Baru, Arsitektur Zen 4 AMD Hadir di Ryzen 7000 Series

DANG MERDU – Sulit dipercaya bahwa AMD merilis CPU Ryzen pertama mereka pada tahun 2017 lalu. Melihat ke belakang, ini adalah momen yang menentukan bagi AMD, dan masa depan chip laptop dan desktop secara lebih luas. Sejak itu, kita telah melihat lima generasi lagi dari chip Ryzen dan tiga arsitektur Zen berikutnya. Satu lagi yang baru akan segera hadir, mengikuti pengungkapan resmi Zen 4 oleh AMD. Kita juga melihat CPU pertama yang akan menggunakannya, meskipun masih banyak lagi yang sedang dikembangkan. Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Perangkat AMD Zen 4

Setelah CPU Zen 4 pertama tersedia pada 27 September nanti, banyak orang akan meningkatkan komputer mereka ke Seri Ryzen 7000. Tentu saja, Anda memerlukan motherboard yang kompatibel karena AMD telah mengungkapkan soket AM5 baru untuk prosesor baru ini. Tetapi chip tersebut masih akan kompatibel dengan platform AM4 yang versi lama. AMD mengatakan mereka mengharapkan chip lama dan soket baru ini berdampingan untuk beberapa waktu ke depan.

Berikut ringkasan empat CPU Zen 4 pertama yang diumumkan AMD:

  • Ryzen 9 7950X – 16 core, 32 thread, kecepatan clock maksimal 5.7GHz, cache 80Mb, TDP 170W
  • Ryzen 9 7900X – 12 core, 24 thread, kecepatan clock maksimal 5,6GHz, cache 76Mb, TDP 170W
  • Ryzen 7 7700X – 8 core, 16 thread, kecepatan clock maksimal 5.4GHz, cache 40Mb, TDP 105W
  • Ryzen 5 7600X – 6 core, 12 thread, kecepatan clock maksimal 5.3GHz, cache 38Mb, TDP 105W

Zen 4 hampir pasti akan masuk ke chip laptop suatu saat, tetapi mereka dirancang untuk diintegrasikan ke dalam perangkat dan tidak tersedia sebagai komponen yang berdiri sendiri (dijual tersendiri). Perangkat mana yang menggunakannya akan menjadi keputusan masing-masing produsen laptop.

Baca Juga: Mengapa Dompet Digital adalah Masa Depan untuk Bisnis yang Sedang Berkembang?

Spesifikasi AMD Zen 4

Zen 4 menjadi langkah besar bagi AMD, dan sepertinya perusahaan ini tidak akan kecewa. Arsitektur baru ini bergeser ke 5nm, sambil menambahkan dukungan untuk fitur premium seperti memori DDR5 dan PCIe Gen 5. Ini memungkinkan hingga 16 core dan 32 thread, yang telah digunakan pada Ryzen 9 7950X yang baru.

Tetapi AMD secara khusus mengiklankan peningkatan kinerja pada Ryzen 7000 Series berbasis Zen 4, secara khusus menyoroti gaming dan pembuatan konten sebagai skenario yang paling menguntungkan. Sementara pengujian dari perusahaan menunjukkan peningkatan hingga 47% dibandingkan dengan Intel Alder Lake , bahkan Ryzen 5 7600X yang paling terjangkau pun dapat memberikan kinerja game yang lebih baik daripada Core i9-12900K dengan spesifikasi teratas. Namun, CPU Intel generasi ke-13 yang akan datang tampaknya akan memberikan peningkatan besar.

Meskipun tidak mengikuti jejak Intel dalam memperkenalkan arsitektur hybrid, AMD mengklaim CPU Zen 4 memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal efisiensi daya. Tidak hanya memastikan lebih sedikit masalah dengan pelambatan kinerja dan panas berlebih, ini juga akan menguntungkan masa pakai baterai pada perangkat portabel yang menggunakannya. Ini akan menjadi lebih relevan setelah CPU yang berfokus pada laptop ditambahkan ke Seri Ryzen 7000.

Zen 4 mungkin terbatas pada 24 core untuk saat ini, tetapi mungkin tidak selalu demikian. Menurut bocoran yang ditemukan oleh sebuah media, mereka menyoroti “CPU Genoa 7004” dengan 32 thread dan 64 core. Itu diharapkan menjadi chip Zen 4 spesifikasi teratas yang pernah Anda beli, tetapi rumor berikutnya menunjukkan CPU tersebut akan dapat mendukung lebih dari itu.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terupdate yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here