Pentingnya Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Mobil Bekas Anda
Pentingnya Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Mobil Bekas Anda

Dang Merdu – Dengan asuransi mobil bekas, finansial akan sangat terbantu karena biaya kerusakan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Untuk mendapatkan produk asuransi yang tepat, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan guna meminimalisir kasus salah beli produk yang kerap kali terjadi.

 

  1. Memahami Jenis Asuransi Mobil Bekas

 

Pada umumnya, terdapat dua jenis produk asuransi yang bisa dibeli di pasaran yaitu TLO dan all risk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang otomatis mempengaruhi klaim.

 

  1. Mengecek Performa dan Usia Kendaraan

 

Namanya kendaraan bekas, performanya sudah pasti kurang oke jika dibandingkan dengan kendaraan baru. Sebelum membeli produk asuransi yang bagus, cek dulu performa kendaraan secara menyeluruh. Khususnya di bagian mesin kendaraan karena disinilah kunci performa tersebut.

 

Khusus untuk kendaraan yang sudah tua dan kurang bagus performanya, perusahaan asuransi bisa saja menolak permohonan pendaftaran karena risiko kerusakan pada mobil terlalu tinggi. Jika seandainya diterima, maka akan ada beberapa hal yang dikecualikan dalam polis asuransi mobil.

 

Penting untuk memberikan perawatan ekstra untuk mobil bekas sebelum maupun sesudah diasuransikan. Jangan mentang-mentang dilindungi asuransi, kamu bisa abaikan perawatan pada mobil tersebut.

 

  1. Pindah Tangan Nama Polis

 

Untuk pembelian mobil bekas yang cicilannya belum dilunasi oleh pemilik sebelumnya, kamu perlu melakukan proses balik nama polis asuransi. Tujuannya untuk memudahkan proses klaim karena sewaktu klaim, kamu mesti melampirkan dokumen pendukung sebagai salah satu persyaratan.

 

Pindah tangan polis membutuhkan waktu pemrosesan tertentu, biasanya selama hari kerja berlangsung. Di luar daripada itu, maka proses dinyatakan pending dan akan dilanjutkan pada hari berikutnya.

 

Berbeda halnya jika cicilan mobil sudah dilunasi atau mobil dibeli secara tunai oleh pemilik sebelumnya, kamu tidak perlu mengganti nama polis. Kamu dapat membeli asuransi lain di perusahaan berbeda menggunakan nama pribadi, jadi manfaatnya bisa digunakan untuk mengcover biaya medis pribadi jika terjadi kecelakaan.

 

Baca juga : Cara Mudah dalam Mengajukan Pembuatan SIM C

 

  1. Pilih Produk Berdasarkan Lokasi

 

Maksudnya adalah produk asuransi yang dibeli disesuaikan dengan alamat tempat tinggal atau domisili kamu. Sebab, tiap wilayah dikenakan premi yang berbeda-beda.

 

Jangan karena salah memilih wilayah, kamu mengalami kesulitan saat mengajukan klaim atau terpaksa menerima kenyataan kalau klaim ditolak. Sangat disayangkan mengingat biaya perbaikan mobil tidak “semurah membeli kacang goreng”.

 

Jika wilayah yang dipilih di Jakarta, maka premi yang dibayar mengikuti persentase di wilayah Jakarta dan disesuaikan dengan total harga beli kendaraan. Akan ada persentase berbeda juga jika kamu menginginkan uang pertanggungan yang besar.

 

  1. Gunakan Produk Kombinasi

 

Kombinasi yang dimaksud disini adalah gabungan antara produk TLO dan all risk untuk memaksimalkan manfaat asuransi. Jika sebelumnya kamu beli produk all risk dan ingin ganti ke TLO, maka sah-sah saja.

 

Keinginan untuk berganti produk ini malah disarankan mengingat usia mobil yang sudah bertambah tua seiring dengan pemakaian. Jadi, kamu akan semakin diringankan finansialnya karena premi yang dibayarkan pada tanggal jatuh tempo berikutnya lebih murah.

 

Penggantian produk asuransi dapat dilakukan melalui agen atau customer service. Akan ada formulir yang perlu diisi juga, jadi hal ini tidak bisa diwakilkan.

 

Hal-hal yang Dikecualikan dalam Asuransi Mobil Bekas

Berbicara mengenai asuransi, tentu ada beberapa pengecualian yang tidak dicover oleh perusahaan, diantaranya :

 

Penanggung tidak memberikan uang pertanggungan jika terjadi kecelakaan kepada pengemudi (bukan polis) maupun pihak ketiga yang dirugikan

Kerusakan akibat penggelapan

Kerusakan jika mobil beralih fungsi ke hal lain, misalnya mobil pribadi digunakan untuk mengangkut barang

Pemakaian yang dipaksakan

Jika mobil rusak akibat melintasi zona terlarang

Dengan memperhatikan pengecualian tersebut, maka penolakan saat mengajukan klaim dapat diminimalisir. Jadi, kamu tidak merasa dirugikan sedikitpun oleh asuransi.

 

Baca Berita Nasional Terbaru Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here