Prilaku Buruk Pengendara Motor Saat Di Jalan
Prilaku Buruk Pengendara Motor Saat Di Jalan

Di tengah hiruk pikuk keramaian lalu-lintas  kota besar sering kita temui kejadian dari yang wajar sampai dengan yang tak wajar.seperti kebiasaan burk para pengendara motor misalnya

Tak sedikit kebiasaan buruk itu justru bisa membahayakan diri sendiri juga orang lain sesama pengguna jalan raya. Bahkan pihak kepolisian lalu-lintas sudah melakukan pemantauankhusus menggunakan mekanisme tilang elektronik untuk beberapa kebiasaan buruk tersebut. Nyatanya, masih banyak saja pengendara yang suka melakukannya.

Kebiasaan Buruk Pengendara Motor

Karena jumlah pengenda motor yang melimpah, namun bukan hal yang mudah menghilangkan kebiasaan buruk pengendara motor yang bisa membahayakan di jalanan. Jadi, bagi para premotor untuk bisa meniggalka kebiasaan buruk tersebut, diantaranya seperti berikut.

1. Mengoprasikan HP Sambil Mengendarai Motor

Kebiasaan yang satu ini paling sering terjadi dijalanan terlebih ketika populasi driver ojek online meningkatnya. Tak jarang di jalan ditemukan pengendara ojek online yang sedang mengoprasikan telepon genggamnya sambil mengendarai motor.

Baca juga : Tanda – tanda Kalau Motormu Harus Turun Mesin

Hal tersebut jelas berbahaya, karena konsentrasi pasti terpecah ke dua arah antara hp dan jalan. Jadi jika ingin menggunakan hp saat mengendarai motor, alangkah baiknya untuk menepi terlebih dahulu agar aman.

2. Mendengarkan musik pakai Headset

Masih seputar menggunakan HP, hanya saja bedanya gawai tersebut dimanfaatkan sekedar mendengarkan musik. Memang menyenangkan dapat menghibur pengendara dari segala macam hal yang ditmui dijalanan, meski menggunakan headset tanpa menyentuhnya hp secara langsung hal tersebut justru dapat membuat minimnya pendengaran terhadap lingkungan sekitar. Yang paling dikhawatirkan adalah, tidak terdengarnya suara klakson dari kendaraan lain, sehingga bisa terjadinya kecelakaan.

3. Bonceng anak sembari berdiri

Kelakuan premotor yang satu ini pun tak boleh ditiru, maksud dari bonceng anak sembari berdiri ini ialah anak yang dibonceng diantara pengemudi dan penumpang dibelakang dengan posisi berdiri.

Walau tak selalunya ditemukan dijalan raya, yang namanya berbahaya sebaiknya jangan ditiru. Bahayanya, keseimbangan bagi pengendara bisa terganggu apabila anak tersebut melakukan pergerakan dengan cara tiba-tiba.

4. Bonceng Tiga atau Lebih

Kebiasaan butuk berikutnya lebih sering dilakukan anak sekolah atau anak remaja. Mengapa tidak diperbolehkan mengendarai motor lebih dua orang. Sejatinya sepeda motor sudah di desain khusus untuk dua orang jadi selain dua orang maka hal tersebut termasuk melanggar peraturan.

5. Merokok sambil Berkendara

Paling banyak dikeluhkan pengendara disekitarnya, merokok sambil berkendara jelas membahayakan pengendara yang ada dibelakangnya. Tak sedikit korban dari percikan abu rokok tersebut, terebih yang masih panas. Bisa terkena mata atau menimbulkan luka bahayanya lagi bisa menyebabkan kecelakaan atau bahkan pertikaian karena korban dari percikan abu rokok tersebut tidak terima akibat dari prilaku buruk pengendara yang merokok tersebut.

6. Keasyikan Ngobrol

Memang tidak ada larangannya sambil berkendara. Tapi tetap perhatikan jalan, biasanya pengendara yang keasyikan ngobrol pandangannya cendrung menghadap kedepan dan belakang dan mengabaikan sehingga  terhanyut dengan pecakapan kemudian konsentrasi dalam berkendara jadi berkurang karena berpotensi enimbulkan kecelakaan.

7. Melawan arah

Dari semua prilaku buruk pengendara motor, yang ini adalah yang paling berbahaya. Dengan alasan apapun melawan arah saat berkendara jelas tidak diperbolehkan. Sebab kebiasaan tersebut akan membahayakan pengguna jalan lain pastinya.

Tak hanya itu, kebiasaan melawan arah sering menimbulkan kemacetan trelebih jika dilakukan oleh banyak pengendara sehingga dibutuhkan kesadaran demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here