5 Komponen Ini Jangan Sampai Kena Air Ketika Mencuci Sepeda Motor Sendiri Di Rumah
5 Komponen Ini Jangan Sampai Kena Air Ketika Mencuci Sepeda Motor Sendiri Di Rumah

Berita Pekanbaru Terbaru – Salah satu perawatan sepeda motor yang dapat kita lakukan sendiri dengan mudah dirumah ialah dengan mencucinya. Akan tetapi, mencuci sepeda motor itu tak dapat dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa hal yang juga harus diperhatikan.

Baik itu sabun atau shampo yang digunakan dan waktu yang tepat untuk mencucinya. Anda juga harus tahu jika beberapa komponen pada sepeda motor ternyata tak boleh terkena air. Karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan atau konsleting.

Apa saja komponen yang tak boleh kena air saat sepeda motor dicuci, mari simak artikel berikut ini.

1. Aki

Seperti yang telah kita ketahui jika aki adalah salah satu komponen kelistrikan pada sebuah sepeda motor. Akan sangat berbahaya jika bagian tersebut terkena air, karena akan dapat menyebabkan konsleting.

Apabila anda akan membersihkan bagian yang terlihat kotor pada aki, cukup dengan melakukan pengelapan saja dengan perlahan. Hal tersebut akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menyemprotkan air pada bagian sekitar aki.

Baca juga : AHM Recall Honda PCX160 dan ADV160 Dikarenakan Beberapa Bagian Ini 

2. Busi motor

Komponen pada sepeda motor yang tak boleh kena air berikutnya adalah busi. Walaupun busi tertutup, akan tetapi masih ada kemungkinan komponen tersebut akan terkontaminasi oleh air pada saat sepeda motor anda dicuci. Apabila busi sudah kemasukan air, otomatis busi tak akan dapat bekerja dengan maksimal apalagi air yang masuk itu jumlahnya cukup banyak. Sehingga anda harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

3. Kabel kelistrikan

Kabel kelistrikan juga tak boleh terkena air ketika sepeda motor sedang di cuci. Walaupun kabel kelistrikan tersebut terletak pada bagian yang cukup sulit untuk terkena air yang juga dibalut dengan pembungkus kabel yang memiliki ukuran yang tebal. Akan tetapi, jika pembungkus tersebut robek atau berlubang tentu bisa jadi pemicu air tersebut masuk ke dalam kabel kelistrikan. Sehingga sepeda motor anda akan mengalami konsleting.

Oleh karena itu, sebaiknya anda harus lebih berhati-hati pada saat mencuci sepeda motor anda di rumah.

4. Karburator

Fungsi dari karburator untuk mengatur RPM serta mencampur udara dan juga bahan bakar sehingga komponen yang satu ini juga sangat krusial.

Jadi, jika karburator kemasukan air pada saat sepeda motor dicuci, hal terburuknya adalah sepeda motor akan menjadi lebih susah dinyalakan atau mogok.

5. Bagasi motor

Yang terakhir bagian sepeda motor yang juga tak boleh terkena air adalah bagasinya.  Biasanya bagasi itu dekat dengan tangki bahan bakar sepeda motor, perlu juga diperhatikan apakah terdapat air yang masuk pada bagai sepeda motor tersebut.

Apalagi air tersebut hingga masuk ke dalam tangki bahan bakar, hal tersebut akan dapat mempengaruhi kinerja dari pembakaran dan bensin yang akan terkontaminasi oleh air dapat menyebabkan sepeda motor anda akan bermasalah.

Itulah beberapa komponen pada sepeda motor yang ternyata tak boleh kena air. Apabila air yang masuk hanyalah sedikit saja, tentu tak akan dapat menyebabkan masalah apapun. Akan tetapi, jika air yang masuk pada beberapa komponen tersebut dengan kapasitas yang cukup besar tentu akan dapat mengganggu kinerja dari tiap-tiap perangkat tersebut sehingga akan menimbulkan masalah yang baru terhadap sepeda motor kesayangan anda.

Jadi, sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi saat mencuci sepeda motor kesayangan anda. Jangan sampai kelalaian anda akan berdampak terhadap buruk terhadap kinerja sepeda motor anda.

Jangan lewatkan informasi seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here