Dang Merdu – Merupakan salah satu keuntungan bagi para fotografer untuk mempermudah proses pemotretan karena dapat digantinya komponen Lensa pada perangkat Kamera Digital DSLR dan Mirrorless. Namun jika frekuensi penggantian Lensa yang terlalu tinggi ternyata dapat juga menimbulkan sebuah masalah yang cukup membahayakan apabila tidak langsung ditangani.

Memiliki potensi masuknya debut ke dalam bodi Kamera dan menempel pada sensor, apabila sedang melepas dan memasangkan Lensa ke badan Kamera Digital. Jika hal ini terjadi, maka debu yang menempel tersebut akan terus menempel pada sensor dan apabila dibiarkan pastinya akan berpengaruh dan akan memberikan dampak yang kurang baik untuk setiap hasil foto.

Beberapa dari noda yang kecil memang tidak akan terasa, namun dengan seiringnya waktu noda tersebut dapat memberikan efek noda dan bayangan atau efek yang tidak mengenakan yang jauh lebih parah. Agar kondisi Kamera Digital dan juga hasil foto kamu tetap maksimal dalam kasus ini ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.

Yang pertama yaitu pastikan apabila hal tersebut memang benar-benar karena noda dan bukan karena pengaturan ISO yang terlalu tinggi sehingga mengakibatkan noise. Untuk memastikan penyebabnya, kamu dapat melakukan pengambilan gambar berulang kali dan lihat jika noda debu dan bayangan tersebut selalu muncul di tempat yang sama. Sudah dipastikan permasalahan tersebut benar dikarenakan debu.

Kamu juga bisa menggunakan aperature yang kecil misalkan f/16 atau lebih kecil. Biasanya dengan pengaturan ini noda-noda bisa terlihat dengan cukup jelas.

Jangan panik, ketika sudah dipastikan memang benar ada noda debu yang masuk kedalam bodi dan tertinggal di sensor. Hal tersebut memang wajar bahkan para fotografer profesional pun sering mengalami hal ini. Kamu hanya tinggal melakukan pembersihan dengan cara yang sederhana dan aman.

Dengan pembersihan noda debu ini mengharuskan kamera bekerja dengan sensor yang terekspose. Walaupun secara langsung tidak kamu akan melakukan kontak dengan sensor (karena adanya filter), tetap saja kamu akan berhadapan dengan sistem optik yang sangat sensitif.

Jangan pernah menyentuh sensor tanpa peralatan yang memang didesain khusus untuk pembersihan sensor itu hal yang sangat perlu diperhatikan. Jangan pernah sekalipun menggunakan jari ataupun alat lainnya seperti cotton bud. Menggunakan Cutton Bud memang akan menghilangkan noda tapi justru malah akan meninggalkan serat dan noda lainnya pada sensor. Sebaiknya belilah alat-alat pembersih yang khusus yang telah tersedia di toko-toko Kamera.

Baca Juga : Tips Praktis Membersihkan debu pada sensor kamera

Untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana mode pengaturan saat pembersihan sensor, baca kembali buku manual Kamera yang kamu miliki untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana mode pengaturan saat pembersihan sensor. Mode pengaturan ini akan mengangkat mirror supaya kita dapat membersikan sensor. Dan jangan pernah sekalipun menggunakan mode long exposure (Bulb). Jika menggunakan mode tersebut ada kemungkinan mirror secara tidak sengaja akan menutup, dan alat pembersih yang masih digunakan akan merusak sensor secara permanen.

Kadang menggunakan blower saja tidak cukup untuk membersihkan noda debu. Nah, kamu juga bisa menggunakan kuas khusus untuk menghilangkan noda-noda yang cukup bandel. Teknik pembersihan dengan menggunakan kuas atau sikat membutuhkan tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang lebih. Maka dari itu, jika kamu belum pernah melakukannya atau kamu masih cukup ragu untuk melakukannya maka sebaiknya jadikan langkah tersebut menjadi pilihan terakhir yang harus dilakukan.

Untuk mencegah hal ini sering terjadi maka perhatikan tempat ketika akan mengganti lensa, dan pilihlah tempat yang lebih aman seperti berada di dalam ruangan, jauh dari pintu atau jendela, serta jauh dari sumber kontaminasi debu seperti manusia dan hewan.

Pastikan juga ketika akan mengganti lensa, jari atau benda-benda eksternal tidak boleh menyentuh atau menempel pada sensor. Posisikan Kamera tersebut menghadap kebawah kurang lebih selama 10 sampai 20 detik guna untuk memastikan tidak ada benda luar yang tertinggal dan juga merupakan salah satu cara untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada Kamera kesayangan kamu.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here