5 Tips Instagram untuk Usaha Kecil Berkembang

Berita Pekanbaru Terkini – Apa yang Anda lihat terakhir kali Anda menggulir feed Instagram Anda? Jika Anda seperti kami, Anda dibombardir dengan selfie, gambar makanan yang tampak lezat, video hewan peliharaan orang, dan berbagai quote yang inspirasional. Dan mungkin tidak terlalu banyak postingan menarik dari usaha kecil.

Fakta yang menyedihkan adalah bahwa banyak usaha kecil bahkan tidak ada di Instagram. Seringkali, mereka tidak ingin belajar bagaimana menggunakannya atau mereka tidak berpikir itu akan membantu mereka meningkatkan bisnis mereka. Tapi mereka salah. Instagram dapat membantu bisnis kecil Anda sukses.

Jadi, mari kita bicara tentang beberapa cara Anda dapat menggunakan Instagram untuk bisnis kecil Anda. Agar secara efektif terlibat dengan audiens Anda dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari upaya pemasaran media sosial Anda.

1. Temukan, Ikuti, dan Berinteraksi dengan Pelanggan Ideal Anda

Menemukan pelanggan ideal Anda di Instagram tidak terlalu sulit. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat akun yang mengikuti bisnis yang serupa dengan bisnis Anda. Jika mereka mengikuti akun untuk bisnis tersebut, maka mereka mungkin akan tertarik dengan apa yang ditawarkan bisnis Anda juga.

Misalnya, jika Anda seorang guru kebugaran yang menjual kursus penurunan berat badan online, Anda pasti ingin mengikuti beberapa orang yang mengikuti guru kebugaran populer. Jika Anda seorang agensi marketing, Anda pasti ingin mengikuti beberapa orang yang mengikuti agen pemasaran yang populer. Anda mendapatkan gambarannya.

Sekarang, jangan salah paham tidak semua orang yang Anda ikuti akan mengikuti Anda kembali. Tetapi beberapa dari mereka akan melakukannya, dan ada kemungkinan besar mereka akan terlibat dengan Anda jika Anda mengupload konten yang tepat. Kemudian, Anda dapat mulai berinteraksi dengan orang-orang tersebut dengan mengomentari foto mereka, menyukai foto mereka, dan bahkan mengirimi mereka pesan langsung.

2. Buat Konten yang Menarik Bagi Audiens Target Anda

Anda tahu audiens target Anda, tetapi apakah Anda tahu konten seperti apa yang akan membuat mereka terlibat dengan merek Anda di Instagram? Jika tidak, saatnya untuk mulai meneliti. Lihat akun pesaing Anda, dan cari tahu jenis foto mana yang paling banyak menghasilkan engagement. Tentu saja, Anda tidak ingin mencuri foto-foto itu, tetapi Anda pasti dapat menggunakannya sebagai inspirasi saat membuat postingan Anda sendiri.

Jika Anda tidak yakin konten seperti apa yang akan diposting di Instagram, berikut beberapa idenya:

  • Video di balik layar
  • Quote inspirasional
  • Selfie karyawan
  • Gambar postingan di blog
  • Bocoran produk
  • Cara penggunaan produk

Cobalah beberapa (atau semua) ini, dan lihat apa yang paling banyak menghasilkan engagement. Kemudian, Anda dapat mengubah strategi posting Anda berdasarkan apa yang paling disukai audiens Anda.

Baca Juga: Review POCO M5: Ponsel Terbaik 2022 di Bawah 3 Juta

3. Isi Bio Anda Secara Strategis

Instagram bukan LinkedIn, ini jauh lebih santai. Itu berarti Anda tidak perlu menulis biografi yang kaku dan membosankan yang penuh dengan jargon bisnis. Sebaliknya, pilihlah nuansa yang lebih ringan untuk merek Anda. Pikirkan tentang pelanggan ideal Anda, dan tulis bio Anda dengan cara yang menarik bagi mereka. Anda dapat menggunakan emoji, spasi vertikal, dan trik lain untuk membantu bio Anda menonjol dari yang lain.

4. Posting Foto Berkualitas Tinggi

Jangan khawatir, Anda tidak memerlukan keahlian fotografi profesional atau bahkan kamera yang bagus untuk melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah kamera iPhone Anda. Berikut adalah beberapa tips fotografi DIY yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas foto Anda:

  • Gunakan cahaya alami untuk keuntungan Anda. Jika Anda memotret di luar ruangan, cobalah untuk mengambil foto di sore hari saat pencahayaan terbaik. Jika Anda berada di dalam ruangan, cukup buka jendela dan Anda siap mengambil gambar terbaik!
  • Jangan gunakan kamera menghadap ke depan jika Anda bisa. Menggunakan kamera belakang pada ponsel pintar Anda akan menghasilkan foto dengan resolusi lebih tinggi.
  • Edit foto Anda. Jangan menggunakan filter default yang disertakan dalam aplikasi Instagram! Sebagai gantinya, unduh aplikasi pengeditan foto dan buat beberapa penyesuaian hingga foto Anda terlihat seperti diambil oleh seorang profesional.

5. Gunakan Hashtag (Tagar atau Tanda Pagar)

Saat Anda menggunakan tagar, pikirkan kata-kata apa yang mungkin dicari oleh target pasar Anda yang juga berlaku untuk foto Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan blog kewirausahaan dan memposting quote inspirasional ke akun Instagram Anda, Anda dapat mencoba menggunakan tagar seperti #entrepreneur dan #mondaymotivation. Jangan berlebihan dengan hashtag Anda. Jika Anda menyertakan 15+ tagar setiap kali Anda memposting foto, Anda akan terlihat seperti melakukan spam, yang akan merusak merek Anda. Percayalah, itu tidak sebanding dengan jumlah “likes / love” yang Anda dapatkan.

Jadi, berapa banyak hashtag yang harus Anda gunakan? Cobalah bertahan dengan 3 hingga 5 tagar per postingan. Dengan begitu, Anda dapat menyertakan tagar yang cukup untuk mendorong keterlibatan tetapi tidak terlalu banyak sehingga akun Anda terlihat konyol.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terbaru yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here