Dang Merdu – Di saat musim penghujan ini mungkin ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai dunia fotografi.
Bagi para penggemar fotografi, inilah saatnya memotret untuk mengabadikan musim hujan dengan berbagai moment hujan turun.
Walaupun harus berjuang dengan kondisi yang basah dan pencahayaan yang kurang, tetapi ada beberapa tips untuk memudahkan anda sebagai seorang fotografer beraksi di musim hujan.

Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa ulasan dibawah ini:

Ada banyak sekali ide fotografi yang dapat digunakan pada saat hujan turun, seperti memotret air hujan yang berbaur bersama dengan cahaya yang ada di sekitarnya, atau mengambil bayangan dari genangan air yang memantulkan warna-warni cahaya lampu.

Bahkan Bintik-bintik air yang ada di daun atau bunga yang terkena tetesan air hujan bisa menjadi gambar yang sangat menarik untuk dijepret.

Selain itu emosi dan reaksi orang-orang dari raut wajahnya pada saat turun hujan bisa juga diambil potretnya secara tersembunyi alias candid bisa menghasilkan gambar yang natural.

Adakalanya lampu kota yang temaram pada saat hujan atau bintik-bintik air hujan di kaca jendela dan kaca mobil juga tidak kalah menakjubkan untuk diambil potretnya.

Suasana lingkungan sekitar juga pada saat hujan terjadi, dapat menghasilkan nuansa natural yang indah apabila diabadikan.

Sediakan Alat Pelindung Untuk Kamera
Setelah mendapatkan ide untuk berfoto, sebaiknya sediakan juga alat pelindung untuk kamera. Jangan sampai kamera anda mengalami kerusakan pada saat terkena hujan, meskipun produsen kamera yang anda gunakan mengklaim produknya sudah anti air. Selain itu jangan lupa juga untuk memakai jas hujan untuk melindungi tubuh anda dari hujan.

Gunakan Lensa yang Sesuai
Sebaiknya gunakan lensa kamera yang sesuai untuk memotret pada saat hujan turun, ada baiknya juga memilih lensa yang bisa mendapatkan focus, wide, dan zoom. Kemudian sesuaikan dengan keinginan anda untuk memotret objek pada saat hujan.
Jika anda ingin memotret dari jarak jauh coba gunakan lensa wide dan zoom atau lensa focus untuk memperbesar objek yang ingin anda foto pada saat hujan.

Baca Juga : Cara Memotret Tetesan Air

Tambahkan Kontras
Kontras berfungsi untuk dapat memperkuat perbedaan cahaya antara objek dan layar walaupun objek terlihat gelap dengan latar terang atau sebaliknya.
Kalaupun tidak bisa, tambahkan sedikit lampu flash dari kamera anda, dan pastinya perlu beberapa kali pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tambahkan Cahaya Belakang.
Diperlukan cahaya belakang alias backlight agar pada saat melakukan pengambilan gambar di kala hujan dapat terlihat dengan jelas. Caranya yaitu dengan mencari sumber cahaya yang kuat dan ambil gambar ke arahnya. Sumber cahaya tersebut bisa darimana saja seperti lampu jalanan, lampu reklame, dan cahaya matahari pada saat hujan. Perlu diperhatikan juga supaya tidak terlalu over exposure pada saat akan memotret.

Terapkan Shutter Speed
Aturlah cepat atau lambatnya pengambilan objek dengan menggunakan shutter speed.
Jika anda ingin mendapatkan foto butiran air hujan secara detail, maka yang perlu dilakukan hanya dengan menambahkan kecepatan. Sedangkan untuk mendapatkan foto blur air hujan anda tinggal memperlambat kecepatan saja.
Melakukan hal fotografi pada saat musim hujan atau pada saat hujan turun memang sangat diperlukan kesabaran dan kreatifitas. Jadi, jangan cepat menyerah dan selalulah belajar untuk mencoba berbagai teknik demi foto yang lebih baik.

Demikianlah Trik dan Tips fotografi, Cara Memotret Pada Saat Hujan Turun.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here