5 Penyebab Ban Sepeda Motor Anda Terasa Oleng Beserta Dengan Solusinya
5 Penyebab Ban Sepeda Motor Anda Terasa Oleng Beserta Dengan Solusinya

Berita Pekanbaru – Ban sepeda motor merupakan salah satu perangkat yang paling krusial. Tanpa adanya ban, sudah pasti sebuah kendaraan tak akan dapat berjalan. Tak hanya digunakan sebagai alat penggerak saja, ban sepeda motor juga memiliki peran untuk memberi kenyamanan pada saat berkendara.

Tak jarang pengalaman berkendara menjadi menurun disebabkan oleh ban yang tak prima. Bisa karena ban yang bocor halus, aus atau ban yang terasa oleng ketika sepeda motor dikendarai. Kondisi ban motor yang tidak prima tentu akan membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman dan juga bisa membahayakan penggunanya.

Oleh karena itu, merupakan hal yang penting untuk selalu memeriksakan kondisi ban sepeda motor anda baik ban depan maupun ban belakang. Sehingga pengalaman berkendara anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan hingga selamat ke tempat tujuan.

Baca juga : 5 Komponen Ini Jangan Sampai Kena Air Ketika Mencuci Sepeda Motor Sendiri Di Rumah

Berikut akan dijelaskan, mengapa ban sepeda motor sering terasa oleng ketika digunakan berkendara. Baik itu penyebab hingga solusi atau cara mengatasinya sebagai berikut ini:

1. Velg Motor Tidak Rata

Penyebab yang pertama ban sepeda motor anda terasa oleng bisa disebabkan karena kondisi velg-nya. Anda dapat memeriska velg sepeda motor anda, apakah masih dalam keadaan yang baik atau sudah bengkok, retak atau bahkan tak lagi rata.

Jika hal tersebut yang terjadi, solusinya adalah dengan memperbaiki velg tersebut apabila kerusakan yang terjadi masih terbilang ringan, namun jika kerusakannya sudah terbilang berat mau tidak mau anda harus segera menggantinya dengan yang baru agar tak terjadi sesuatu hal yang buruk nantinya.

2. Ban Yang Tidak Rata

Pada saat memasang ban sepeda motor, pastinya anda diharuskan untuk memperhatikan kondisi velg dan pemasangan tersebut benar-benar sudah sejajar. Pemasangan ban sepeda motor yang sembarangan tanpa perhitungan sama sekali akan dapat menyebabkan terjadinya ban sepeda motor yang oleng ketika digunakan untuk berkendara.

Hal tersebut akan sangat membahayakan keselamatan bagi para pengendaranya ketika di jalan. Apabila anda tak begitu memahami bagaimana cara memasang ban sepeda motor yang benar, disarankan untuk membawanya ke bengkel agar dilakukan pemasangan oleh tenaga yang ahli dibidang tersebut. Sehingga pemasangan ban sepeda motor akan menjadi lebih aman dan juga sesuai dengan standarnya.

3. Tekanan Angin Ban

Selanjutnya adalah tekanan angin pada ban sepeda motor yang juga bisa dijadikan pemicu ban sepeda motor anda oleng. Baik itu tekanan ban yang kurang dari porsinya atau justru terlalu tinggi. Oleh karen itu, anda disarankan untuk memastikan jika tekanan pada ban sepeda motor anda cukup sesuai berdasarkan standarnya.

4. Tekanan Shockbreaker Yang Tak Imbang

Shockbreaker atau alat peredam kejut pada sebuah sepeda motor juga dapat menjadi penyebab mengapa ban sepeda motor yang anda gunakan terasa oleng. Hal tersebut juga dapat disebabkan oleh tekanan shockbreaker yang tak seimbang ketika sepeda motor digunakan untuk berkendara atau pula ketika sepeda motor yang anda gunakan melakukan pengereman.

5. Sepeda Motor Pernah Mengalami Tabrakan Atau Terjatuh

Biasanya sepeda motor yang pernah mengalami tabrakan akan menimbulkan berbagai macam kendala. Baik itu lecet atau bahkan beberapa komponen mengalami kerusakan. Tak sedikit orang yang tahu jika kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan itu tak selalu terlihat atau dirasakan secara langsung.

Contohnya saja pada kondisi sasis pada sepeda motor yang dapat terlihat, akan tetapi mulai bengkok atau penyok tak seperti sebelumnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ban depan juga belakang menjadi tidak rata atau center (tengah). Sehingga, kondisi tersebut akan menyebabkan ban sepeda motor anda menjadi terasa oleng ketika dikendarai.

Itulah beberapa penyebab mengapa ban sepeda motor anda terasa oleng ketika digunakan untuk berkendara. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pengecekan sebelum sepeda motor anda digunakan agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Jangan lewatkan informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here