membersihkan badan dengan air disebut

membersihkan badan dengan air disebut

jawab

Membersihkan badan dengan air disebut thaharah atau bersuci. thaharah adalah bersuci dengan air atau debu dengan tujuan menghilangkan segala hadas di tubuh sebelum menunaikan sholat dan ibadah lainnya yang mengharuskan kita dalam keadaan suci.

PEMBAHASAN

Adik-adik yang sholeh, thaharah / bersuci secara bahasa berarti membersihkan atau membebaskan diri dari najis dan kotoran. Secar istilah yang dimaksud thaharah adalah bersuci dengan air atau debu dengan tujuan  menghilangkan segala hadas di tubuh sebelum menunaikan sholat dan ibadah lainnya yang mengharuskan kita dalam keadaan suci.

Jadi , thaharah adalah bersuci untuk menghilangkan segala kotoran baik dibadan, pakaian ataupun tempat ibadah agar sholat serta ibadah seorang muslim menjadi sah.

Dalil Naqli mengenai thaharah :

a. surah al baqarah ayat 222 :

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

________________________________________

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Baca juga  Perhatikan pernyataan berikut! 1. Haji ada wuquf, umroh tidak ada wuquf 2. Haji ada thowaf, umroh tidak ada thowaf 3. Haji ada lempar jumroh, umroh tidak ada lempar Jumroh 4. Haji waktunya bisa kapan saja, umroh waktunya terbatas 5. Haji waktunya terbatas, Umroh waktunya bisa kapan saja Dari pernyataan tersebut perbedaan antara haji dengan umroh adalah ….

b. Rasulullah bersabda : “ Bersuci adalah separuh dari iman. ” ( HR Muslim )

kemudian bersuci ini bila untuk hadas kecil, seperti kentut, setelah buang air kecil atau air besar maka bisa dengan berwudhu atau bertayamum. Sedangkan untuk hadast besar seperti junub ( keluar air mani / mimpi basah ) bisa dengan mandi wajib, yaitu menyiram air keseluruh tubuh dengan tata cara tertentu sesuai sunnah nabi.