Dang Merdu – Meskipun sekarang sudah jaman Digital dan serba Auto, namun masih saja banyak orang yang setia menggunakan kamera analog (film).

Kamera analog akan lebih awet jika memiliki resolusi yang lebih besar, serta warna yang dihasilkan pasti lebih vivid.

Kamera analog memang memiliki banyak kelebihan mulai dari lebih awet, memiliki resolusi yang lebih besar, dan juga warna yang dihasilkan lebih vivid (hidup) karena film menangkap sinar pada objek apa adanya.

Namun, berhubung kamera analog kebanyakan termasuk barang tua, kita pun juga harus pandai untuk merawatnya kamera tersebut.

Agar tidak mengurangi peforma kamera itu sendiri, merawat kamera analog ini butuh perawatan yang rutin. Caranya tidak begitu sulit asal saja terampil dan rutin.

Berikut Ini Adalah beberapa Tips Merawat Kamera Analog :
1. Merawat Body Kamere
Pada dasarnya merawat sebuah kamera analog tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena sebenarnya kamera analog memiliki bodi yang cukup kuat yang berbahan dasar besi dan kulit/aluminium.

Meskipun begitu, kalian juga tetap harus rajin membersihkannya agar terhindar dari karat ataupun noda yang membandel, dengan membersihkannya menggunakan blower dan kain lembut.

Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu, membersihkan debu disudut-sudut kamera dengan menggunakan blower lalu di lap dengan menggunakan kain keseluruh body dan apabila ada noda-noda yang sulit dibersihkan gunakan cairan pembersih khusus dengan menyemprotkan terlebih dahulu ke kain baru ke body kamera.

2. Membersihkan Lensa
Lensa merupakan inti utama dari suatu kamera, dengan merawatnya secara rutin dan dengan cara yang benar maka lensa pada kamera tersebut akan tahan lama.

Lensa adalah salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah kamera, maka dari itu kalian harus rajin membersihkan kamere tersebut agar lensa terhindar dari jamur.

Untuk membersihkan lensa kamera tersebut dapat menggunakan blower atau tisu lensa, tetapi jangan menggunakan kain biasa untuk membersihkan lensa kamera karena dikhawatirkan akan dapat merusak permukaan lensa.

Cara membersihkan lensa pada kamera yaitu dengan menggunakan Tissue Lensa dan jangan sampai memakai kain biasa atau Tissue biasa, karena dari segi teksturnya sangatlah berbeda dan dikhawatirkan bila menggunakan kain biasa atau Tissue biasa dapat menggores lapisan kaca lensa.

Baca Juga : Trik Memotret Pada Saat Hujan, Dan Dapatkan Foto Perjalanan yang Dramatis

3. Penyimpanan Kamera
Untuk menyimpan kamera kalian siapkan dry box, karena dalam dry box tersebut suhu dan kelembaban dapat diatur secara otomatis.

Namun, jika Kalian tidak memilki dry box, Kalian dapat menyiasatinya dengan menggunakan box plastik yang didalamnya diisi dengan silica gel kemudian simpan kamera tersebut ditempat yang sejuk dan kering.

4. Jauhkan Dari Kapur Barus
Benda yang sangat di takuti oleh kamera adalah kapur barus adalah, karena kapur barus dapat merusak PBC ( printed circuit board ) yaitu tempat dimana chip elektronik untuk kamera digital.

Untuk kamera analog dapat merusak body. Karena uap kapur barus itu sendiri dapat membuat flek flek pada lensa kamera Kalian.

Menurut berita kerusakan yang terjadi pada kamera yang di sebabkan oleh kapur barus itu sangatlah sulit untuk diperbaiki atau bahkan mungkin tidak dapat di perbaiki sama sekali.

5. Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari
Usahakan & Hindari sinar Matahari yang berlebihan. Panas sinar matahari yang berlebihan akan merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet juga komponen elektronik yang ada di dalamnya.

Nah, itulah kira-kira tips untuk merawat kamera analog agar tetap awet. Oh ya, untuk kalian yang ingin mencari kursus online dengan harga terjangkau jangan lupa kunjungi Vocasia.id disana banyak sekali kursus yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.
Nah, itulah beberapa tips untuk merawat kamera analog agar tetap awet. Semoga tips yang sudah dijelaskan tadi bermanfaat.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here