Dang Merdu – Tripod sangatlah penting bagi setiap fotografer dan ia akan melewati lingkungan yang kasar, berdebu , kotor secara teratur.

Peralatan inilah yang paling sering kotor. Oleh karena itu, pertanyaan ‘bagaimana cara membersihkan sebuah tripod?’ sering sekali muncul. Mungkin membersihkan tripod tampak seperti tugas yang menakutkan. Tetapi bahkan Anda dapat melakukan perawatan tripod dengan secara teratur di rumah. Selain itu, tips sederhana ini dapat memastikan tripod Anda akan bertahan lama.

Tetap dilipat pada saat tidak digunakan
Ingat hari pada saat Anda pertama kali mendapatkan tripod Anda? Apakah tripod tersebut duduk dengan baik di dalam kotak atau tas dengan semua kaki terlipat. Juga, kolom tengah diselipkan. Sekarang, sangat penting untuk menyimpan tripod Anda dengan cara ini setiap kali tripod tidak digunakan.

Dengan melipat tripod, Anda akan meminimalkan risiko terjatuh. Ini adalah suatu kejadian yang langka. Tetapi, Anda mungkin masih menggores tripod Anda. Menjaganya agar tetap kompak, terlipat, dan di dalam tas adalah salah satu langkah kecil untuk dapat memastikan tidak ada kejadian yang tidak terduga akan terjadi.

Selalu bersihkan setelah motret
Tripod selalu bersentuhan dengan tanah atau tempat yang tidak begitu menyenangkan. Itu dapat menjadi berlumpur, berpasir, atau bahkan basah. Setiap setelah pemotretan, Anda juga harus memperhatikan perawatan tripod yang sangat tepat.

Cara dasar untuk membersihkan tripod adalah dengan menggunakan kain microfiber. Gunakan kain mickrofiber untuk menyeka kotoran yang terlihat pada tripod.

Namun, bila masuk ke dalam lumpur atau air asin, Maka terlebih dahulu anda harus membilasnya dengan air tawar.

Ada kecenderungan untuk tetap membiarkan tripod dan udara kering setelah dibilas. Tapi, ini tidak ideal. Anda juga harus selalu memastikan untuk menyekanya hingga kering. Jangan pernah meninggalkan noda air.

Meninggalkan tripod ke udara yang kering sering menyebabkan tanda air. Ingat saja, sangat disarankan untuk membilas tripod dengan air bersih pada setiap kali terkena air asin. Keringkan setelahnya.
Bagaimanapun, perawatan tripod yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan menyekanya setelah setiap pemotretan. Anda hanya perlu waktu sekitar lima menit untuk menghapus cepat. Ini mungkin akan terdengar berulang. Tapi, itulah cara yang sangat hemat biaya untuk melindungi tripod Anda.

Periksa kunci kaki secara teratur

Salah satu bagian yang terpenting dari tripod adalah kunci kaki. Anda harus selalu memeriksa apakah kunci dilumasi dengan baik secara teratur. Apabila anda merasa bahwa kunci tidak berputar dengan mulus, mungkin memang sudah waktunya untuk membukanya dan melumasi kembali.

Menjaga kunci kaki dalam kondisi prima tidak hanya akan memastikan gerakan yang mulus. Tetapi, Anda juga akan mendapatkan keyakinan bahwa tripod Anda tidak akan gagal.

Perusahaan yang berbeda pasti memproduksi berbagai kunci twist. Masing-masing memiliki metode pembersihan yang berbeda juga. Dan pada akhirnya, konsepnya juga sama.

Buka kunci sepenuhnya dan periksa mesin cuci. Bersihkan benang dan bersihkan juga kotoran yang menempel di kunci. Gunakan deterjen cair ringan dan sedikit air hangat untuk dapat menghilangkan kotoran yang membandel.

Setelah selesai bersihkan semuanya dan jangan biarkan mengering. Pasang kembali kunci kaki dan gunakan minyak silikon untuk memastikan kelancaran.

Anda harus melakukan langkah ini yang sesuai dengan kebutuhan. apabila Anda dengan cara teratur memotret di lumpur, salju, atau medan kasar apa pun, lakukanlah dengan sesegera mungkin.

Tetapi, untuk penembak kasual, pemeriksaan perawatan yang sangat tepat harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pembongkaran. Juga, tidak semua orang mempunyai pengetahuan untuk dapat membongkar dan membangun kembali tripod, maka dari itu berhati-hatilah.

Bagaimana cara membersihkan tripod secara menyeluruh?
Tiga langkah yang disebutkan di atas adalah langkah perawatan dasar yang harus Anda lakukan. Namun, untuk dapat pembersihan menyeluruh, ada beberapa hal yang pasti Anda butuhkan.

Untuk memulai, Anda harus mempunyai yang berikut:
• Sikat gigi
• Sabun cuci piring
• Gemuk silikon (gemuk laut, gemuk tahan air, atau gemuk serbaguna)
• Air tawar
• Kain Microfiber
• Sinar matahari

Langkah 1
Bersihkan semua kotoran yang terlihat pada tripod. Gunakan sikat untuk melonggarkan kotoran di sudut dan bagian dalam tripod. Bahkan Anda dapat membilas tripod terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua debu dan kotoran ringan sudah hilang.

Baca Juga : Cara Mudah Menggunakan Silica Gel Pada Kamera

Langkah 2
Bongkar tripod Anda. Putar kunci sampai kaki terlepas.
ini yang tidak menumpuk kotoran secara teratur dibandingkan dengan kaki yang ditanam ke tanah.

Namun, bila Anda menggunakan tripod klip pengunci, Anda dapat memeriksa sekrup yang dapat dilepas. Dan bila tidak ada, jangan coba-coba untuk membongkarnya.

to dengan ponsel cerdas Anda untuk dapat memastikan bahwa Anda tahu ke mana tepatnya bagian-bagian itu pergi.

Langkah 3
Untuk membersihkan bagian-bagiannya gunakan sabun dan air. Sabun akan membantu dalam memecahkan minyak. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan setiap bagian terutama yang di bagian benang.

Setelah Anda selesai dengan setiap bagian, kemudian letakkan dan bersihkan secara menyeluruh. Pastikan juga kalau tidak ada bagian yang basah.

Selain itu, untuk tripod yang tidak dapat dibongkar pasang, pastikan saja cara menggunakan bantalan pencuci piring yang lembut untuk membersihkan kotorannya. Anda dapat juga membersihkan tempat yang sulit dijangkau dengan sikat. Lap dan keringkan setelahnya.

Langkah 4
Simpan sedikit minyak dan pasang kembali pada tripod. Beri sedikit minyak pada utas tripod untuk memastikan tripod bergerak dengan lancar. Berhati-hatilah untuk tidak memasukkan terlalu banyak minyak.

Pada saat merakit tripod, jangan lupa untuk memeriksa foto yang telah diambil sebelumnya sebagai referensi. Pastikan juga bagian-bagian itu tepat berada di tempat yang seharusnya. Terakhir, bersihkan semua sisa minyak tadi dengan handuk kertas.

Semoga tips di atas tadi dapat membantu Anda dalam merawat Tripod. Oiya penulis juga rekomendasikan beberapa Tripod berkualitas dan bisa langsung Order dengan cara klik link di bawah ini ya

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here