Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR
Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR

Berita Pekanbaru Terbaru – KTM baru-baru ini diketahui telah menghadirkan supercar X-Bow GT-XR degan rancangan yang diklaim lebih baik dari generasi-generasi terdahulunya dan yang menarik lagi jika supercar rakitanya tersebut sudah mendapatkan status road legal yang ternyata setara dengan mobil balap GT2.

Di dunia balap atau otomotif sendiri nama KTM itu bukanlah sebuah nama yang baru lagi terlebih untuk sektor roda dua. Perusahaan yang berasal dari Austria tersebut mempunyai berbagai macam motor kencang yang terdiri dari berbagai macam genre.

Akan tetapi, di luar itu perusahaan tersebut pula mengembangkan kendaraan roda empat yang juga berorientasi kepada performa. Belum lama ini KTM telah menghadirkan sebuah supercar yang diberi nama X-Bow GT-XR.

Baca juga : Cara Mencegah Rem Mobil Anda Bermasalah Ketika Sedang Berkendara

Berdasarkan dari berbagai sumber mengatakan jika supercar rakitan KTM tersebut hadir dengan bodi yang monokok dan dibalut dengan bahan serat karbon sehingga membuat bobot dari mobil terbaru KTM tersebut sangat lah ringan. Serta dipadukan dengan dukungan sasis tubular pada bagian bawahnya.

Mengusung desain bodi yang tampak begitu jelas kesan agresif dengan perpaduan dari berbagai komponen yang secara fungsional mampu untuk memaksimalkan down force.

Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR
Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR

Tak hanya itu saja yang dapat terlihat oleh mata, seperti halnya rear wing, rear diffuser atau front splitter, akan tetapi bagian bawah atau lantai dari supercar tersebut turut didesain sedemikian rupa agar dapat mengamankan angin yang masuk ke dalam supercar tersebut.

Hadir dengan kanopi ala-la Batmobile, mobil tersebut dikatakan sebagai super sport car yang paling tanpa kompromi untuk dapat melibas jalanan.

Coupe low slung tersebut dapat dikatakan merupakan puncak dari sejara X-Bow dimana sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu. Bobot kering yang dimiliki oleh mobil tersebut hanya mencapai 1.250 kilogram saja atau setara dengan 2.755 pon.

Untuk kanopinya yang telah disebutkan tadi dapat dioperasikan secara elektrik dan juga mempunyai fungsi yang soft-close layaknya pintu dan bagasi pada mobil mewah.

Dan mobil tersebut juga menggunakan penggerak roda belakang serta menawarkan diferensial selip terbatas yang digunakan untuk pengiriman daya optimalnya.

Spesifikasi KTM X-Bow GT-XR

Sebagai sumber tenaganya, supercar tersebut didukung oleh mesin Audi dengan kapasitas 2.500 cc turbo 5 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 500 hp dengan torsi puncaknya sebesar 581 Nm.

Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR
Intip Supercar Road Legal Pertama Milik KTM, X-Bow GT-XR

Kemudian mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 7 percepatan dual clutch yang mampu memberikan tenaga pada roda belakang yang didukung dengan limited slip differential.

Untuk gambaran terhadap performa dri supercar tersebut yang mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam yang hanya membutuhkan waktu 3,4 detik saja dengan top speed 280 km/jam.

Supercar tersebut tak hanya dirancang untuk ngebut di sirkuit saja, tetapi mobil yang satu ini juga dikatakan cocok untuk digunakan di jalan raya. Dan fakta menarik menarik dari supercar tersebut ialah merupakan model pertama KTM X-Bow yang sudah mendapatkan status road legal.

Hal tersebut nyatanya tak lepas dari keberadaan tangki bahan bakar yang memiliki kapasitas yang lebih besar yang mampu menampung bahan bakar hingga 96 liter yang mampu menempuh jarak hingga 621 mil (1.000 kilometer).

elektrik power steering, sistem hydraulic lift yang mampu digunakan untuk mengangkat ground clearance mobil tersebut.

Sebagai informasi tambahan, jika KTM X-Bow ternyata sudah diperkenalkan sejak tahun 2008. Untuk generasi pertamanya yang hadir dengan mengusung desain atap terbuka. Kemudian hadir generasi selanjutnya yaitu GT4 yang sudah menggunakan atap kemudian disusul oleh GTX. Sejak awal model-model yang diperkenalkan tersebut hanya berstatus track use only, dimana pada generasi kali ini KTM X-Bow baru dapat digunakan untuk melintas di jalanan raya umum.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terbaru hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here