Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Mengisi Tangki Bensin Kepenuhan
Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Mengisi Tangki Bensin Kepenuhan

Berita Pekanbaru – Sebelum melakukan perjalanan jauh, biasanya para pengendara kan melakukan pengisian bahan bakar dengan penuh atau sering disebut dengan full tank. Alasannya pun sangat sederhana, agar tak perlu lagi mengisi bahan bakar minyak dengan waktu yang cukup lama.

Meski mengisi bahan bakar dengan penuh itu sebenarnya tak ada salahnya, akan tetapi perlu anda ketahui jika kebiasaan mengisi bensin hingga kepenuhan ternyata merugikan. Terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui mengapa anda tidak harus mengisi bensin luber hingga keluar tangki.

Coba perhatikan lebih seksama pada saat anda mengisi bensin sepeda motor anda, dimana nozzle akan dimasukkan ke dalam lubang tangki selanjutnya cairan bensin akan masuk kedalamnya. Dimana seringkali kita lihat nozzle mendadak berhenti dengan sendirinya lalu terdengar suara “flop” hal tersebut adalah penanda jika pengisian bensin sudah penuh agar anda tak perlu lagi menabahkan bensin agar ada space atau ruang kosong pada tangki kendaraan anda.

Baca juga : Jangan Lakukan Beberapa Hal Ini Jika Anda Tak Ingin Kena Tilang Elektronik

Ternyata menyisakan ruang pada tangki bensin itu ada manfaatnya, hal tersebut pun memiliki dampak jika anda mengisi bensin kepenuhan, diantaranya sebagai berikut:

1. Bensin Butuh Ruang Agar Bisa Mengembang

Untuk melakukan proses pembakaran yang maksimal ternyata bensin membutuhkan ruang agar dapat mengembang. Itulah yang dijadikan alasan mengapa setiap tangki bensin mempunyai lubang. Fungsi dari lubang tersebut sebenarnya untuk mengurangi tekanan yang akan dihasilkan pada saat bensin ada di dalam tangki.

Oleh karena itu, pada saat tak ada ruang sama sekali pada tangki bahan bakar, gas yang seharunya keluar dari lubang tangki tersebut justru akan keluar melalui selang. Yang artinya jika bensin yang anda isi dengan penuh tersebut akan terbuang sia-sia dan tak terpakai.

2. Bensin Terhisap Lagi ke Tangki SPBU

Bensin yang keluar dari selang nozzle ternyata dapat terhisap kembali ke tangki SPBU, yang artinya jika bensin yang telah terisi dan sudah anda bayar tersebut justru akan terbuang. Hal tersebut dikarenakan mesin pengisian bahan bakar sudah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern. Dimana selang tersebut mampu mendeteksi bensin yang telah diisi penuh, secara otomatis mampu menyedot kembali uap bensin yang telah kepenuhan (luber) dari lubang tangki bahan bakar. Niat hati ingin menghemat justru malah harus membayar percuma bensin yang kepenuhan yang hilang tersebut.

3. Menyebabkan Polusi Udara

Dampak yang terakhir mungkin akan dapat dirasakan dengan jangka panjang, dimana uap bensin yang tumpah tersebut karena kepenuhan hingga keluar tanggi akan dapat merugikan kesehatan dan turut menyumbang polusi udara. Terlebih lagi jika bensin yang anda isi tersebut justru hingga tumpah-tumpah yang tak hanya membuat anda menjadi lebih boros saja karena harus membayar bensin yang hanya terbuang sia-sia, akan tetapi anda juga ikut menjadi dalam mencemari lingkungan.

Itulah mengapa sebaiknya anda jangan mengisi bensin sepeda motor hingga kepenuhan. Isilah bensin secukupnya saja jangan sampai berlebihan akan tetapi jangan biarkan tangki bensin sepeda motor anda hingga kosong pula. Daripada harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk mengisi bensin hingga kepenuhan dan tak ada manfaatnya, alangkah baiknya untuk mengalihkan biaya tersebut sebagai biaya perawatan rutin sepeda motor anda. Melakukan service secara rutin agar kondisi sepeda motor anda tetap dalam keadaan prima. Dan pastikan pula untuk melakukan service di bengkel resmi dan dilakukan oleh tenaga mekanik yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Untuk informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here