Dang Merdu – Mengambil foto yang bagus pada  saat turun hujan diperlukan pengetahuan yang cukup agar menghasilkan foto yang menarik dan indah.

Mengambil foto yang bagus pada saat turun hujan diperlukan juga pengetahuan yang cukup agar dapat menghasilkan foto yang menarik dan indah.

Di mata para penggemar fotografi, tanah akan terlihat segar dan jernih setelah hujan lebat. Bunga dan pepohonan dihiasi tetesan air hujan dan segalanya tampak terlihat memancarkan pesona yang unik.

Jadi, apa saja subjek yang pantas untuk difoto pada saat hujan turun?

1. Pemandangan malam.
Ada yang terasa menarik dari pemandangan malam pada saat hujan turun. Foto pemandangan malam yang diambil pada saat hujan akan tampak terlihat begitu cerah karena cahaya dan objek lainnya yang dipantulkan oleh genangan air di tanah.

Jika Anda ingin mengambil foto berwarna, pemandangan malam pada saat hujan terlihat tampak lebih berwarna berkat pantulan cahaya dari genangan air di tanah.

Anda juga dapat menggunakan filter untuk mengambil sebuah foto pemandangan malam yang spesial.

2. Tetesan air.
Berkat pantulan dari air hujan, pemandangan di kejauhan akan terlihat tampak terang dan berkabut. Warna pemandangan akan tertata dengan baik di foto, dan menciptakan kesan yang unik.

Sebagai tambahan dari mengetahui kapan hujan akan turun, sebaiknya Anda juga menggunakan latar yang gelap untuk menonjolkan turunnya air hujan.

Karena kurangnya sinar Matahari, hutan atau gunung akan terlihat tampak gelap dalam cuaca gerimis.

Gerimis membentuk lapisan kabut di depan objek yang gelap, dan objek di kejauhan akan terlihat tampak memiliki warna yang sangat terang dalam cuaca hujan yang berkabut.

Saat mengambil foto pada saat hujan, Anda harus menjaga jarak tertentu antara lensa kamera dengan tetesan air hujan tersebut.

Jika lensa kamera Anda terlalu dekat dengan hujan yang turun, maka setetes air kecil pun dapat menghalangi pemandangan anda di kejauhan, atau menyebarkan cahaya setelah jatuh ke permukaan lensa Anda.

Baca Juga : Trik dan Tips fotografi, Cara Memotret Pada saat Hujan Turun

Walaupun begitu, ini sendiri pun dapat menciptakan efek khusus yang tak disangka-sangka. Jika Anda berada di dalam ruangan, Anda dapat mengambil foto hujan melalui jendela kaca yang transparan.

Ini memungkinkan Anda untuk dapat menciptakan nuansa hujan melalui tetesan air yang menempel pada jendela kaca.

3. Jendela kaca.
Mulai dengan tetesan air hujan yang berada di jendela kaca. Tetesan air hujan tersebut akan menyebar seperti minyak pada lukisan.

Anda juga dapat mengganti jendela kaca dengan payung transparan, untuk mendapatkan kedalaman ruang yang dangkal.

Ini akan menghasilkan efek yang sama dan akan membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Karena distribusi cahayanya yang merata, cuaca hujan merupakan waktu yang sempurna untuk mengambil foto jarak dekat yang luar biasa.

Pada saat hujan, cahaya akan menjadi sangat lembut dan terdistribusi secara merata. Ini akan menghasilkan foto jarak dekat yang sangat fantastis.

Selain dari tetesan air hujan, Anda juga dapat mengambil foto pejalan kaki dengan dengan menggunakan payung hitam, putih, dan abu-abu.

Selain dari pejalan kaki, sebaiknya anda juga mencari kesempatan untuk mengambil foto sebuah jejak kendaraan atau tetesan air hujan yang jatuh ke tanah.

Biasanya tanah akan tampak berbeda dari biasanya setelah hujan turun karena cahaya yang terpantul di permukaannya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here