3 Penyebab Utama Rusaknya Piston Sepeda Motor Yang Harus Anda Ketahui
3 Penyebab Utama Rusaknya Piston Sepeda Motor Yang Harus Anda Ketahui

Berita Pekanbaru Terkini – Semua komponen yang ada pada sepeda motor memiliki masa pakai, bahkan untuk bagian yang mungkin jarang anda pikirkan contohnya saja piston yang dapat rusak sewaktu-waktu.

Piston sepeda motor juga dapat rusak disebabkan beberapa faktor. Salah satunya seperti tak dirawatnya piston tersebut dengan benar atau dicek kondisinya secara rutin. Padahal piston sendiri merupakan komponen yang memiliki peran penting pada sebuah kendaraan.

Fungsi dari perangkat tersebut untuk mengubah tekanan dari hasil pembakaran untuk menjadi dorongan dan mengompres campuran bahan bakar dan juga udara. Dikarenakan fungsinya yang sangat vital, ketahui pula apa saja yang dapat menyebabkan piston sepeda motor anda rusak agar piston tersebut lebih awet.

Berikut ini adalah beberapa penyebab rusaknya piston sepeda motor, agar anda dapat menghindari hal tersebut terjadi.

1. Menggunakan oli dengan kualitas yang rendah

Apabila anda rutin mengganti oli sepeda motor anda, tentu dapat dipastikan jika hampir semua komponen yang ada pada sepeda motor akan menjadi lebih awet. Terlebih lagi jika keseharian anda selalu menggunakan sepeda motor, tentunya harus lebih sering lagi melakukan penggantian oli. Tetapi jika anda sudah rutin mengganti oli tetapi piston sepeda motor anda masih tetap rusak, mungkin saja oli yang anda gunakan memiliki kualitas yang kurang baik.

Baca juga : Harga BBM Naik, 6 Motor Listrik Ini Dapat di Jadikan Pilihan

Jangan pernah tertarik dengan harga murah yang ditawarkan, pastikan juga kualitas oli tersebut. Meski harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal tetapi piston dan beberapa komponen lain yang ada pada sepeda motor anda tetap terjaga. Karena oli yang kualitasnya buruk, akan berpengaruh buruk pula terhadap beberapa komponen yang ada dalam mesin sepeda motor anda.

Pastikan untuk membeli oli dengan kualitas terbaik, agar kinerja sepeda motor anda pun terjamin serta komponen dalam sepeda motor anda pun akan menjadi lebih awet.

2. Menggunakan bahan bakar beroktan yang rendah

Menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan rendah juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa piston sepeda motor anda menjadi cepat rusak. Meski tak sedikit pengendara sepeda motor yang saat ini masih menyepelekan hal tersebut dan memilih bahan bakar dengan kandungan oktan yang rendah untuk kendaraan kesayangannya.

Harga memang selalu menjadi alasan mengapa kebanyakan orang menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Padahal banyak sekali keuntungannya jika anda menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Salah satunya adalah piston sepeda motor anda tetap dalam keadaan yang prima. Hal tersebut dapat terjadi karena residu dan juga kerak yang dapat terjadi pada kepala piston yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakarnya.

Apabila hal tersebut terjadi, tentu kerja piston akan menjadi lebih berat dikarenakan proses pembakaran yang tak sempurna serta kinerja piston pun akan menjadi kurang maksimal. Bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi dengan timbal yang rendah dapat meminimalkan resiko kerak serta mampu mengoptimalkan hasil pembakaran yang jauh lebih sempurna.

3. Tabrakan antara piston dan klep

Penyebab yang terakhir ialah adanya tabrakan antara piston dengan klep. Meski hal tersebut bukan merupakan hal yang umum terjadi.

Tak sedikit orang yang mengatakan jika tabrakan tersebut terjadi akibat piston yang digunakan itu tak sesuai berdasarkan spesifikasi aslinya. Contohnya saja piston yang digunakan tersebut berbeda dari ukuran yang memang seharusnya. Oleh karena itu, disarankan untuk tak sembarangan dalam mengganti piston agar kerusakan tersebut tidak terjadi.

Itulah beberapa penyebab rusaknya piston sepeda motor yang harus anda ketahui. Untuk dapat menunjang kinerja dari sepeda motor yang anda gunakan untuk berkendara, pastikan jika anda selalu menggunakan berbagai ragam kebutuhan sepeda motor yang benar-benar berkualitas. Baik itu bahan bakar, oli hingga melakukan sevice sepeda motor di tempat yang memang sudah terpercaya. Dengan begitu, sepeda motor kesayangan anda akan menjadi lebih awet meski digunakan berkendara setiap harinya.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terkini hanya di laman Dangmerdu.com

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here