Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik Yang Harus Anda Ketahui
Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik Yang Harus Anda Ketahui

Berita Pekanbaru Terkini – Pada mobil-mobil keluaran terbaru saat ini, power steering merupakan fitur standar yang disematkan oleh pihak pabrikannya. Teknologi tersebut mampu memberikan kemudahan para pengemudi dalam mengendalikan mobil tersebut dengan mudah.

Sebagaimana yang kita diketahui, jika berkendara di wilayah perkotaan itu cukup melelahkan karena tingkat kepadatannya yang begitu tinggi sehingga kemacetan pun tak akan terhindari.

Tak hanya itu, seringnya berhenti sehingga lebih banyak pula bermanuver yang juga harus dilakukan bahkan pada saat berhenti. Baik itu masuk ke area parkiran atau bahkan berbelok diperempatan yang padat misalnya. Sehingga akan sangat melelahkan apabila mobil yang dikendarai tak dilengkapi dengan power steering.

Baca juga : Siap-siap Toyota Akan Hadirkan Varian Kijang Innova Terbaru, Untuk Varian Mesin Diesel Produksinya Telah Dibatasi

Secara umum, terdapat 2 sistem power steering yang kini paling banyak digunakan seperti sistem yang disebut dengan hidrolik dan elektrik.

Hidrolik sendiri adalah sistem yang paling banyak digunakan dan merupakan sistem pertama yang disematkan pada teknologi power steering. Berbeda dengan power steering elektrik baru yang baru dikatakan umum sejak beberapa tahun belakangan ini saja.

Power Steering Hidrolik

Untuk power steering hidrolik dimana sistem tersebut menggunakan sebuah jalur hidrolik yang bertekanan yang digunakan untuk memperingan roda kemudi mobil. Komponen tersebut biasanya terdiri dari sabuk, silinder, katup, tabung reservoir dan juga rak kemudi.

Cara kerja dari komponen tersebut menggunakan prinsip tekanan cairan. Pada saat roda kemudi dibelokkan, otomatis sistem akan mengambil cairan dari tabung reservoir untuk digunakan menuju rak kemudi mobil. Kemudian pada rak kemudi terdapat katup dan juga silinder yang terhubung ke bagian tabung reservoir dan juga sistem hidrolik.

Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik Yang Harus Anda Ketahui
Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik Yang Harus Anda Ketahui

Pada saat katup tersebut terbuka, cairan hidrolik tersebut akan mengalir ke dalam katup kemudian mendorong rak kemudi kearah yang dituju. Sehingga setir kemudi akan berubah menjadi lebih ringan secara linear.

Perlu diingat, jika menggunakan mobil dengan sistem hidrolik sangat disarankan untuk tak memarkirkan kendaraan atau mematikan kendaraan tersebut pada saat setir dalam keadaan miring. Karena, hal tersebut dapat memberikan beban yang berlebih pada sistem di satu sisi, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran dalam jangka waktu yang panjang.

Power Steering Elektrik

Sementara pada sistem terbaru seperti electric power steering atau yang lebih dikenal dengan EPS mampu bekerja dengan sistem yang ternyata lebih sederhana jika dibandingkan dengan power steering hidrolik dikarenakan sudah mengusung sistem elektrifikasi. Dimana pada sistem tersebut tak ada sistem sabuk dan hidrolik dimana sistem tersebut terkadang lebih merepotkan.

Terdapat beberapa tipe EPS dalam sebuah mobil, walaupun prinsipnya yang masih sama dimana terdapat sensor yang mendeteksi arah maupun putaran dari setir motor yang bisa membantu dalam meringankan setir pada sebuah mobil.

EPS digunakan sebagai alternatif terbaru, dikarenakan minimnya untuk urusan perawatannya. Tak hanya itu saja, EPS juga dapat meringankan beban mesin dikarenakan mesin yang tak perlu lagi untuk memberikan tekanan hidrolis yang umumnya dapat membebani. Efisiensi mesin juga akan semakin bertambah dikarenakan sistem EPS yang tak begitu membebani mesin.

Yang membedakan, pada EPS anda tak perlu khawatir lagi dalam memarkirkan mobil jika setir dalam keadaan belok atau tidak karena tak adanya daya listrik yang akan mengisi motor listrik dari EPS. Oleh karena itu, kenali juga sistem power steering yang digunakan pada mobil anda sehingga tahu bagaimana cara merawat mobil tersebut dengan baik.

Jangan lewatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here