi Unik
Kamu dapat menempatkan subjek di samping subjek lain dalam adegan yang bertentangan dengan ide atau dengan pesan asli yang terpampang. Salah satu cara untuk dapat menunjukkan fotografi hujan yang bagus adalah dengan menempatkan subjek di dalamnya yang biasanya tidak akan menemukan tempatnya di sana. Mencampur hujan dan api, misalnya, akan menghasilkan bidikan yang sangat kuat dan simbolis.

Contoh foto di atas mencampurkan olahraga dan hujan yang turun. Pasalnya, sebagian besar olahraga akan berhenti dan dibatalkan karena hujan, jadi menyatukannya merupakan hal yang tidak biasa dan cocok untuk subjek yang bags.

2. Pemandangan Kota yang Tertutup Hujan
Pemandangan kota tidak selamanya harus gambar yang sempurna. Kamu tidak selalu membutuhkan eksposur tradisional yang benar dan komposisi yang biasa. Di sini, kamu akan dapat memanfaatkan hujan untuk menunjukkan sisi kota yang berbeda. Dengan menggunakan jendela yang tertutup hujan, maka kamu akan dapat menampilkan kota dengan cara yang sangat menarik. Kamu bahkan tidak perlu pergi keluar di saat cuaca buruk.

Dalam contoh ini, kota berada di latar belakang dan tidak fokus. Atap dan bangunan bukanlah menjadi fokus yang utama. Sebaliknya, fokusnya adalah terletak pada tetesan air. Karena dari close-up tetesan hujan ini, kita akan mendapatkan kesan kota daripada fakta. Ini cara yang sangat bagus untuk menunjukkan suatu tempat melalui bentuk, warna, dan tekstur.

3. Buat Potret Menyenangkan Dengan Menggunakan Payung
Payung akan menambahkan bentuk, warna, tekstur, dan ukuran pada foto. Selain itu, mereka juga menambahkan ide yang metafisik tentang perlindungan dan keselamatan dari hujan yang turun di sekitar. Beberapa dari kita bahkan mungkin yang berhubungan dengan waktu di mana pengguna payung itu menusuk mata kita. Mereka juga dapat menjadi bingkai alami untuk subjek kamu yang asli. Kamu juga dapat membuat payung untuk memblokir area yang tidak menarik di pemandangan bidikan kamu.

4. Tetesan Air Hujan Jadi Latar Belakang Fotografi Makro
Fotografi makro sudah dapat dikatakan sangat luar biasa, hujan akan membuat ceritanya lebih menarik. Ini mengatur pemandangan, dan menambahkan tekstur ke latar belakang yang biasanya cukup menjemukan. Ini juga dapat menempatkan serangga atau bunga seperti di lingkungan tropis. Fotografi makro akan melibatkan aperture yang sangat lebar. Artinya, latar belakang ini akan sepenuhnya tidak fokus bahkan menunjukkan warna tetapi hujan akan menambah tekstur.

5. Fotografi Produk Saat Hujan
Fotografi produk adalah fotografi tentang situasi nyata yang terjadi pada sebuah produk. Menggunakan hujan akan membawa ide dan konotasi yang sangat kuat untuk produk yang kamu tampilkan. Produk tersebut mungkin dapat berupa barang kosmetik hingga minuman yang menyegarkan. Hujan dan percikan air akan sangat sempurna dalam pengaturan atmosfer yang realistis.

6. Refleksi dalam Perspektif Terbalik
Mengubah perspektif Anda memiliki efek yang sangat besar pada fotografi Anda. Hal itu tidak hanya dicari. Namun, Anda juga perlu menjaga agar gambar Anda tetap menarik dan berbeda. Mengubah penempatan kamera Anda dapat membuat perbedaan yang besar. Hujan adalah pengaturan yang cukup sempurna untuk bidikan dari atas ke bawah. Pantulan pada genangan air akan membuat dunia seakan terlihat terbalik.
Gabungkan teknik ini dengan bentuk atau warna yang sangat menarik.

Baca Juga : Check This Out! Cara Membersihkan Tripod Kamu Agar Selalu Dalam Kondisi Baik

7. Foto Pernikahan yang Unik
Foto pernikahan dapat terlihat agak mirip setelah beberapa saat. Hari demi hari, setiap fotografer baru akan menyalin ide-ide yang sudah ada dan yang sudah digunakan sebelumnya. Lagi pula, hanya ada banyak cara untuk dapat membuat pasangan bahagia. Dengan menggabungkan hujan dan pasangan, kamu dapat membuat sesuatu yang cukup unik. Manfaatkan sifat hujan yang romantis untuk beberapa momen manis yang tidak akan pernah dilupakan klien.

8. Refleksi di Tanah
Curah hujan yang terkumpul di trotoar, jalanan, dan jalan raya dapat menciptakan refleksi. Foto ini akan menjadi salah satu tema street photography yang paling banyak difoto di luar sana. Hal terbaik tentang refleksi adalah kamu dapat menunjukkan dua sisi yang berbeda dari area yang sama. Kamu akan mendapatkan tekstur dan sosok manusia di latar depan. Bangunan, bentuk, dan bentuk terlihat di latar belakang. Memotret refleksi jarang sekali langsung mendapatkan hasil yang sempurna karena genangan air ini yang mencerminkan pemandangan pecah. Namun terkadang itu akan membuat mereka semakin menarik.

9. Fotografi Abstrak
Tidak ada yang dapat lebih abstrak dari hujan. Kita tidak akan sepenuhnya mengetahui apa yang kita lihat, tetapi terkadang tidak juga. Cobalah untuk memotret lalu lintas melalui tetesan hujan di jendela mobil, rumah, atau permukaan jendela apapun yang terkena cipratan air hujan dan lihat apa yang dapat kamu hasilkan.

Kamu dapat menempatkan fokus di manapun kamu mau. Dengan menggunakan aperture yang lebar memungkinkan kamu untuk mendapat bokeh cahaya di latar belakang. Ini akan bercampur dengan tekstur yang menarik di depan bidikan.

10. Foto Kondensasi Jendela
Apabila cuaca di luar basah dan dingin, maka suhu di dalam ruangan dapat dijamain hangat. Ini akan dapat membuat kondensasi ke semua kaca yang tertutup. Ini akan membuat fotografi jalanan agak sedikit lebih menarik. Kamu akan memiliki adegan misteri seperti dalam bidikan. Kamu mungkin akan mendapatkan fokus lembut pada subjek dan terlihat seperti kamu menyembunyikan identitas mereka. Kamu juga bisa mendapatkan hasil bentuk dan warna yang cukup menakjubkan. Subjek pada foto bahkan mungkin akan meninggalkan sedikit kesan atau pesan. Ini akan dimasukkan ke dalam kepribadian, dan menambahkan lebih banyak misteri dan intrik.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here