Dang Merdu – Jika anda seorang fotografer, wajib tahu beberapa yang menjadi penyebab foto buram. Pada umumnya, pasti hal ini sangat mengganggu hasil foto yang akan kita bidik. Sehingga, kesan seni dan pesan yang tergambar atau terlukiskan pada foto pun menjadi hilang. Tentu saja, ada beberapa hal yang dapat membuat foto buram yang patut untuk diketahui dan dikenali. Mengingat di antara penyebab tersebut justru terkadang muncul beberapa faktor tanpa kita sadari. Lalu, kira-kira apa saja yang menjadi penyebab foto buram itu?

Setiap fotografer pasti pernah mengalami hasil foto yang buram dan parahnya lagi tidak banyak yang tahu penyebab foto menjadi buram. Padahal kalau kita tahu penyebabnya, tentu masalah tersebut pasti dapat kita atasi dan dicegah. Dengan kata lain, hasil foto yang buram juga tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa baik kamu mengambil gambar. Yang jelas ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab foto menjadi buram. Sehingga, tidak heran apabila untuk dapat mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kita pahami beberapa penyebabnya. Nah, di bawah ini beberapa yang menjadi penyebab foto buram yang harus diketahui.

Baca Juga : Beberapa Kekeliruan Dalam Pengaturan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape

Penyebab Foto Buram
Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab foto buram. Antara lain sebagai berikut :

1. Fokus Kamera yang Kurang Pas
Penyebab foto menjadi buram yang pertama yaitu salah fokus pada titik foto yang akan kita bidik sehingga obyek yang akan akan ambil fotonya menjadi tidak jelas. Memang, pada saat ini setiap kamera bahkan smartphone sekalipun sudah ada autofocus untuk membidik titik fokus. Namun, tidak jarang juga ada bagian dari foto yang jernih, tetapi bagian yang lain (termasuk objek utama) malah buram. Tentu saja, untuk mengatasi hal ini, kamu harus dapat menitikberatkan titik fokus dengan tepat pada suatu obyek gambar yang akan dibidik.

2. Obyek Foto Bergerak Saat Dibidik
Apabila hasil foto buram, kemungkinan penyebab lain foto buram juga dapat terjadi karena ada gerakan pada obyek foto ketika shutter terbuka. Dalam hal ini, dengan melihat objek kamu dapat mengetahui masalahnya. Jika beberapa bagian dari objek terlihat tampak jelas sementara bagian yang lainnya buram, berarti objek akan bergerak ketika shutter sedang terbuka. Atau, objek akan bergerak terlalu cepat dan buram sementara pada daerah sekitarnya (yang tidak bergerak) tampak jelas. Untuk dapat mengatasi masalah yang satu ini, kamu dapat mengatur flash dan menaikkan ISO.

3. Gerakan Kamera
Ketika sedang memotret suatu obyek, pasti secara tidak sadar kamera kemungkinan bergerak apabila shutter terbuka. Sehingga, hal tersebut justru akan menjadi penyebab foto menjadi buram. Oleh karena itu, sebelum membidik foto yang akan kita ambil maka ada baiknya kita harus benar-benar meyakinkan bahwa kamera tidak bergerak agar hasil foto menjadi lebih tampak terlihat tajam dan jelas.

4. Depth of Field yang Sempit
Kemudian, penyebab lain foto menjadi buram juga dapat dikarenakan Depth of Field yang ukurannya terlalu sempit. Depth of field adalah nama untuk suatu efek kamera dimana objek terfokus tetapi backgroundnya tidak. Ini akan membuat suatu objek yang menonjol karena menjadi satu-satunya hal yang dapat dilihat dengan jelas. Nah, untuk dapat mengatasi penyebab foto menjadi buram yaitu apabila kamu menggunakan kamera DSLR dengan Aperture Priority, pindahkan pengaturan fokus ke manual dan atur ring fokus bersamaan dengan membidik melalui viewfinder sehingga kamu mendapatkan titik fokus yang diinginkan.

Jika melihat beberapa penyebab foto menjadi buram di atas, pastinya kamu sudah dapat memprediksi bahwa sebelum mengambil gambar, beberapa hal di atas wajib untuk diperhitungkan. Sehingga, hasil foto pun akan terlihat lebih tajam dan jelas. Namun, satu hal yang jelas bahwa untuk dapat mencegah terjadinya foto buram, yaitu fokuslah pada titik obyek dan tunggu sampai benar-benar obyek yang terbidik dengan pas. Nah, itulah tadi yang menjadi penyebab foto buram. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu-kamu semua. Sekian dan sampai jumpa.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here