Spesifikasi PC untuk Komputer Keperluan Editing

Berita Pekanbaru Terupdate – Pengeditan video & foto sangat penting bagi videografer dan fotografer. Jika Anda memperhatikan dengan benar, ada banyak sekali perangkat lunak pengeditan video yang dapat memberi Anda hasil kualitas terbaik, tetapi terkadang ada perangkat yang tidak sepenuhnya mendukung seperti yang seharusnya. Anda memerlukan PC pengeditan video yang powerful yang dapat menahan kemampuan beberapa perangkat lunak untuk dijalankan.

Di sinilah Anda harus mempertimbangkan pembelian PC terbaik untuk mengedit video. PC kelas atas akan mengelola rekaman resolusi tinggi tanpa memperlambat seluruh sistem. Dalam postingan ini, Anda akan mengetahui beberapa spesifikasi teknis menarik yang dibutuhkan komputer pengeditan video berkualitas baik. Berikut adalah spesifikasi untuk meningkatkan dan mempercepat kinerja pengeditan video Anda.

Sistem Operasi

Sebelum Anda dapat mencari spesifikasinya, Anda harus jelas tentang sistem operasi yang ingin Anda gunakan. Ada beberapa perangkat lunak yang kompatibel dengan Windows dan juga Mac. Mengoperasikan perangkat lunak tertentu seperti Final Cut Pro hanya tersedia di Mac OS. Dengan demikian, Anda harus mengetahui kompatibilitas setiap perangkat lunak dengan sistem operasi PC Anda.

Setelah Anda jelas dengan hal di atas, Anda dapat mulai mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kekuatan pemrosesan, resolusi layar, penyimpanan, dll. Beberapa spesifikasi umum yang harus diperhatikan saat membeli komputer untuk mengedit video adalah sebagai berikut;

RAM / Memori

Random Access Memory (RAM) memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa program secara bersamaan. Baik Anda mengedit email, dokumen, atau gambar, semua tugas ini memerlukan memori untuk menyimpan Ike yang Anda edit. Namun, ada batasan tertentu saat mengedit video di komputer. Anda, secara default, membutuhkan setidaknya 16GB RAM untuk menikmati pengalaman pengeditan yang layak.

Jika Anda mengerjakan animasi atau kualitas 8K, RAM 64 GB bisa sangat berguna. Dengan kata sederhana, semakin banyak RAM semakin baik pengalaman mengedit. Menurut pendapat kami, Anda harus memilih komputer yang memiliki kapasitas memori minimal 16GB hingga 32GB. Ini tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Ini adalah kapasitas RAM optimal yang Anda perlukan dalam mengedit video. Anda akan dapat menjalankan beberapa program dan tetap memiliki fungsi yang stabil selama Anda bekerja.

Penyimpanan

Ini adalah komponen lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli komputer untuk mengedit video. Untuk penyimpanan data Anda akan memiliki dua pilihan: SSD dan HDD. Kedua opsi ini luar biasa untuk pengeditan video dan foto tetapi SSD yang setidaknya 512 GB atau lebih, lebih disukai daripada HDD. SSD dapat Anda gunakan sebagai tempat sistem komputer bekerja, sedangkan HDD dapat berfungsi dengan baik untuk menyimpan rekaman atau pengarsipan video yang tidak digunakan.

Baca Juga: Satu Manfaat Memiliki Halaman Facebook yang Diabaikan Kebanyakan Pemilik Bisnis

Prosesor

Keberhasilan pengeditan video profesional tergantung pada seberapa efisien CPU Anda. Sekarang fokus utama kiat adalah pengeditan video, kami akan mengatakan semakin banyak core CPU yang Anda miliki, semakin baik kinerja pengeditan video.

Saat ini, sebagian besar prosesor di pasar cukup kuat untuk mengedit video. Bergantung pada jenis beban kerja yang Anda lakukan di komputer, Anda mungkin memerlukan lebih banyak core CPU, misalnya, melakukan stabilisasi atau efek warp. Rekomendasi minimal kami adalah:

  • Intel Core i7-12700(K) atau i7-11700(K)
  • AMD Ryzen 7 5800X

Intel Core i5 dan Ryzen 5 akan bekerja dengan baik jika Anda kekurangan anggaran, jika tidak, Intel Core i9 dan Ryzen 9 akan menjadi investasi yang sangat baik untuk pengeditan video resolusi tinggi di masa depan.

Kartu Grafis

Kartu grafis atau VGA adalah salah satu komponen PC yang paling penting dalam hal pengeditan video, terutama yang memiliki VRAM berkapasitas tinggi. Perangkat lunak pengeditan profesional modern mampu memanfaatkan GPU untuk akselerasi perangkat keras selama pengeditan serta rendering.

Rekomendasi kami adalah untuk mendapatkan GPU NVIDIA karena sebagian besar suite pengeditan bekerja relatif baik dengannya. Anda dapat memulai dengan RTX 3060 dengan VRAM 12GB meskipun bandwidth memori sedikit lebih rendah. Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda dapat memilih kartu grafis kelas atas seperti RTX 3070 atau RTX 3080.

Resolusi dan Ukuran Layar Monitor

Salah satu komponen yang paling diabaikan, ketika seseorang membangun PC, adalah monitor. Karena kita mendapatkan komputer pengedit video, tampilan menjadi lebih penting dari sebelumnya karena resolusi tinggi dan panel warna yang akurat akan secara langsung mempengaruhi hasil video.

Memilih monitor seperti melangkah ke lubang kelinci yang dalam dengan pilihan tanpa akhir. Sekali lagi, Anda harus memilih yang sesuai dengan anggaran Anda. Pertimbangan nomor satu adalah reproduksi warna setidaknya 99% sRGB color gamut.

Meskipun ukuran layar cukup subjektif untuk pengaturan dan preferensi pribadi Anda, ukuran layar minimum yang disarankan adalah 24 inci. Monitor ultra wide juga merupakan pilihan yang bagus karena Anda dapat menampilkan gambar yang lebih panjang di layar. Jika ruang meja Anda memungkinkan, pengaturan multi-monitor disarankan karena Anda dapat menampilkan lebih banyak jendela secara bersamaan.

Pengeditan video akan berjalan sempurna selama Anda memiliki perangkat yang tepat. Jika Anda berencana untuk menyesuaikan atau membuat PC Anda sendiri khusus untuk mengedit video dan bermain game, kami sarankan Anda melihat kembali artikel ini dan menekankan RAM, penyimpanan, CPU, GPU, dan monitor. Jika pilihan Anda benar, PC akan melayani Anda dengan baik selama bertahun-tahun untuk mengedit.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terbaru yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here