Inilah Fungsi Pentil Ban Beserta Jenisnya
Inilah Fungsi Pentil Ban Beserta Jenisnya

Berita Pekanbaru Terbaru – Bagi para pengendara kendaraan bermotor tentu sudah tahu betul jika ban adalah salah satu komponen yang juga harus selalu diperhatikan kondisinya. Baik itu dari permukaan hingga tekanan angin juga termasuk hal yang harus selalu dilakukan pengecekan secara rutin.

Tujuannya, agar pengalaman berkendara menjadi lebih menyengakan dan juga nyaman selama dalam perjalanan. Serta untuk meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan dikarenakan kelalaian dalam perawatan ban sepeda motor tersebut.

Pada ban sepeda motor juga ada satu komponen yang cukup erat kaitannya, yaitu pentil ban. Pentil ban adalah sebuah katup yang digunakan untuk memasukkan angin atau gas ke dalam karet ban. Meski ukurannya yang kecil, benda tersebut juga memiliki fungsi yang sangat krusial seperti berikut ini.

1. Mencegah masuknya kotoran

Kotoran seperti pasir, debu hingga air hujan pun akan rawan masuk ke dalam lubang yang digunakan untuk mengisi udara atau gas ke dalam ban. Jadi, pentil ban sepeda motor itu juga memiliki fungsi untuk mencegah partikel-partikel kecil yang disebutkan itu masuk ke dalam ban.

Karena, pasir atau debu yang masuk ke dalam lubang bisa membuat pengisian udara akan menjadi terhambat sehingga menjadi lebih susah masuk. Tak hanya itu saja, apabila air hujan masuk kedalam lubang ban dapat menyebabkan terjadinya karatan.

Baca juga : Pilihan Sepeda Motor Dengan Harga Termurah Di Indonesia Terbaru September 2022

Oleh karena itu, walaupun bentuknya yang kecil anda juga harus memastikan jika kondisi pentil ban sepeda motor anda dalam keadaan baik. Anda dapat menggunakan tutup pentil yang sesuai dengan preferensi. Dimana setidaknya ada 3 jenis pentil ban sepeda motor yang dapat anda jadikan pilihan, seperti:

  • Tutup pentil metal

Dari segi bahan baku pembuatannya, tutup pentil yang satu ini lebih kokoh dan juga tak mudah rusak. Baik debu, pasir hingga air hujan juga akan ditangkal oleh tutup pentil metal.

  • Tutup pentil plastik

Tutup pentil plastik sangat mudah dan sering kita temui. Hampir semua sepeda motor menggunakan tutup pentil yang terbuat dari bahan dasar plastik. Meskipun mampu menangkal berbagai macam kotoran yang masuk, akan tetapi tutup pentil yang satu ini lebih mudah rusak, apalagi jika sering dicopot.

  • Tutup pentil indikator

Yang terakhir adalah tutup pentil yang modern yaitu tutup pentil indikator. Sesuai berdasarkan dengan namanya, tutup pentil yang satu ini juga dibekali dengan fasilitas indikator yang bisa menunjukkan tekanan angin yang ada di dalam ban.

Ada tiga indikator warna yang dapat andan lihat untuk mengetahui kondisi tekanan angin pada ban sepeda motor anda.

Apabila indikatornya menunjukkan warna hijau, artinya tekanan angin yang ada di dalam ban dalam keadaan ideal atau normal. Apabila indikator berwarna kuning berarti tekanan angin pada ban tersebut berkurang sehingga perlu ditambahkan angin. Sementara jika indikator tersebut menunjukkan warna merah yang artinya ban sepeda motor anda tak aman untuk dikendarai.

2. Menjaga tekanan udara tetap stabil

Tanpa adanya pentil, udara yang ada di dalam ban akan berkurang secara perlahan seiring dengan sepeda motor yang digunakan untuk berkendara. Hal tersebut tentu akan membuat ban sepeda motor anda kempes saat dikendarai ditengah jalan.

Pentil ban itu berfungsi juga untuk menjaga serta menstabilkan tekanan udara supaya tak mudah keluar sepenuhnya. Sehingga ban sepeda motor anda pun tidak mudah kempes walau selalu digunakan untuk berkendara dengan jarak yang jauh sekalipun.

Itulah beberapa fungsi dari pentil sepeda motor dan juga jenisnya yang perlu untuk diketahui. Dengan begitu, anda akan dapat memberikan perawatan yang lebih maksimal terhadap sepeda motor kesayangan anda secara detail agar ada lagi kerusakan kecil yang disepelekan sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih besar nantinya.

Daptkan informasi seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here