5 Tips dan Strategi TikTok untuk Bisnis Kecil

Berita Pekanbaru Terlengkap – Popularitas TikTok yang berkembang pesat menjadikannya fokus penting bagi usaha kecil yang mencari cara otentik dan kreatif untuk terhubung dengan pelanggan. Platform ini, memiliki algoritma yang menyukai konten video pendek, konten audio-driven dan tren budaya pop, berbeda dari saluran media sosial populer lainnya. Dan jika bisnis Anda ingin sukses di sini, Anda harus mengambil pendekatan yang bijaksana.

Berikut adalah lima tips untuk mengembangkan strategi TikTok yang efektif untuk bisnis kecil Anda.

Buat Video Otentik, Relevan, dan Informatif

Pengguna TikTok tertarik untuk menemukan tren dan content creator baru, yang disarankan di halaman “Untuk Anda” yang disesuaikan oleh algoritme yang mempertimbangkan informasi pengguna dan detail video (yaitu, tagar dan teks). Tidak seperti platform lain yang mendorong konten dari akun dengan lebih banyak pengikut, TikTok menghadirkan content creator yang kurang dikenal ke dalam umpannya. Karena itu, bahkan bisnis yang baru dimulai dengan TikTok memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens target mereka.

Banyak bisnis kecil sukses dengan video yang memberikan cuplikan di balik layar atau kiat ahli yang relevan dengan industri mereka kepada pada pengguna tiktok. Apa pun pendekatan Anda, kunci sukses di TikTok adalah keaslian atau originalitas. Meskipun platform memiliki fitur untuk mengedit, kontennya lebih “nyata” daripada media sosial lainnya dan pengguna menyukai hal-hal yang semacam itu.

Bagikan Konten Buatan Pengguna

Menawarkan kemampuan untuk “berduet” (memposting video Anda sendiri di samping video lain) video pengguna, TikTok dirancang untuk berbagi konten pribadi. Mengikuti tren viral dapat membawa views lebih banyak ke video Anda, tetapi untuk melibatkan pelanggan Anda dan menjaga prospek tetap update, gunakan kemampuan berbagi TikTok untuk menjadikan audiens Anda bagian dari pengalaman bisnis Anda.

Mulailah dengan mendorong pelanggan Anda untuk membuat video mereka sendiri. Ajukan pertanyaan kepada audiens Anda, minta tips dan trik, atau hubungi testimoni pelanggan yang jujur. Dengan lebih banyak konten buatan pengguna untuk Anda perhatikan, Anda akan dapat menciptakan pengalaman di TikTok yang mencerminkan minat dan value dari pengikut Anda.

Pertimbangkan Iklan Berbayar

Karena TikTok masih berkembang terus menerus, ini adalah lingkungan yang kurang kompetitif untuk iklan berbayar. Iklan TikTok bervariasi berdasarkan presentasi dan interaksi. Iklan dalam umpan, yang dapat dibuat dengan atau tanpa content creator lain, muncul seperti video biasa (dan bahkan dapat dipromosikan sebagai konten), muncul di umpan “untuk Anda” pengguna. Cara ini adalah titik awal yang baik untuk menyelami wawasan tentang iklan berbayar TikTok.

Baca Juga: Spesifikasi PC untuk Komputer Keperluan Editing

Saat Anda siap untuk membuat merek Anda lebih menonjol, iklan TopView (video yang diputar segera setelah pengguna membuka aplikasi) sangat efektif dalam mempertahankan minat dan menciptakan konversi. TikTok juga menawarkan iklan yang mendorong partisipasi pelanggan, tagar dengan merek, dan efek untuk merek. Ini memungkinkan pengguna Anda bersenang-senang (merasa puas) dengan bisnis Anda dan membawa pengakuan lebih baik ke bisnis Anda melalui konten buatan pengguna.

Teliti dan Gunakan Hashtag yang Tepat

Dengan menonton video populer TikTok, Anda bisa mendapatkan ide tentang apa yang sedang tren dan membuat konten yang relevan. Namun, tidak semua hashtag populer berhubungan dengan bisnis Anda, dan mengejar kemungkinan menjadi viral belum tentu merupakan strategi media sosial yang layak.

Sebagai gantinya, perhatikan tagar yang digunakan audiens target Anda. Karena tagar adalah bagian dari algoritme yang digunakan TikTok untuk membuat saran, menambahkan kata kunci dan frasa ke video Anda akan memastikan audiens target Anda menemukan konten Anda.

Bermitra dengan Influencer TikTok

Influencer TikTok bukanlah selalu selebriti terkenal, tetapi mereka adalah beberapa content creator yang paling banyak diikuti dan dipercaya di internet. TikTok memiliki influencer untuk hampir semua topik yang pengguna cari, termasuk kecantikan, kebugaran, makanan, renovasi rumah, dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan bekerja sama dengan seorang influencer, Anda dapat membagikan pesan bisnis Anda kepada audiens yang terlibat yang siap untuk mendapatkan inspirasi. Untuk menemukan influencer yang tepat untuk bisnis Anda, Anda bisa mencari content creator yang sudah menggunakan produk atau layanan Anda, yang sesuai dengan kepribadian pelanggan Anda, dan yang nilai serta pesannya selaras dengan apa yang diperjuangkan bisnis Anda serta cara bisnis menyampaikan pesannya.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here