Marquinhos Bantu Arsenal Kalahkan FC Zurich
Marquinhos Bantu Arsenal Kalahkan FC Zurich

Dang Merdu – Akhirnya Arsenal mampu amankan tiga poin penuh saat bertandang ke AFG Arena markas FC Zurich dengan skor tipis 2-1. Pada laga kali ini Arsenal yang diarsiteki Mikel Arteta tampak membuat banyak perubahan dilini serang mereka.

 

Adalah Marquinhos yang diberikan kepercayaan untuk mengisi posisi sayap Arsenal dan akhirnya mampu menjawab tantangan itu dengan predikat sebagai pemain terbaik pada laga ini. Ya, berkat sebuah gol dan assist yang mampu dibuat olehnya pada laga ini.

 

Pemain berusia 19 tahun ini lebih dulu membuka keunggulan Arsenal di menit ke-16. Ia dengan sempurna melakukan first time shoot setelah sebelumnya mencari ruang untuk menerima umpan silang mendatar dari Eddie Nketiah.

 

Marquinhos kemudian membalas jasa Nketiah di menit ke-62. Dari sayap kanan, pemain asal Brasil ini melakukan umpan silang yang akurat dengan kaki kirinya untuk mendarat ke kepala Nketiah.

 

Tambahan tiga poin membuat Arsenal berada di puncak klasemen sementara Grup A Liga Europa 2022/2023. Laga kedua nanti akan berat karena Arsenal harus menghadapi Feyenoord.

 

Laga Debut

 

Pertandingan tersebut menjadi laga debut Marquinhos bersama Arsenal. Ia sendiri baru saja didatangkan dari Sao Paulo pada musim panas ini.

 

Dalam tiga laga terakhir Arsenal di Liga Inggris, Marquinhos sejatinya sudah masuk bangku cadangan. Namun, ia belum diberi kesempatan merumput sebagai pemain pengganti.

 

Sebelum bermain di tim senior, Marquinhos diberikan kesempatan dulu untuk bermain di Arsenal U-21. Hasilnya memukau. Dari tiga laga yang dijalani, ia mencetak tiga gol dan satu assist.

 

Sistem Baru

 

Marquinhos posisi naturalnya adalah seorang sayap kanan. Namun, ia bermain di formasi 3-4-1-2, sistem yang terbilang baru bagi Arsenal di musim ini.

 

Marquinhos ditempatkan di posisi wing back kanan. Karena kekuatan kakinya adalah sebelah kiri, ia dengan mudah melakukan cut inside ataupun in-swing cross.

 

Dengan kata lain, Marquinhos menawarkan satu variasi baru di sistem bermain milik Mikel Arteta. Ia dapat menjadi senjata mematikan di laga-laga lain.

 

Nyaris Dipinjamkan

 

Marquinhos sebetulnya nyaris dipinjamkan pada musim panas lalu, walaupun baru saja didatangkan. Selain karena usianya yang terlampau muda, Marquinhos memang belum dapat banyak kesempatan main di klub sebelumnya.

 

Sao Paulo baru mempromosikannya ke tim senior di musim 2021/2022. Selama musim itu, Marquinhos bermain sebanyak 42 kali di seluruh ajang.

 

Torehan golnya pun tidak buruk-buruk amat sebagai pemain yang masih berusia 18 tahun kala itu. Ia mencatatkan empat gol dan tiga assist.

 

Baca juga : Napoli Hancurkan Liverpool Dilaga Perdana Liga Champions

 

Dianggap Akan Mampu Seperti Gnarby

 

Arsenal pernah menyia-nyiakan bakat yang dimiliki Serge Gnabry. Jauh sebelum bersinar bersama Bayern Munchen, Gnabry pernah tidak terpakai di Arsenal. Bahkan, dia sempat ditolak oleh West Brom.

 

Arsenal, dua musim tersebut, disebut ingin memulangkan Gnabry. Nah, usai melihat laga Arsenal melawan FC Zurich, Martin Keown menilai Arsenal punya pemain yang mirip dengan Gnabry. Pemain itu tidak lain adalah Marquinhos.

 

Di mata Martin Keown, Marquinhos adalah berkah terselubung dari tampilnya Arsenal di Liga Europa. Arsenal acap kali memberi kesempatan pada pemain muda di Liga Europa dan itu akan bagus untuk pemain seperti Marquinhos.

 

Baca Berita Seputar Sepakbola Lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here