Mencegah Kematian Pada Bayi, RSUD Arifin Achmad Melatih Tenaga Kesehatan
Mencegah Kematian Pada Bayi, RSUD Arifin Achmad Melatih Tenaga Kesehatan

Berita Pekanbaru Terupdate – Untuk meminimalisir angka kematian pada bayi yang prematur. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad saat ini melaksanakan pelatihan untuk perawatan bagi bayi prematur kepada tenaga kesehatan dokter, perawat dan juga bidan yang ada di rumah sakit jaringan RSUD Arifin Achmad di kabupaten/kota di Riau, pada Kamis (1/9/2022)

Kepala instalasi neonatus RSUD Arifin Achmad dr. Nazardi Oyong, Sp.A mengatakan, bahwa sasaran dari pelatihan ini adalah bagi para dokter, perawat dan bidan yang berasal dari rumah sakit yang selama ini sering mengirim pasien bayi ke RSUD Arifin Achmad. Dikarenakan selama ini RSUD Arifin Achmad sudah menjadi pusat rujukan dari 12 kabupaten/kota, termasuk dengan adanya penangangan terhadap bayi prematur.

“Kasusnya sangat bermacam-macam yang kami terima, seperti bedah anak, bayi prematur, jantung anak dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Baca juga: Gubernur H. Syamsuar Siapkan 5 Ribu Bibit, Lakukan Gerakan Tanam Cabai di Dumai

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap dengan kondisi bayi yang diterima saat kondisi datang kesehatannya tidak jelek, atau setidaknya tidak akan lebih buruk dari sebelum bayi itu dirujuk. Karena itu, kami sudah berikan pelatihan dalam penangangan pertama terhadap bayi prematur.

“Pelatihan ini juga dilaksanakan langsung secara offline maupun online yang saat itu diikuti oleh 200 peserta. Kami pilih pelatihan bayi prematur, dikarenakan prematur ini menjadi salah satu penyumbang terbanyak pada kematian bayi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Achmad drg. Wan Fajriatul juga mengatakan, bahwa proses dari kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara gratis yang diadakan langsung oleh bagian diklat RSUD Arifin Achmad dan berkolaborasi bersama dengan Kelompok Staf Medis (KSM) anak dan obgyn.

“Tujuannya agar berikutnya sistem rujukan bagi pasien neonatus dengan kasus prematur cukup bisa hati-hati, dikarenakan perlu dilakukan stabilisasi dan juga support yang baik. Sehingga pasien yang saat itu ingin dirujuk ke RSUD Arifin Achmad bisa selamat,” ujarnya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here