Cara Mudah Agar Motor Matik Anda Lebih Irit BBM
Cara Mudah Agar Motor Matik Anda Lebih Irit BBM

Berita Pekanbaru Terbaru – Harga BBM (bahan bakar minyak) telah naik beberapa waktu lalu. Hal tersebut tentu membuat pengeluaran untuk pengisian bahan bakar sepeda motor jadi bertambah jika dibandingkan dengan sebelum kenaikan harga BBM.

Meski harga BBM naik, motor matik masih begitu diminati oleh banyak masyarakat di tanah air. Dengan alasan praktis serta mudah dalam penggunaannya.

Dalam menyiasati kenaikan harga BBM tersebut, terdapat berbagai cara agar motor matik anda irit bahan bakarnya. Seperti salah satu hal yang harus diperhatikan denga melakukan service secara teratur sesuai dengan jadwalnya.

Dengan melakukan service secara teratur dapat membuat performa mesin motor matik anda menjadi lebih terjaga dibandingkan motor matik yang jarang dilakukan service rutin. Dimana tarikannya yang tetap enteng, tak brebet, nyaman digunakan dan konsumsi bahan bakarnya pun tak boros.

Diluar itu, ada pula beberapa cara lain yang dapat anda lakukan pada motor matik anda agar tak begitu boros.

Perhatikan Putaran Gas Motor

Hal yang satu ini berkaitan dengan perilaku pengendaranya berdasarkan kemampuan dan cara dalam berakselerasi. Idealnya dengan menggunakan eco riding. Dengan cara memutar tuas gas secara perlahan yang diurutkan dengan mengetahui ritme akselerasinya. Usahakan untuk tidak menarik gas secara dalam-dalam atau menahan gas bersaman dengan rem pada saat sedang macet atau berhenti di lampu merah.

Baca juga : Besaran Tarif Pajak Mobil Listrik dan Cara Menghitungnya

Pada beberapa motor matik ada yang telah dilengkapi dengan fitur eco riding berupa indikator yang ada pada layar instrumen. Biasanya di kecepatan atau RPM rendah lambu pertanda eco riding akan menyala.

Tekanan Udara pada Ban

Berikutnya dengan mengecek tekanan angin pada ban motor matik, usahakan untuk selalu dalam kondisi ideal atau sesuai dengan rekomendasi dari masing-masing pabrikan.

Tekanan angin ban motor yang terlalu rendah dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakarnya. Bila ban kempis tentu gesekan antara ban dengan aspal akan semakin tinggi. Ditambah lagi dengan bobot motor, penumpang dan juga pengendara yang akan membuat mesin motor harus bekerja lebih ekstra. Sehingga membuat motor menjadi terasa lebih berat sehingga para pengendara akan menarik tuas gas lebih dalam lagi saat berkendara.

Bersihkan CVT

Rangkaian yang satu ini juga tak boleh luput dari perawatan. Pastikan jika kondisi roller, kampas ganda, V-belt dan mangkok kopling dalam keadaan yang baik dan juga bersih.

Bila CVT kotor dan motor tetap dipaksa untuk bekerja dapat membuat pendistribusian tenaganya menjadi tidak optimal. Dampaknya, tarikan mesin akan menjadi lebih berat dan dapat membuat boros bensin.

Ganti Busi Motor Jika Sudah Kotor

Busi merupakan komponen yang penting bagi sebuah kendaraan, begitu pula dengan motor matik. Dimana fungsinya untuk memberikan percikan api sehingga dpat membakar campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi pada ruang bakar. Jika kondisinya tak lagi baik, dapat dipastikan akan berkaitan dengan konsumsi bahan bakarnya.

Hal yang harus anda lakukan ialah mengecek kondisi busi, dengan melihat bagian kepala busi apakah terdapat endapan kotoran atau tidak. Dimana cirinya yang berwarna hitam berupa karbon sisa pembakaran yang tak sempurna. Endapan tersebut jika diabaikan dapat membuat percikan api pada ujung elektroda jadi terhambat.

Apabila hal tersebut telah terjadi dan dipaksakan terus menerus, maka bensin akan tidak terbakar dengan sempurna. Sehingga lebih banyak debit bensin yang disuplai ke silinder untuk dibakar dan menjadi lebih boros. Oleh karena itu, sebaiknya ganti busi tersebut dikarenakan harganya yang tak begitu mahal.

Bersihkan Filter Udara

Bersihkan filter udara secara rutin, jika filter udara pada motor matik anda telah rusak sebaiknya ganti filter tersebut dengan yang baru. Jika dibiarkan kotor atau rusak maka tarikan motor matik anda akan menjadi lebih berat sehingga akan berkaitan dengan pengonsumsian bahan bakar minyaknya.

Perhatikan Barang Bawaan

Saat sedang berkendara, pastikan bobot maksimal angkut barang yang anda bawa dengan menggunakan sepeda mtor. Membawa beban berlebih akan mempengaruhi kinerja mesin motor matik anda.

Jika motor anda berjalan dengan kondisi overweight tentu dapat membuat mesinnya bekerja lebih keras dan membuatnya menjadi lebih boros bahan bakarnya.

Itulah beberapa cara yang harus anda lakukan pada motor matik anda agar lebih hemat penggunaan bahan bakarnya. Meski ada beberapa hal lain yang harus dilakukan seperti dengan penggunaan jenis oli yang tepat, pemilihan RON bensin yang berdasarkan rekomendasi dari pabrikan atau dengan memaksimalkan fitur Idling Stop System yang ada pada beberapa motor matik.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terkini hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here