Bagaimana Memilih Ponsel Kamera Terbaik: Ukuran Sensor vs Megapiksel

Berita Pekanbaru Terupdate – Jika Anda mencari ponsel baru, kemungkinan besar kamera yang bagus akan menempati peringkat tinggi dalam daftar fitur yang harus Anda miliki. Tapi bagaimana Anda tahu apakah kamera di ponsel itu bagus atau biasa saja? Cara beberapa ponsel dan kamera dipasarkan, Anda akan berpikir bahwa semakin banyak megapikselnya, semakin baik kameranya. Tetapi megapiksel bukanlah cara terbaik untuk menilai kamera ponsel cerdas. Megapiksel dapat menjadi pembeda yang berguna antar model yang berbeda, tetapi ada indikator kualitas kamera lain yang harus Anda ingat saat memilih ponsel cerdas Anda berikutnya.

Anda mungkin melihat jajaran smartphone yang ditawarkan dan bertanya-tanya, “Apakah kamera 12 megapiksel cukup bagus? Berapa megapiksel ponsel kamera tertinggi?” atau Anda mungkin bertanya-tanya “Berapa megapiksel yang saya perlukan untuk mendapatkan gambar yang bagus?”. Di dalam postingan kami kali ini, kami akan mencoba memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan juga memberikan penjelasan mengapa bukan jumlah megapiksel yang paling penting, tetapi seberapa besar piksel tersebut.

Apa itu Megapixel?

1 megapiksel (MP) itu artinya sama dengan 1 juta piksel (lebih tepatnya 1.048.576 piksel). Istilah piksel itu sebenarnya terdiri dari kata picture (gambar) dan element (elemen). Tiap satu dari piksel ini akan menangkap cahaya untuk kemudian mengubahnya menjadi data. Data tersebut kemudian digabungkan untuk memproduksi ulang gambar. Dari sini, Anda mungkin akan berpikir bahwa semakin banyak piksel yang ada pada ponsel maka akan semakin detail gambarnya, tetapi belum tentu begitu adanya.

Data yang dikumpulkan terdiri dari informasi baik dan buruk. Informasi buruk inilah yang kita sebut sebagai “noise”, yaitu penampakan berbintik, berwarna rendah, dan jenuh. Kamera dengan 8 megapiksel akan menangkap 8 juta piksel, dan kamera dengan 12 megapiksel akan bisa menangkap 12 juta piksel.

Sebagian besar kamera ponsel saat ini menawarkan minimal 12MP. Ada beberapa pengecualian, seperti yang akan kita bahas di bagian ponsel dengan kamera megapiksel tertinggi di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Instagram untuk Usaha Kecil Berkembang

Apakah Lebih Baik Memiliki Lebih Banyak Megapiksel?

Apakah lebih tinggi jumlah megapiksel-nya maka akan berarti kualitas foto menjadi lebih baik? Belum tentu. Apabila Anda membandingkan antara ponsel kamera 8MP dengan ponsel berkamera 12MP, mungkin gambar yang bisa Anda ambil dengan kamera 12MP akan bisa lebih baik, tetapi mungkin juga bisa lebih buruk jika ukuran sensornya sama saja. Jika kedua ponsel memiliki sensor berukuran identik maka piksel pada ponsel 12MP harus lebih kecil agar pas.

Masalahnya di sini adalah piksel yang lebih kecil lebih terpengaruh oleh noise. Ini karena meskipun ukuran piksel apa pun mengumpulkan jumlah noise yang sama, piksel yang lebih besar juga mengumpulkan lebih banyak data “baik” lain yang diperlukan untuk membuat ulang gambar.

Alasan lain mengapa Anda tidak perlu menginginkan lebih banyak megapiksel adalah ukuran file. Semakin banyak megapiksel, semakin besar ukuran file dan semakin banyak ruang yang akan diambil gambar di ponsel Anda. Jika ponsel Anda memiliki penyimpanan terbatas maka ukuran file yang lebih kecil akan lebih tepat. Gambar besar juga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diunggah.

Poin terakhir ini mungkin tidak terlalu menjadi masalah karena ada format gambar baru yang digunakan yang mengurangi ukuran file. Apple telah mengganti JPEG dengan format file HEIF untuk foto dan format video HEVC (H.265). Jenis file ini memberikan kompresi yang lebih baik, lebih efisien. Tetapi ukuran dari foto dan video memakan lebih sedikit ruang.

Alasan lain mengapa megapiksel mungkin tidak penting adalah rencana Anda untuk foto yang Anda ambil. Apakah Anda akan mengunggahnya ke Facebook atau Instagram? Mencetaknya? Menampilkannya di layar TV Anda? Atau menempelkannya di papan reklame di satu tempat yang ramai? Jika Anda hanya ingin mengunggahnya ke jejaring sosial, atau membagikannya melalui email atau pesan, maka ukuran sebenarnya tidak penting (sebenarnya mungkin lebih baik jika ukurannya lebih kecil karena mengunggahnya akan memakan waktu lebih sedikit).

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terupdate yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here