Dang Merdu – Saat ini, tantangan paling terbesar yang dihadapi oleh para fotografer yang menikmati pemotretan adalah lockdown. Terjebak di rumah bukan berarti bahwa kalian sebaiknya mengemasi kamera sampai semua ini selesai, salah!

Terlepas karena lockdown atau hanya hujan, ide pemotretan di rumah ini pasti akan memberikan inspirasi buat kaliam semua. Berikut beberapa yang sangat berguna bagi para fotografer yang menjadi tidak produktif selama lockdown, ataupun bagi kalian yang sudah bosan dirumah aja bisa nih ikuti tips kita berikut ini!

Potret Diri
Fotografi potret diri ini dapat dilakukan di rumah atau bahkan di halaman belakang. Potret diri ini mengharuskan perencanaan lokasi, latar belakang, dan pencahayaan dengan hati-hati guna untuk memastikan mendapatkan suasana yang diinginkan dalam foto. Atur kamera pada tripod atau meja dan atur juga komposisinya. Perhatikan latar belakang dan mulailah dengan dinding yang kosong, tirai atau bahkan gantung sprei sebagai latar belakang. Tetapkan aperture yang sempit agar semuanya fokus dan gunakan self-timer kamera untuk mengambil bidikan. Fotolah dalam warna hitam dan putih dengan kontras untuk menonjolkan fitur wajah. Pertimbangkan juga untuk menambahkan beberapa alat peraga yang kreatif.

Foto Pasangan Anda
Apabila kalian terkena lockdown dan ingin sekali mengeluarkan kamera serta mengambil beberapa foto, pasangan Anda atau teman serumah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memulainya. Tidak seperti potret diri, disini kalian harus mengatur adegan dengan model yang sebenarnya dan harus menjelaskan bagaimana mereka duduk dan berpenampilan. Cobalah di berbagai lokasi sambil menyadari latar belakang dan pencahayaannya. Mulailah dari foto kepala atau potrait kemudian mundurlah untuk sebuah foto tubuh bagian atas atau seluruh tubuh dan memanfaatkan juga furniture rumah kalian sebagai background foto.

Baca Juga : Dijamin Bikin Takjub, Tips Bikin Foto Musim Hujan yang Artistik

Foto Hewan Peliharaan Anda
Jika kalian memiliki peliharaan di rumah, mereka akan menjadi peserta yang rela sebagai model dalam pengambilan potret. Anjing dan kucing yang berbeda secara signifikan dalam cara mereka berperilaku dan menanggapi arah foto. asalkan ada camilan, anjing duduk dengan diam untuk mencoba. Sedangkan waktu yang terbaik untuk memotret seekor kucing adalah pada saat mereka sedang bersantai di bawah sinar matahari. Hanya untuk kehangatan Kucing suka mengikuti matahari sepanjang hari dan akan berpindah dari tempat yang diterangi matahari ke ambang jendela yang cerah. Jika Anda memiliki seekor kucing yang suka duduk di ambang jendela yang cerah, maka potretlah dari luar jendela. Manfaat dengan memotret hewan peliharaan yang duduk di bawah sinar matahari adalah kualitas cahaya yang keemasan dan bagaimana ia menyinari subjeknya.

Memotret Benda Hidup dengan Benda yang Ditemukan
Fotografi still-life adalah suatu ide pemotretan rumah brilian lainnya yang sangat menyenangkan untuk disiapkan dan sangat mudah untuk diambil. Abadikan adegan benda mati sebagai bentuk seni – genre ini telah ada selama berabad-abad lamanya dengan lukisan dan gambar. Buatlah pemandangan bunga dalam vas, piring buah, atau objek sehari-hari – pastikan juga untuk selalu mempertimbangkan pencahayaan dan elemen latar belakang.

Lakukan Toy Photography
Apabila Anda memiliki anak atau mengoleksi mainan yang menarik, Anda sudah memiliki subjek yang sempurna untuk fotografi mainan. Ini adalah salah satu ide pemotretan rumah yang sangat menyenangkan karena Anda juga dapat membuat pemandangan yang sangat menarik untuk menampilkan subjek Anda. Mainan adalah barang kolektor yang diinginkan yang dapat membangkitkan nostalgia dan kerinduan akan pengalaman masa muda anda.

Manfaatkan Hujan
Hari hujan biasanya mengakhiri rencana fotografi yang paling ambisius. Beberapa ide dari pemotretan rumah mengubah hari-hari terbasah menjadi kesuksesan yang kreatif. Fotografer jalanan akan memberi tahukan Anda bahwa pemotretan setelah hujan akan membuat jalanan menjadi hidup. Air menciptakan pantulan yang sangat mengkilap di mana-mana dan akan menambah kedalaman pada pemandangan pemotretan Anda. Hal yang sama berlaku untuk fotografi rumah karena taman, jalan setapak, dan jalan Anda memantulkan pantulan.Cara yang bagus untuk menangkap suatu bidikan cermin awan di atas adalah genangan air yang besar.

Selamat mencoba untuk mempraktekan tips-tips diatas yah, dan menjadikan rumah kalian menjadi studio mini!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here