Cara Mencegah Rem Mobil Anda Bermasalah Ketika Sedang Berkendara
Cara Mencegah Rem Mobil Anda Bermasalah Ketika Sedang Berkendara

Berita Pekanbaru Terkini – Rem adalah salah satu piranti yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Dikarenakan fungsinya untuk memperlambat laju kendaraan, seperti mobil sehingga pengendara sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan sebelum mobil dikemudikan.

Apabila rem mengalami masalah, umumnya disebabkan karena pemilik mobil tersebut jarang melakukan perawatan secara rutin atau pula terdapat gangguan pada bagian minyak rem. Untuk dapat menghindari terjadinya kerusakan para rem pada saat mobil digunakan, sebaiknya pengendara melakukan pengecekan secara rutin di bengkel.

1. Kurangi Kecepatan Saat Hujan atau Kondisi Jalanan Basah

Pada saat hujan atau kondisi jalanan yang basah, para pengendara sebaiknya memperlambat laju kendaraannya sehingga dapat menghindari penggunaan rem yang berlebih. Dalam kondisi tersebut, akan dapat menyebabkan kendaraan anda tergelincir apabila menggunakan kecepatan yang tinggi.

2. Periksalah Lapisan Ketebalan Permukaan Ban Mobil

Kondisi dari ketebalan permukaan ban mobil tentu akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari pengereman apalagi pada saat jalanan sedang basah atau licin. Periksalah lapisan ketebalan ban secara rutin terutama pada saat melakukan pengereman yang selalu dilakukan dengan rutin.

Baca juga : Harga BBM Naik, Intip Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru di Indonesia Yang Dapat Dijadikan Pilihan

3. Hindari Mengerem Secara Penuh di Jalan yang Menurun

Untuk menghindari pengereman secara penuh pada saat jalanan yang menurun, sebaiknya gunakan trik Engine Brake untuk memperlambat laju mobil anda dengan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah. Para pengendara juga dapat menggunakan transmisi gigi rendah pada saat anda melintasi jalanan yang menurun serta perpindahan dilakukan juga sebelum turunan tersebut.

Sebaiknya gunakan gigi 1 untuk mobil yang bertransmisi manual dan L, 2 atau 3 untuk mobil yang bertransmisi otomatis.

Jika Rem Tak Berfungsi

Jika mobil anda mengalami rem yang tak berfungsi secara normal pada saat berada di tengah jalan, ada beberapa cara yang harus anda lakukan, seperti:

  • Jangan Langsung Matikan Mesin

Disarankan untuk tak langsung mematikan mesin mobil, karena akan dapat menyulitkan pada saat mengatur dan mengendalikan arah mobil dikarenakan pompa power steering juga akan mati. Sehingga setir akan menjadi lebih berat dan rem juga akan tidak berfungsi dengan baik.

  • Terus Memompa Rem

Langkah yang dapat anda lakukan ialah terus memompa rem mobil agar tekanannya dapat kembali seperti semula. Akan tetapi, pada saat dipompa rem akan terasa lebih berat atau kasar, mungkin terjadi sesuatu pada bagian sistem rem. Disarankan untuk mengurangi laju mobil kemudian hentikan mobil anda ke bagian pinggir jalan untuk dilakukan pemeriksaan pada bagian sistem rem.

  • Jangan Injak Pedal Gas

Sangat dianjurkan untuk tak menginjak pedal gas, karena hal tersebut akan menambah kecepatan mobil menjadi lebih tinggi.

  • Gunakan Rem Tangan

Tariklah rem tangan secara perlahan kemudian rasakan gigitannya pada bagian kaliper roda. Apabila rem sudah dirasa menggigit, kemudian jangan lepaskan dan biarkan hingga laju mobil anda menjadi semakin berkurang. Pengendara pun harus dapat mengatur tekanan rem agar tak sampai kehilangan kendali.

  • Tekan Tombol Klakson dan Lampu Hazard

Langkah yang satu ini juga harus dilakukan untuk memberikan sinyal kepada pengendara yang lainnya agar mengetahui jika rem mobil atau bagian lain dari mobil anda sedang bermasalah.

  • Arahkan ke jalur Evakuasi

Biasanya jalur evakuasi terdapat di Jalan Tol, terlebih pada kondisi jalan tol yang memang menurun. Jika hal tersebut terjadi di jalan tol, sebaiknya arahkan mobil anda ke jalur evakuasi, biasanya jalur evakuasi terdapat pada bagian sisi kiri jalan tol. Kondisi jalan evakuasi berupa jalan menanjak serta pada bagian ujungnya terdapat gundukan tanah atau pula tumpukan ban.

  • Menabrak Benda yang Lunak

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan dengan menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak seperti, gundukan tanah, tumpukan pasir atau ban yang dapat mengurangi atau menghentikan laju kendaraan anda.

Jangan lewatkan informasi lainnya seputar Berita Otomotif Terkini hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here