6 Pertanda Jika Oli Mesin Mobil Anda Tekor serta Penyebabnya
6 Pertanda Jika Oli Mesin Mobil Anda Tekor serta Penyebabnya

Berita Pekanbaru – Seperti yang kita ketahui, jika oli atau pelumas itu memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga performa mesin baik itu motor mau pun mobil. Jika oli mesin mobil tekor tentu akan berdampak terhadap kinerja dari mesin yang tak menjadi optimal.

Untuk mengetahui oli mesin berkurang atau kualitasnya yang telah menurun tentu mudah. Salah satunya dengan mengetahui melalui indikator oli yang terdapat pada MID kendaraan yang berkedip.

Disarankan untuk tak menunggu hingga hal tersebut terjadi, segeralah lakukan penggantian oli mesin sebelum mendapatkan peringatan tersebut.

Berikut ini adalah 6 pertanda jika oli mesin mobil mulai berkurang.

1. Suara Mesin Mobil Menjadi Kasar

Jika oli mesin mobil tekor akan dapat menyebabkan suara mesin menjadi kasar ketika dinyalakan. Hal tersebut juga akan menjadi indikasi jika oli mesin telah terkontaminasi oleh kotoran dan panas yang berasal dari ruang pembakaran.

Baca juga : Mitsubishi New Xpander Cross Dengan Honda BR-V Mana Yang Lebih Unggul?

Apabila kualitas oli yang menurun atau volumenya yang sudah semakin sedikit tentu tidak akan optimal dalam melumasi tiap gesekan yang terjadi pada komponen yang ada pada mesin mobil. Hal tersebutlah yang akan menyebabkan suara mesin menjadi lebih kasar.

2. Lampu Indikator yang Menyala

Tanda yang paling terlihat jika oli mesin mobil anda tekor adalah lampu indikator oli akan berkedip. Yang artinya harus dibawa segera ke bengkel untuk dilakukan penggantian oli.

Akan tetapi, tak sedikit yang terjadi pada saat oli mesin mobil berkurang namun lampu indikator tidak menyala.

Jadi, sebaiknya periksa kondisi oli mesin mobil secara manual sebelum digunakan untuk beraktivitas.

3. Asap Knalpot Berwarna Pekat

Salah satu pertanda jika oli mesin mobil anda masih dapat bekerja dengan normal akan terlihat dari kepulan asapnya.

Jika asap yang dikeluarkan oleh knalpot transparan atau tak berwarna akan menandakan jika oli mesin mobil masih baik baik itu kualitas ataupun volumenya.

Namun, apabila asap knalpot ngebul dan warnanya begitu pekat akan menandakan jika terdapat penguapan oli yang juga ikut terbakar pada ruang pembakaran.

Biasakan untuk mengamati asap yang dikeluarkan oleh knalpot pada saat mesin mobil dinyalakan. Hal tersebut menjada salah satu cara untuk mengidentifikasi oli mesin yang masih dalam keadaan bagus atau memang sudah harus diganti.

4. Tarikan Menjadi Berkurang

Ciri lainnya yang akan dirasakan seperti performa mesin itu sendiri, dimana mesin tidak akan bekerja dengan optimal jika oli sudah sangat kotor atau bahkan volumenya yang berkurang sehingga tak dapat melindungi komponen mesin yang sedang bekerja. Dampaknya, tarikan mobil akan menjadi kurang responsif dikarenakan kinerja antar komponen tersebut menjadi lebih berat.

5. Pada Dipstick Menunjukkan Garis Tanda Oli Mesin Di Bawah Low

Periksalah secara manual dengan membuka kap mesin mobil, lalu keluarkan dipstick oli dan lakukan pengecekan apakah posisi oli masih dalam ketinggian yang normal atau bahkan sudah berada pada garis L.

Jika volume oli mobil berada di bawah gari L pada dipstick, disarankan untuk melakukan pengisian ulang oli mobil. Jangan biarkan terlalu lama, karena dapat menyebabkan biaya perawatan yang jauh lebih besar nantinya dibanding biaya penggantian oli.

6. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Ciri yang terakhir ialah mesin mobil akan menjadi sulit untuk dinyalakan. Apabila mesin mobil kekurangan pelumas tak hanya suara mesin kasar, tenaga yang berkurang tetapi juga akan membuat mesin mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.

Penyebab Oli Mesin Mobil Menjadi Tekor

Apabila sudah diketahui beberapa pertanda jika oli mesin mobil tekor, perlu juga untuk diketahui apa saja hal yang dapat menyebabkan oli atau pelumas mein mobil berkurang.

1. Kebocoran Oil Plan

Jika terjadi kebocoran pada oil plan akan menjadi salah satu penyebab oli mobil anda berkurang. Oli plan juga berfungsi sebagai wadah oli yang juga berfungsi untuk melumasi seluruh komponen mesin.

2. Kebocoran Drain Plug

Oli mobil juga bisa berkurang apabila terjadi kebocoran pada drain plug. Drain plug merupakan komponen yang berfungsi untuk membuang oli yang ada di dalam mesin dimana komponen tersebut memiliki bentuk baut yang dilengkapi dengan seal khusus.

Kebocoran pada drain plug juga bisa disebabkan karena usia mesin dan sering pula dibongkar pasang pada saat suhu mesin masih dalam keadaan panas. Apabila drain plug bocor, untuk sementara waktu anda dapat melakukan penggantiannya dengan menggunakan karet seal.

3. Kondisi Mesin yang Kurang Baik

Apabila kondisi mesin mobil yang kurang baik juga dapat menjadi salah satu penyebab berkurangnya oli mobil. Kondisi tersebut juga dapat terjadi dikarenakan adanya kerusakan pada beberapa bagian komponennya, seperti kerusakan pada ring piston, seal klep atau bahkan blok mesin yang retak.

4. Penguapan Oli

Penguapan pada oli juga akan dapat membuat volume oli mobil berkurang dengan cepat. Penguapan tersebut terjadi ketika suhu mesin mobil tinggi atau mobil anda mengalami overheat yang diakibatkan pada sistem pendingin mesin yang tak dapat bekerja dengan maksimal.

Kualitas dari oli yang kurang baik juga dapat menjadi salah satu penyebab dari penguapan oli, sehingga oli menjadi lebih cepat habis.

Untuk informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here