Asal Mula Penggunaan Setir Kanan dan Kiri pada Mobil
Asal Mula Penggunaan Setir Kanan dan Kiri pada Mobil

Pada setiap negara penggunaan setir berbeda-beda, ada sebagian negara meletakkan setir di sebelah kanan dan ada pula beberapa negara lainnya menggunakan setir di sebelah kiri. Dan posisi tersebut dinamakan Right driving countries dan Left driving countries. Untuk jalan kendaraannya Negara yang menggunakan stadar left driving countries memakai lajur sebelah kiri pula, sedangkan setir berada di sebelah kanannya. Sedangkan negara yang menggunakan standar right driving countries menggunakan lajur sebelah kanan untuk jalan kendaraannya dan setir mobil berada di sebelah kirinya.

Ada beberapa negara yang memberlakukan left driving countries diantaranya Inggris, Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Sedangkan negara lainnya yang memberlakukan standar right driving countries adalah China, Amerika, dan Mayoritas negara di Eropa. Dibalik penggunaan baik setir kiri dan kanan tersebut, ternyata memiliki sejarah sejak dimulainya dari zaman kerajaan dahulu.

Awal Mulanya Setir Sebelah Kanan

Sejarah penggunaan letak setir yang berada di sebelah kanan tersebut diawali pada zaman kerajaan di Inggris. Pada masa perang,ketika itu para Ksatria Kerajaan Inggris sangat terbiasa menggunakan kereta perang.

Baca juga : Tak Mau Kalah Tvs Luncurkan Skutik NTORQ 125 Untuk Melawan Pesaingnya

Karena para Ksatria tersebut terbiasa menggunakan pedang dengan tangan kanan, maka mereka pun beradu melawan musuh yang berada di sebelah kanan pula. Hingg saat ini dampak dari kepiawaian para Kesatria  Inggris tersebut lah yang telah diwarisi hingga sekarang, dimana letak setir pada sebagian mobil berada di sebelah kanan dan sebagian besar ngara jajahan Inggris pun juga menggunakan setir di sebelah kanan, contohnya saja adalah negara yang berada di Asia Tenggara.

 Sejarah Dibalik Penggunaan Setir Sebelah Kiri

Penggunaan etir sebelah kiri memiliki sejarah yang berbeda dengan setir sebelah kanan. Penggunaan setir sebelah kiri tersebut baru dimulai pada akhir tahun 1700an kala itu. Dimana kusir Amerika Serikat dan kusir Perancis sedang mengangkut hasisl pertanian menggunakan sado yang ditarik menggunakan beberapa ekor kuda. Sado sendiri belum memiliki kursi pengemudi, dan kursi hanya tersedia dibelakang sebelah kiri kuda. Hal tersebut bertujuan agar mudah bagi tangan kusir untuk tetap bisa menggunakan cambuk kuda yang dibawanya. Dan tentu saja kusir yang duduk berada di sebelah kiri menginginkan orang lain pun melewatinya dari sisi sebelah kiri juga. Hal tersebut dilakukan agar dapat dipastikan kalau orang tersebut tidak celaka saat melewati sado yang dikendarainya tersebut.

Oleh sebab itu, kebiasaan tersebut masih terbaw hingga kini, yang mana kendaraan menggunakan setir di sebelah kiri.

Sejarah Letak Kemudi yang ada di Indonesia

Taukah kamu, kalau negara bekas jajahan Inggris itu menggunakan setir mobil yang berada di sebelah kanan. Karena pada saat belanda menjajah Indonesia menggunakan setir sebelah kanan, maka Indonesiapun menggunakan setir sebelah kanan juga. Hingga Belanda dikalahkan oleh Perancis, sejak saat itu Belanda pun mulai mengikuti kebiasaan menggunakan setir disebelah kiri yang mana saat itu Perancis menggunakan setir disebelah kiri saat mengendarai mobil.

Tak ada yang berubah untuk penggunaan setir di Indonesia hingga saat ini, sbab saat Belanda dikalahkan oleh Perancis, dan kemudian Indonesia dijajan oleh Jepang. Dimana pada saat itu Jepang juga menggunakan setir di sebelah kanan, oleh sebab itu letak setir Indonsia tidak mengalami perubahan dan tetap memakai setir di sebelah kanan juga mengikuti Jepang pada saat itu dan masih diterapkan hingga sekarang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here