Tanda – tanda Kalau Motormu Harus Turun Mesin
Tanda – tanda Kalau Motormu Harus Turun Mesin

Turun mesin istilah tersebut kerap menjadi ancaman yang menakutkan bagi pemilik kendaraan bermotor, tak hanya motor mobil pun begitu. Sudah dipastikan memakan biaya yang tidak sedikit jika kendaraan kamu sudah divonis harus mengalami yang namanya turun mesin.

Dibutuhkan uang hingga mencapai jutaan rupiah yang harus dipersiapkan bahkan untuk motor sekalipun tanpa pandang merek dan jenisnya.

Bagaimana agar hal tersebut tidak terjadi, tentunya merawat motor tersebut sebelum terjadinya kerusakan yang lebih serius.

Sebenarnya, turun mesin itu merupakan cara untuk menyelesaikan masalah yang berpusat di area jantungnya mekanis. Mengapa dikatakan seperti intu, sebab mesin harus dibongkar dari rangka antara bongkar sebagian atau pun keseluruhan tergantung dari kerusakannya.

Banyak faktor penyebab terjadinya tuun mesin, beberapa diantaranya bisa dikarenakan usia kendaraan yang tak lagi muda hingga jarak perjalanan  yang ditempuh sudah terlalu tinggi.

Ada beberapa tanda kalau motormu harus mengalami turun mesin diantaranya :

Baca juga : Asal Mula Penggunaan Setir Kanan dan Kiri pada Mobil

  1. Oli Kering

    fungsi dari oli untuk membantu mendinkan mesin serta berfungsi sebagai pelumas untuk meminimalisir gesekan yang bekerja untuk mengisi celah yang ada pada rongga gigi gear dan juga komponen lainnya, jadi jika mesin tanpa pelumas maka akan terjadi gesekan pada mesin hingga menimbulkan luka yang pada akhirnya bisa menimbulkan kerusakan pada mesin. Fungsi oli sangat penting, jika oli mesin tidak segera diganti sesuai waktunya, gesekan yang terjadi akan bertambah kasar dampaknya komponen cepat aus. Kerja seher dan setang bisa menjadi lebih berat apabila gesekan yang teramat tinggi terjadi. Dan jika terus-menerus dipaksakan tak menutup kemungkinan komponen jadi bengok dan patah. Jdi disarankan waktu waktu yang tepat untuk ganti oli motor itu pada umumnya antara, jarak dan juga waktu. Untuk jarak sendiri setidaknya antara 4.000 Km atau lebih kurangnya empat bulan, tergantung mana yang akan tercapai lebih dulu. Walau begitu, penggantian oli bisa dipercepat apabila motor yang dipakai bekerja terlalu keras. Seperti sering berada di kemacetan atau terkena cuaca yang sangat panas maka dianjurkan untuk mengganti oli tiap 2.500 km atau antara dua bulan lamanya agar mesin selalu dalam keadaan prima.

  1. Knalpot Mengeluarkan Asap

    Berbeda dengan motor yang menggunakanmesin 2 tak yang selalu mengeluarkan asap putih pada knalpotnya sebab, asap yang dikeluarkan berasal dari oli samping. Namun jika hal tersebut terjadi pada motor 4 tak bisa jadi itu pertanda adanya masalah pada mesin silinder atau piston. Kerena mesin normal biasanya mengeluarkan asap pun nyaris tak berwarna. jika motor kamu sudah mulai mengeluarkan asap yang berwarna putih. Itu berarti adanya oli mesin yang juga ikut terbakar di ruang bakar.

  2. Motor Kehilangan Tenaga

    Saat melakukan perjalanan yang menanjak atau membawa beban yang berat biasanya tenaga motor dapat dirasakan perbedaannya. Biasanya mesin yang bermasalah akan kewalahan jika mendapati situasi seperti ini, meski gas sudah ditarik pun motor tak akan dapat beergerak laju.

  3. Suara Mesin Berubah Jadi Lebih Berisik

    Pada umumnya, mesin normal hanya mengeluarkan suara dari hasil pembakarannya saja yg sudah diserap oleh peredam pada knalpot. Dan jika terdengar ada suara lain yang sangat mengganggu seperti suara geraran pada besi atau suara rantai yang terdengar sangat kasar bisa jadi itu mendandakan adanya komponen yang sudah harus diganti.

  4. Mesin Susah Dinyalakan

Biasanya motor yang susah untuk dinyalakan hal tersebut merupakan salah satu pertanda, disebabkan dari oli yang naik keruang pembakaran sehingga ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar. Ketika busi basah, selain membuat motor susah dinyalakan, juga akan membuat busi itu lebih cepat mati. Apabila terus-menerus ganti busi. Bisa jadi itu adalah pertanda akan turun mesin, dan apabila itu terjadi maka bersiaplah untuk mengunjungi bengkel dalam waktu dekat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here