Dang Merdu – Kamera merupakan sebuah alat elektronik yang banyak sekali digemari anak muda pada saat ini. Namun, dalam merawat kamera ternyata tidak cukuplah mudah karena ada beberapa komponen kamera yang sangat sensitif terhadap tempat yang lembab. Ruangan yang lembab ini akan dapat mengakibatkan kamera mudah berjamur.

Bagian kamera yang sangat sensitif apabila berada di tempat yang lembab adalah lensa kamera tersebut. Untuk dapat mengganti lensa tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit, bagi Anda seorang yang sekedar hobi atau masih sekolah pastinnya biaya tersebut akan sangat memberatkan.

Untuk dapat mengatasinya Anda dapat menggunakan silica gel sebagai penyerap kelembaban dalam kamera tersebut. Cara untuk menggunakan silica gel pada kamera inipun juga harus diperhatikan, apabila salah kemungkinan keadaan kamera itu justru semakin buruk.

Cara Menggunakan Silica Gel Pada Kamera
Silica gel ini merupakan penyerap kelembaban yang sering kita jumpai pada produk-produk yang baru. Kegunaan silica gel ini sangat penting karena akan membuat barang tersebut dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak bila digunakan dengan cara yang sangat tepat. Salah satu produk yang membutuhkan silica gel sebagai perawatan adalah pada kamera.

Sebab kamera memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terhadap ruangan yang lembab terutama pada saat musim hujan. Anda harus pintar menaruh kamera Anda di tempat yang kering dan dengan kelembaban udara yang cukup. Kamera yang berada dalam ruangan yang lembab akan berisiko berjamur terutama pada lensanya.

Seperti yang dibahas di atas bahwa mengganti lensa ini akan membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong Anda. Maka dari itu, peran silica gel untuk kamera cukuplah penting bahkan harga silica gel ini sangat terjangkau terutama bagi Anda seorang mahasiswa atau pelajar sekolah. Namun, penggunaan silica gel juga harus diperhatikan juga agar tidak memperburuk kondisi dari kamera Anda.

Baca Juga : Pada Penyimpanan Kamera Perhatikan Penggunaan Silica Gel

Adapun cara untuk menggunakan silica gel dalam merawat kamera sebagai berikut:
1. Siapkan satu atau dua sachet silica gel
2. Letakkan silica gel pada tas kamera
Mengapa maksimal dua silica gel? Apabila lebih dari itu maka akan menyebabkan kamera menjadi lebih kering. Kamera terdiri dari beberapa komponen diantaranya yaitu bagian karet pada kamera tersebut. Apabila menggunakan silica gel dengan berlebihan maka akan menyebabkan kamera akan semakin kering dan karet pada kamera pun akan mengelupas.

Tentu ini juga tidak baik untuk kamera Anda. Bisa jadi, kamera anda justru akan semakin rusak karena penggunaan silica yang berlebihan pada tempat penyimpanannya. Maka disarankan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan silica gel tersebut pada kamera dengan tepat.

Biasanya penggunaan silica gel tersebut digunakan pada saat Anda akan menyimpan kamera di dalam dry box atau dry cabinet. Pada dry box dan dry cabinet udara yang ada di dalamnya harus tetap terjaga, meskipun tidak ada air atau udara yang masuk. Usahakan juga untuk tidak menimbulkan jamur atau hal sejenisnya yang dapat merusak kamera.

Pada saat Anda akan menyimpan silica gel pada lemari kayu atau tempat penyimpanan lainnya, usahakan juga untuk selalu tetap melakukan penyimpanan dengan benar. Selalu rawat kamera dan gunakan silica gel dengan jumlah yang sesuai agar mendapatkan hasil perawatan yang lebih baik.

Silica Gel Yang Baik dan Aman
Sebaiknya silica gel yang digunakan pada kamera tidak menggunakan kandungan bahan yang berbahaya. Ada juga terdapat silica gel yang berbahaya bagi kesehatan sebab mengandung bahan karsinogen atau bahan yang menyebabkan kanker. Sebagai bahan utamanya silica gel tersebut merupakan silica gel biru yang notabene menggunakan bahan cobalt chloride.

Maka dari itu, biasanya silica gel ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan silica gel putih merupaka silica gel yang bagus yang digunakan untuk kamera atau alat elektronik lainnya. Silica gel ini terbuat dari bahan sodium silikat yang mengalami proses alami.

Silica gel ini bersifat Hydropolic yang artinya mampu menyerap kadar air di udara dengan sangat baik. Bahkan silica gel ini juga aman digunakan pada makanan, obat-obatan ataupun sesuatu yang dapat dikonsumsi lainnya. Cara menggunakan silica gel pada kamera ini memang diperlukan langkah-langkah yang tepat agar kondisi kamera tersebut akan tetap terjaga dengan baik.

Penggunaan silica gel putih juga dapat digunakan pada saat Anda ingin menyimpan peralatan lainnya dalam sebuah tempat atau wadah yang tertutup. Meskipun kecil dan terlihat sedikit jumlahnya, manfaat dari penggunaan silica gel tersebut pada saat disimpan bersamaan di wadah penyimpanan memang sangat efisien.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here