Dang Merdu – Shutter count ternyata adalah sebuah indicator yang penting untuk kondisi sebuah kamera DSLR kamu. Mencari tahu shutter count pada kamera dengan mudah dengan cara berikut.

Sebelum membahas mengenai Batas maksimum SC (shutter count) pada kamera DSLR, sebaiknya terlebih dahulu kamu megetahui apa sih Shutter count itu? Dari sebuah kamera Shutter count adalah aspek yang sangat penting. Shutter count merupakan tombol shutter pada sebuah kamera yang bisa ditekan. Atau dengan kata lain seberapa banyak foto yang dapat diambil dengan menggunakan kamera tersebut.

Jika melihat dari definisi shutter count maka istilah yang bisa menjadi patokan berapa lama umur dari sebuah kamera. Oleh karena itu sebelum membeli sebuah kamera banyak orang yang menggunakan indicator shutter count, terlebih jika kamu akan membeli kamera bekas. Jika kamu lagi ingin berburu kamera DSLR maka sebaiknya kamu harus mengetahui cara bagaimana mengetahui Batas maksimum SC (shutter count) pada kamera DSLR.

Cara Mengetahui Shutter Count Pada Sebuah Kamera DSLR
Biasanya sebuah pabrik kamera akan memberikan informasi mengenai jumlah shutter count sebanyak 9999 kali foto. Namun disini masalahnya jika kamu ingin membeli sebuah kamera bekas dan kamu tidak tahu sudah berapa banyak foto yang sudah dihasilkan dari kamera tersebut. Namun tenang saja, karena cara untuk mengetahui Shutter count pada sebuah kamera cukup mudah, berikut adalah langkahnya.
1. Secara online menggunakan EXIF viewer
Cara pertama dalam menggunakan EXIF Viewer dapat kamu temukan dengan mudah di internet. Kamu cukup mengetikkan EXIF Viewer pada laman Google dan kemudian akan muncul beberapa laman untuk mengetahui batas shutter count secara online.

Untuk dapat mengetahui batas shutter count secara online biasanya kamu hanya cukup dengan mengunggah sebuah foto yang dihasilkan dari kamera yang ingin kamu cek batas shutter countnya. Kemudian dalam laman tersebut akan memproses dan menunjukkan beberapa data-data tentang foto tersebut. Kemudian untuk mengetahui jumlah jepretan pada kamera kamu bisa mencari jumlah shutter count.

2. Mengunduh aplikasi EXIF Viewer
Cara mengetahui shutter count kamera selanjutnya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi. Kamu bisa mengunduh aplikasi seperti EOSInfo untuk mengetahui shutter count pada kamera Canon. Dari aplikasi tersebut kamu bisa mengetahui jumlah shutter count pada beberapa kamera.
Cara untuk mengetahui shutter count kamera selanjutnya yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi. Untuk mengetahui shutter count pada kamera Canon, kamu bisa mengunduh aplikasi seperti EOSInfo. Dari aplikasi EOSInfo tersebut kamu bisa mengetahui jumlah shutter count pada beberapa kamera.

Baca Juga : Cara Memotret Saat Musim Hujan Dengan Hasil Foto Terbaik
Bagaimana Efek Jika Shutter Count Habis?
Salah satu tanda-tanda kalau kamera kamu shutter countnya sudah habis yaitu dengan tiba-tiba kamera yang kamu gunakan macet saat lagi asyik-asyiknya mengambil foto. Kamera yang macet pastinya sangat mengganggu. Terlebih lagi jika kamu yang berprofesi sebagai fotografer profesional yang membutuhkan kecepatan pada saat mengambil foto

Kamera yang performa saat mengambil gambarnya lambat itu merupakan sebuah pertanda bahwa shutter countnya habis. Jika sudah demikian maka sebaiknya kamu sudah mulai berpikir untuk membeli sebuah kamera yang baru. Apakah shutter count bisa di reset atau tidak?. Pada kenyataannya shutter count dapat menggambarkan sudah berapa lama umur dari kamera tersebut.

Shutter count yang sudah habis biasanya kamera tersebut sudah bekerja dengan cukup keras. Lalu bagaimana jika shutter count kamera DSLR habis? Kemungkin tidak ada pilihan lain selain membeli sebuah kamera yang baru.

Beberapa orang beranggapan jika sebuah kamera bisa digunakan selamanya bahkan banyak juga orang yang beranggapan bahwa sebuah kamera tidak memiliki umur. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Karena setiap benda itu pasti memiliki batas usia pemakaian.

Pentingnya Untuk Mengetahui Batasan Shutter Count
Bagi kamu yang sedang mencari sebuah kamera dalam keadaan bekas, shutter count juga sangat penting untuk diketahui. Sebagai pembeli tentu shutter count yang tinggal tersisa sedikit tentu akan merugikan kamu. Selain itu bagi kamu yang membeli kamera dari kondisi baru perlu juga kamu ketahui sudah berapa banyak shutter count yang tercatat pada kamera kamu. Masalahnya jika shutter count sudah hampir habis sebaiknya kamu menjual kamera kamu.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here