Ketahui Beberapa Penyebab Perseneling Sepeda Motor Anda Los
Ketahui Beberapa Penyebab Perseneling Sepeda Motor Anda Los

Berita Pekanbaru – Bagi anda para pengguna sepeda motor dengan perseneling, mungkin pernah mengalami hal seperti ini. Seperti terjadinya perseneling sepeda motor yang mudah loncat, perseneling motor yang susah masuk atau perseneling motor los. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu pengendaranya. Terlebih lagi jika anda sedang terburu-buru untuk pergi ke tempat kerja.

Mungkin anda pernah merasakan perseneling yang telah diganti akan tetapi justru persenelingnya malah kembali keposisi semula. Atau pada saat anda merubah perseneling ke satu gigi justru malah berpindah ke gigi yang lainnya. Hal tersebutlah yang dikatakan dengan kondisi perseneling motor yang los.

Penyebab Gigi Perseneling Motor Anda Loncat

Ketahui pula jika beberapa hal ini dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pada perseneling sepeda motor anda. Dimana kinerja dari sepeda motor anda menjadi tidak maksimal serta dapat mengganggu aktifitas anda saat berkendara, beberapa penyebabnya seperti berikut:

1. Tuas Pemindah Perseneling Aus

Bila usia sepeda motor anda tak lagi muda, tentunya anda harus sering memperhatikan bagian poros penerus tuas. Poros penerus tuas akan aus dan gundul seiring dengan usianya dimana sepeda motor yang sering digunakan untuk perjalanan yang cukup jauh. Seringnya digunakan, maka semakin sering pula porosnya akan terkena gesekan.

Baca juga : Executive Chair Hyundai Motor Group Suarakan ‘Energi Terbarukan’ di B20 Summit 2022

Pertanda yang kerap kali dirasakan pada saat mengunakannya seperti tuas perseneling yang akan terasa goyang. Hingga pada akhirnya akan menjadi lebih mudah terjadinya perseneling los. Hal tersebut biasanya akan sering terjadi pada beberapa motor sport, terlebih jika motor tersebut melakukan kinerja yang begitu berat.

2. Plat Kopling rusak

Jika anda melihat kondisi plat kopling yang telah melengkung, sangat disarankan untuk segera menggantinya. Sebab, jika kondisi tersebut dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya kerenggangan antara kampas kopling koplight. Sehingga kinerja perseneling akan menjadi tidak maksimal. Perpindahan gigi dengan tiba-tiba sementara kondisi gearbox yang masih berputar.

Penyebab Gigi Perseneling Motor Anda Susah Masuk

Ada juga kondisi perseneling sepeda motor yang susah masuk selain perseneling sepeda motor yang mudah loncat. Apa sajakah penyebabnya, inilah beberapa penyebab gigi perseneling sepeda motor anda susah masuk.

1. Kerusakan Pada Arm Pendorong Kopling

Salah satu penyebabnya juga bisa karena terjadinya kerusakan pada arm kopling. Terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi ketika arm kopling tersebut rusak. Kemungkinan pertama seperti perseneling yang lebih keras berikutnya perpindahan perseneling yang bisa lebih los atau loncat-loncat. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan kondisi arm kopling secara rutin.

2. Seletan Mur Baut Kurang Pas

Anda juga harus mengatur baut dan mur pada bagian perseneling dengan baik dan benar. Sebab, pengaturan tersebut jangan sampai terlalu rapat dan juga tak boleh terlalu renggang. Untuk kerenggangannya juga membutuhkan aturan khusus yang akan berdampak dengan akselerasi sepeda motor anda.

Pada saat baut dan mur diatur dengan jarak yang sempit, tentu perpindahan gigi akan dapat terasa lebih empuk. Akan tetapi akselerasinya akan menjadi sedikit lebih berkurang. Begitu pula sebaliknya, apabila kerenggangan dibuat cukup longgar maka perpindahan gigi motor anda dapat menjadi lebih sulit. Hal tersebut disebabkan oleh tangkai kampas yang masih belum berada pada posisi maksimal.

 3. Cluth Cover Tidak Berfungsi

Bagian cluth cover yang tak berfungsi juga dapat membuat kinerja perseneling sepeda motor anda menjadi tidak maksimal. Pertandanya yang mudah untuk diketahui seperti terdengarnya suara ketika melakukan perpindahan gigi.

Beberapa penyebab perseneling sepeda motor los juga dapat ditangani dengan beberapa cara yang cukup mudah. Seperti dengan menggunakan oli yang sesuai dengan sepesifikasi dan standart sepeda motor yang anda gunakan. Berikutnya dengan melakukan service secara rutin kemudian melakukan penggantian spare part yang telah aus karena usia atau juga terlalu seringnya digunakan.

Itulah beberapa penyebab perseneling sepeda motor anda los yang dapat anda jadikan refrensi. Jangan biarkan kerusakan terjadi lebih parah sehingga anda tak dapat lagi menggunakan sepeda motor kesayangan anda.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate  hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here