7 Bagian Dari Sepeda Motor Yang Harus Diganti Secara Rutin
7 Bagian Dari Sepeda Motor Yang Harus Diganti Secara Rutin

Berita Pekanbaru – Agar kondisinya yang tetap prima, sepeda motor pun juga harus dirawat sehingga dapat berjalan tanpa adanya kendala dan juga awet penggunaannya. Bagi kendaraan kita, perawatan secara rutin itu sangatlah penting. Tak jarang kita pun kerap kali melakukan kesalahan dalam perawatan sepeda motor. Kesalahan tersebut juga harus dihindari karena hal tersebut dapat membuat anda kewalahan dimana nantinya anda diharuskan untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Dalam melakukan tindakan yang prevetif untuk menghadapi kerusakan, terdapat beberapa bagian sepeda motor yang juga harus dilakukan penggantian secara rutin. Sehingga, sepeda motor anda akan menjadi lebih tahan lama. Apa saja bagian-bagian pada sepeda motor yang harus diganti secara rutin, berikut penjelasannya:

1. Oli

Oli adalah bagian dari sepeda motor yang harus diganti secara rutin, sehingg dapat menghindari terjadinya berbagai kendala pada saat mengendarai sepeda motor, baik itu turun mesin, tiba-tiba macet di tengah jalan atau bahkan beberapa kerusakan lainnya yang bisa membuat anda harus mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk memperbaikinya. Apabila volume oli pada sepeda motor anda sudah sedikit, disarankan untuk segera menggantinya dengan oli yang baru sebelum kerusakan yang lainnya dapat terjadi. Untuk pemilihan oli pun dapat disesuaikan berdasarkan merek dari sepeda motor yang digunakan.

Baca juga : Hongguang Mini EV Convertible Mobil Listrik Mungil dan Mewah Yang Laris Manis di Cina

2. Oli Rem atau Kampas Rem

Oli rem atau kampas rem pada sepeda motor juga harus selalu diperiksa dan juga diganti apabila perlu, sebab tanpa adanya perawatan yang baik pada bagian tersebut tentu akan berdampak pada sesuatu yang lebih fatal. Baik itu rem blong yang akan mengakibatkan kecelakaan pada saat berkendara.

3. Gear Motor

Begitupun dengan gear motor yang juga harus rutin dilakukan pemeriksaan terkait kondisinya, apabila gear sudah tajam atau gundul maka sebaiknya untuk segera diganti dengan yang baru. Karena, rantai sepeda motor bisaa terlepas apabila gear tersebut telah gundul.

4. Busi

Sama dengan komponen yang lainnya, busi juga harus dilakukan pemeriksaan dengan rutin. Karena, busi yang usang dapat menyebabkan sepeda motor anda akan sulit untuk dinyalakan. Tak hanya itu, busi yang telah usang juga dapat membuat sepeda motor anda jadi tersendat-sendat, berasap atau beberapa hal buruk lainnya yang juga bisa terjadi. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu pengendaranya, sehingga aktifitas berkendara menjadi tidak menyenangkan.

5. Ban

Baik itu bagian tengah atau pun bagian pinggir dari ban yang botak dapat membuat anda tergelincir saat mengendarai sepeda motor tersebut. Itulah mengapa performa ban sepeda motor juga harus selalu dijaga. Dengan menggunakan ban yang kondisinya baik, tentu akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat berkendara.

6. Air Radiator

Mesin sepeda motor akan terjaga ketahanan serta umunya apabila air radiator terjadi dengan baik, terutama pada motor matic. Motor dapat mati mendadak apabila mesin tersebut yang terlalu panas. Untuk mengatasinya, diperlukan air radiator sebagai pendingin mesin motor tersebut.

Yang harus anda lakukan ialah memeriksa ketersediaan air radiator pada sepeda motor anda, apakah air radiator sudah kering atau belum. Caranya dengan membuka/menutup radiator yang berada di samping tangki bensin motor. Gantilah carian tersebut secara rutin agar kondisi mesin tetap dalam keadaan baik.

7. Aki

Perlu diketahui, jika sepeda motor itu layaknya manusia yang mempunyai sistem saraf, seperti aki dimana tugasnya untuk mengurus sistem kelistrikan pada sepeda motor.

Seperti yang kita ketahui, jika lampu yang ada pada sepeda motor merupakan alat penerangan dan alat berkomunikasi dengan pengendara yang lainnya. itulah mengpa, kondisi aki juga harus selalu dijaga. Yang harus anda lakukan dengan menggantinya secara rutin, sebab tanpa adanya aki lampu di sepeda motor anda tidak akan dapat menyala.

Mengapa beberapa hal tersebut harus dilakukan? Sebab, kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara tetap harus diprioritaskan.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here