Jelang Beroperasi, Para Pekerja Tol Pekanbaru-Bangkinang Mengikuti Pelatihan
Jelang Beroperasi, Para Pekerja Tol Pekanbaru-Bangkinang Mengikuti Pelatihan

Berita Pekanbaru Terupdate – Jelang diadakannya pengoperasian terhadap Tol Pekanbaru – Bangkinang (Penang) PT Hutama Karya (HK) saat ini sudah mulai kembali mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan ditempatkan diberbagai sektor wilayah kerja.

Mereka yang saat ini sudah berstatus calon karyawan di Tol Penang kembali mengikuti pelatihan yakni selama 37 hari kedepan. Ini akan terhitung dimulai sejak 18 Agustus yang lalu sampai dengan 25 September 2022.

Demikian dikatakan langsung oleh Direktur Operasi III PT HK, Koentjoro, pada Rabu (5/9/2022). Menurutnya, saat ini pelatihan itu, sebagai bentuk kesiapan dari SDM saat melakukan pengoperasian jalan bebas hambatan yang kedua di Provinsi Riau ini.

“Sebelum tol ini mulai dioperasikan, kita akan lakukan persiapan dari sisi SDM dulu. Kegiatan trainingnya ini sudah dilakukan selama 37 hari,” kata Koentjoro.

Adapun pelatihan tersebut juga meliputi kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat. Kemudian ada juga kemekanikan dan juga elektrikal, sistem transaksi, peralatan tol hingga adanya pelatihan rescue dan derek.

Baca juga: Daftar Harga TBS Kelapa Sawit Riau Periode 5-11 Oktober 2022

Selain teori ini, dalam pelatihan tersebut juga dilakukan praktek ataupun simulasi penanganan dengan melibatkan beberapa praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Calon karyawan saat itu wajib memahami akan tugas dan juga peran masing-masing yang ada di jalan tol sepanjang 40 kilometer (km) itu, yang saat ini menghubungkan ibukota provinsi dan Bangkinang tersebut.

“Tujuan dari training bagi calon karyawan ini agar dapat siaga di lapangan dan benar-benar dibekali dengan keahlian dan kemampuan dapat mengoperasikan jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol,” papar Koentjoro.

Hanya saja kapan Tol Permai ini bisa dioperasikan atau diresmikan, belum dapat dipaparkan. Karena itu merupakan hal yang menjadi kewenangan pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara PT HK hanya sebagai pelaksana kegiatan pekerjaan dan bertanggung jawab dalam pengoperasian, saat ini sudah mempersiapkan segala tekhnis yang dibutuhkan.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here