Dang Merdu – Bagaimana membersihkan debu pada sensor kamera DSLR dan Mirrorless?
Seperti yang kita ketahui kamera DSLR ataupun kamera mirrorles ialah kamera yang mempunyai sebuah resiko paparan debu ke permukaan sensor karena kamera tersebut mempunyai lensa yang dapat diganti-ganti. Tanpa kita sadari debu statis atau bahkan jamur bisa menempel pada permukaan sensor. Hal ini diperparah dengan fakta yang menyatakan bahwa debu ini hanya akan terlihat pada hasil foto dengan bukaan diafragma yang kecil. Jadi kebanyakan orang yang menggunakan kamera DSLR atau mirrorless tidak menyadari di awal kalau sensornya terkena debu.

Bagaimana cara mengecek debu pada sensor kamera?
Seperti sudah dijelaskan di atas, debu yang menempel pada sensor kamera hanya akan terlihat pada bukaan diafragma kecil yang relatif jarang digunakan untuk keperluan memotret secara umum. Untuk mengetahui apakah sensor kamera tersebut mempunyai debu yang menempel di permukaan sensor atau tidak dapat dilakukan dengan dua cara.

1. Cara pertama yaitu dengan melihat secara langsung fisik sensor.
Pada kamera mirrorless, kita bisa melihat secara langsung begitu lensa kamera dilepas. Buka lensa kemudian amati permukaan sensor kamera. Tidak ada cermin yang menghalangi pandangan kita ke sensor kamera.

Untuk kamera DSLR, kita hanya perlu menyingkap cermin dan tirai pengatur kecepatan rana agar sensor terlihat. Bagaimana caranya? Cara pertama yaitu matikan kamera kemudian lepas lensa kamera. Lalu nyalakan kembali kamera dalam posisi keaadan lensa sudah dilepas. Kita hanya cukup masuk ke mode live view untung menyingkap cermin pembalik dan tirai pelepas rana. Pada kamera Canon EOS 450D dapat dilakukan dengan memencet tombol bagian tengah pada pengatur kontrol kamera (tulisan set).

2. Cara kedua yaitu dengan menggunakan foto hasil jepretan pada bukaan diafragma yang kecil.
Set kamera pada bukaan diafragma yang sangat kecil dimiliki lensa kamera (misalnya f/22), lalu arahkan kamera untuk membidik bidang yang putih bersih misalnya kertas atau tembok berwarana putih. Hal ini guna untuk memudahkan identifkasi dari debu yang menempel pada sensor kamera tersebut. Jika ada debu yang menempel pada sensor kamera maka pada hasil foto akan muncul butiran-butiran gelap. Butiran-butiran ini muncul yang diakibatkan adanya debu-debu yang menempel pada sensor kamera. Sebagai bahan perbandingan coba ambil foto yang sama dengan bukaan diafragma lensa yang besar, misalnya F3.5. Butiran-butiran debu tersebut akan tidak terlihat pada bukaan diafragma yang besar.

Bagaimana pengaruh debu yang menempel pada sensor kamera terhadap hasil foto?
Seperti telah dijelaskan di atas, pada saat kita menggunakan bukaan diafragma yang kecil maka debu yang menempel pada sensor akan mengakibatkan munculnya titik-titik debu pada hasil foto. Untuk bukaan diafragma yang besar maka hal ini tidak akan berpengaruh pada hasil foto.

 

Baca Juga : TRIK FOTOGRAFI FREEZING

Bagaimana cara membersihkan sensor kamera dari debu?
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan sensor kamera dari debu, mulai dari cara yang sederhana yaitu dengan meniup sampai dengan dibersihkan dengan cutton bud. Hanya beberapa orang berani melakukan pembersihan ini dengan menggunakan cutton bud yang dibasahi dengan alkohol. Jika anda tidak yakin silahkan bawa ke service senter kamera anda untuk minta dibersihkan.

Bagaimana cara mencegah masuknya debu ke dalam sensor kamera?
Pertanyaan berikutnya yaitu bagaimana cara untuk mencegah masuknya debu kedalam sensor kamera. Berikut ini tips untuk mencegah debu masuk dan menempel pada sensor kamera DSLR maupun mirrorless.

1. Biasakan untuk selalu membersihkan kamera setelah hunting.
Hal ini guna untuk menghindari menempelnya debu pada permukaan body lensa ataupun permukaan body kamera yang berkontak dengan mounting lensa kamera. Pada saat kita melakukan penggantian lensa, debu yang menempel pada area ini bisa pindah ke sensor kamera, jika area ini tidak dibersihkan secara rutin maka.

2. Manfaatkan fitur Cleaning Sensor yang diberikan oleh kamera setelah melakukan beberapa kali pemotretan.
Pada beberapa kamera, fitur ini akan dijalankan secara otomatis pada setiap saat kita mematikan kamera seperti pada kamera Canon EOS 450D yang saya beli tahun 2008. Dan seharusnya fitur ini ada pada setiap kamera dengan lensa yang dapat diganti.

3. Sebaiknya lakukan pembersihan body kamera dan bagian sekitar mounting lensa sebelum mengganti lensa
Hal ini hanya untuk memastikan bahwa tidak ada debu yang menempel pada area kamera tersebut sebelum kita mengganti lensa

4. Sebelum mengganti lensa kamera bersihkan tangan anda.
Di blow dengan udara adalah cara yang sangat praktis untuk menyingkirkan debu-debu yang menempel di tangan anda.

5. Lakukan pengecekan rutin terhadap kemungkinan adanya debu pada sensor kamera.
Jika debu teridentifikasi lebih awal maka relatif lebih mudah untuk dibersihkan. Dengan di blow saja sudah bisa hilang. Jika debu sudah menempel dan lengket pada sensor maka akan susah untuk dibersihkan.

6. Pada tempat yang tidak banyak debunya lakukan penggantian lensa.

7. Posisikan body kamera ke arah bawah untuk menghindari masuknya debu-debu dari atas, pada saat membuka lensa kamera.
Jika kita membuka lensa dengan posisi menghadap keatas maka bisa saja ketombe dari rambut masuk ke sensor kamera tersebut.

Demikian tips yang praktis terkait pengecekan debu di sensor kamera, pembersihan debu pada sensor kamera, pengaruh debu yang menempel pada sensor kamera dan cara mencegah masuknya debu pada sensor kamera.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here