Mengapa Setiap Pengusaha Membutuhkan Mentor Bisnis?

Berita Pekanbaru Terkini – Dunia kewirausahaan penuh dengan sumber daya. Dari publikasi di dunia maya, hingga rekan bisnis, hingga teman dan keluarga, saran tentang memulai dan menjalankan bisnis sangat berlimpah. Tetapi seorang mentor bisnis yang berdedikasi tinggi dengan pengalaman di bidang Anda dapat memberikan dampak terbesar pada pertumbuhan bisnis Anda.

Hubungan mentor yang sejati itu berjalan dua arah, mentor Anda dapat belajar tentang strategi baru dari Anda, sementara Anda mendapatkan saran dan nasihat darinya. Selain itu, ini adalah (biasanya) sumber daya gratis untuk membantu Anda memulai dan mengembangkan bisnis kecil Anda.

Namun, untuk membuatnya berhasil, Anda perlu menemukan dan mempertahankan hubungan dengan mentor bisnis Anda, dan beberapa taktik adalah kunci keberhasilan itu.

Apa yang Mentor Bisnis Lakukan?

Mentor bisnis adalah hal yang harus dimiliki dalam strategi wirausaha mana pun, mulai dari pemilik bisnis hari pertama hingga CEO yang sudah mapan. Mentor biasanya ahli di bidangnya, sering membawa ceruk, pengetahuan industri selama puluhan tahun kepada anak didik mereka.

Kunci kemenangan dalam membangun hubungan bimbingan adalah instruksi unik dan spesifik yang akan Anda terima. Jauh dari saran umum dalam konten online, mentor mendasarkan saran mereka dalam pengalaman kehidupan yang nyata. Sebuah survei kecil terhadap pelanggan menemukan bahwa 88% pemilik bisnis yang melaporkan memiliki seorang mentor merasa itu sangat berharga.

Mentor memotivasi Anda melalui panduan dan sumber daya yang dapat ditindaklanjuti. Misalnya, Anda mungkin pergi ke seorang mentor untuk meminta bantuan tentang laporan keuangan Anda. Seorang mentor yang baik tidak hanya akan memberikan pengalaman mereka tetapi juga dapat memberikan template dan memberikan rekomendasi ke seorang akuntan untuk langkah selanjutnya.

Tapi mentor tentu mendapatkan keuntungan dari interaksi mereka dengan anak didik juga. Banyak yang memandu wirausahawan yang bersemangat sebagai cara untuk memberi gimbal balik kembali kepada komunitas mereka. Selanjutnya, mereka dapat menggunakan kesempatan untuk mengajar pemilik bisnis yang lebih muda sebagai cara untuk mempertajam keterampilan mengajar atau konsultasi mereka.

Baca Juga: Ulasan Realme 10: Bintang Baru di Kelas Menengah?

Manfaat Memiliki Mentor Bisnis

Mempertahankan hubungan dengan mentor bisnis mungkin merupakan langkah terpenting yang Anda ambil dalam membangun usaha Anda. Manfaatnya banyak, tetapi ada beberapa hal menonjol yang dibawa oleh seorang mentor.

Mereka adalah sekutu yang mungkin tidak Anda temukan di perusahaan Anda

Perjalanan Anda sebagai seorang pengusaha salah satu yang mungkin adalah merasa kesepian dan tidak pasti di waktu tertentu. Begitu Anda meluncurkan bisnis Anda, tidak ada atasan atau orang lain yang bisa Anda mintai saran atau arahan. Sederhananya, Anda adalah bosnya, dan Anda mungkin belum memiliki karyawan.

Meskipun Anda berjalan sendirian, Anda tidak harus benar-benar sendirian. Seorang mentor dapat menawarkan koneksi dan dukungan. Setiap orang membutuhkan pendapat atau saran yang andal, pendapat kedua, dan dukungan emosional ketika masa-masa sulit terjadi.

Mereka telah “pernah ke sana dan melakukan itu”

Mungkin manfaat paling jelas dari menemukan mentor bisnis adalah Anda dapat belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka sebelumnya. Peran mentor Anda adalah untuk berbagi pelajaran dari pengalaman mereka dengan harapan Anda dapat mempelajari pelajaran tersebut dengan lebih mudah. Tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama yang dilakukan orang lain jika mereka dapat membimbing Anda ke arah yang berbeda.

Anda dapat memperluas jejaring sosial Anda

Menjadi pebisnis yang berpengalaman, mentor Anda cenderung memiliki jaringan yang luas di berbagai industri dan departemen. Mereka mungkin memberi Anda akses ke pembuat keputusan yang jauh lebih senior daripada yang Anda miliki saat ini di kontak Anda, manfaat lain dari hubungan mentor yang kuat.

Banyak mentor juga akan lebih bersedia membuka jaringan itu untuk Anda daripada kenalan biasa dari pertemuan dalam jaringan tersebut. Itulah mengapa menjadi sangat penting untuk menjaga hubungan Anda dengan seorang mentor, Anda tidak ingin menjadi koneksi yang lewat begitu saja. Hubungan ini harus menguntungkan Anda berdua.

Anda dapat membangun hubungan jangka panjang yang tepercaya

Kebanyakan mentor tidak memiliki motif tersembunyi, tidak ada layanan atau produk untuk dijual kepada Anda. Dikombinasikan dengan pengalaman mereka dan kualitas lainnya, itu menciptakan fondasi kepercayaan yang tumbuh seiring berkembangnya hubungan. Waktu Anda bersama mereka juga menjadi lebih efisien saat mereka mengenal Anda, bisnis Anda, dan gaya belajar Anda.

Seperti yang Anda lihat, imbalan memiliki mentor bisnis bisa sangat besar dan resikonya minimal jika tidak ada. Anda memiliki segalanya untuk diperoleh dengan menemukan dan mempertahankan hubungan dengan mentor yang baik, yang memberi sebanyak yang diperlukan.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here