Dang Merdu – Saat ini, kamera mirrorless tengah jadi tren di kalangan para anak muda, terutama bagi mereka yang tertarik dengan dunia fotografi.

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih kamera mirrorless ketimbang DSLR karena bentuknya yang simpel dan mempunyai bobot yang lebih ringan.

Sehingga, praktis untuk dibawa ke mana pun, termasuk ketika akan traveling. Ditambah lagi, dengan kualitas kamera mirrorless yang dapat dibilang sudah setara dengan DSLR, lho.

Tips Memilih Kamera Mirrorless Yang Bagus
Nah, buat kamu-kamu yang ingin membeli kamera mirrorless dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Apa sajakah itu? Ayo Simak, beberapa tips dalam memilih kamera mirrorless bagus supaya kamu tidak menyesal nantinya.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Sebelum membeli kamera mirrorless, pastikan terlebih dahulu apakah itu memang kebutuhan prioritas atau hanya sekedar keinginan semata.

Ini sangat penting untuk dipertimbangkan, mengingat masih banyak orang yang sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Memang, membeli kamera mirrorless karena keinginan ataupun karena kebutuhan adalah hak masing-masing orang, termasuk juga kamu.

Hanya saja, akan lebih bagus lagi apabila kamera mirrorless tersebut dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya, untuk memotret suatu produk online shop supaya eye-catching, atau memang pekerjaan kamu di bidang fotografi/videografi.

2. Pertimbangkan Harga Kamera dengan Budget
Poin penting yang berikutnya sebelum membeli kamera mirrorless yaitu mempertimbangkan harga kamera sesuai dengan budget-mu.

Jangan sampai memaksakan budget yang dimiliki untuk membeli kamera mirrorless yang harganya sangat mahal, ya.

Perlu diingat, bahwa kamera mirrorless yang bagus tidak harus selalu yang harga mahal. Toh, semahal apa pun kamera mirrorless, maka akan terasa sia-sia jika kamu sendiri belum mahir dalam menggunakannya.

Tips dalam memilih kamera mirrorless ini sangat bermanfaat untuk diterapkan, terutama bagi seorang fotografer/videografer pemula.

Beda halnya apabila sudah berpengalaman, kamu dapat membeli kamera mirrorless dengan kualitas yang tinggi dan harga yang lebih mahal pula.

Baca Juga : 4 Hal Yang Penting Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

3. Sensor Kamera Mirrorless
Agar nantinya tidak menyesal pada saat akan membeli kamera mirrorless, maka perhatikan kamera yang akan dibeli apakah sudah memiliki sensor baik atau belum.

Sensor kamera ini sendiri berguna untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Minimal, di dalam kamera mirrorless terdapat sensor APS-C, CMOS, Fullframe, serta Medium Format.

Ketiga jenis sensor itu sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, semua itu kembali lagi pada kebutuhan dari seorang pengguna.

4. Spesifikasi dan Fitur Tambahan
Sebelum membeli kamera mirrorless, pastinya kamu terlebih dahulu harus melihat spesifikasi yang lengkap dan sejumlah fitur tambahan.

Biasanya, fitur tambahan kamera ini ditentukan oleh harga. Namun, tidak semua fitur dapat mewakili kebutuhan pengambilan sebuah gambar.

Sebagai gambaran, apabila kamu seorang travel blogger atau street photography, ada baiknya kamu memilih kamera mirrorless dengan resolusi 16 Megapixel untuk foto dan 1080 untuk video.

Sementara itu, apabila kamu lebih banyak memotret objek di luar ruangan, maka ada baiknya pilih kamera mirrorless yang memiliki lapisan pengaman air (waterproof) dan debu (dust proof) pada bagian lensa.

Beberapa dari fitur lainnya yang wajib dimiliki kamera mirrorless, seperti sensor kamera minimal 4/3, shutter speed 30 detik ke atas, auto-focus (AF) tinggi, ISO besar, dan fitur burst untuk menangkap objek yang bergerak dengan cepat.

Maka akan lebih bagus lagi, apabila kamera tersebut juga memiliki fitur tambahan seperti koneksi Wi-FI, GPS, bluetooth, dan touch screen.

5. Ketersediaan Pilihan Lensa
Dan yang tidak kalah penting, tips untuk membeli kamera mirrorless bagi pemula dapat dilihat dari ketersediaan pilihan lensa kamera.

Seperti halnya dengan kamera DSLR, lensa kamera mirrorless ini juga memungkinkan untuk diganti sesuai pada kebutuhan.

Tetapi bagi pemula yang masih belajar, lensa kit (bawaan kamera) biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam memotret dan merekam video.

Namun, apabila kemampuan kamu sudah meningkat, maka tidak ada salahnya untuk mengganti lensa kamera dengan yang lebih profesional.

Karena itulah, ketersediaan pilihan lensa kamera menjadi poin yang penting sebelum kamu membeli kamera mirrorless yang baik.

Nah, sebelum membeli kamera mirrorless untuk pemula, maka beberapa tips di atas dapat diterapkan.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here