5 Tips Usaha Kecil yang Dapat Dilakukan untuk 2022 dan Setelahnya

Berita Pekanbaru Terkini – Menjalankan bisnis kecil bisa menyenangkan dan juga mengasyikkan, tetapi juga sekaligus menakutkan. 5 tips ini akan membantu pemilik usaha kecil memposisikan diri untuk pertumbuhan. Memulai bisnis kecil itu menyenangkan dan mengasyikkan, setidaknya saat Anda merencanakannya. Anda membayangkan diri Anda sebagai Steve Jobs berikutnya, menciptakan produk yang akan merevolusi dunia menjadi lebih baik.

Tetapi begitu Anda benar-benar meluncurkan bisnis itu, perasaan itu berubah. Sebagai pemilik usaha kecil sendiri, kami dapat memberi tahu Anda bahwa perasaan dominan yang banyak orang rasakan pada awalnya adalah teror. Teror bahwa pelanggan tidak akan menyukai produk Anda, bahwa Anda tidak akan mendapatkan pendapatan yang Anda butuhkan untuk hidup, atau bahwa kompetisi akan menenggelamkan Anda. Setiap pemilik usaha kecil membutuhkan sedikit nasihat bisnis. Jadi, berikut adalah 5 tips untuk mengembangkan bisnis kecil Anda dalam membuat dan menjalankan bisnis.

1. Tetap Terhubung

Jaringan sangat penting dalam dunia bisnis kecil. Sejak dini, kembangkan hubungan yang akan bermanfaat bagi Anda nantinya. Dan meskipun baik untuk melakukan ini secara langsung, Anda dapat menemukan banyak peluang untuk membentuk ikatan penting secara online.

Temukan mentor yang ingin membantu wirausahawan yang sedang naik daun dan sebaiknya seseorang yang sudah Anda kenal. Tetapi Anda juga dapat menjelajahi komunitas bisnis atau bahkan koneksi di Grup Facebook untuk mendapatkan seseorang yang dapat membantu Anda dalam perjalanan bisnis Anda. Mendaftar untuk pelatihan bisnis juga bisa membuat koneksi lebih lanjut.

2. Manfaatkan Video

Apakah Anda saat ini sudah menggunakan video untuk memasarkan bisnis Anda? Hingga saat ini 85% bisnis menggunakan video sebagai alat pemasaran digital, menurut sebuah penelitian. Anda harus mengukir ruang dalam anggaran Anda untuk menghasilkan video pemasaran profesional untuk diposting di media sosial dan website Anda. Anda tidak perlu memproduksinya sendiri jika Anda tidak memiliki keahlian mengedit video. Sebaiknya pekerjakan saja seseorang untuk melakukannya daripada membuang waktu dan uang Anda untuk membeli perangkat lunak khusus.

Baca Juga: Ulasan Xiaomi 12 Lite: Apakah Worth-It Membelinya?

3. Optimalkan Pencarian

Optimisasi mesin pencari atau SEO bukanlah teknik baru, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak bisnis mengabaikan praktik tersebut. Sebuah studi menemukan bahwa 90,63% halaman mendapatkan nol pencarian organik dari Google, dan hanya 2,25% yang mendapatkan lebih dari 100 kunjungan. Buat strategi konten menggunakan blog dan video yang menargetkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Dengan membuat konten segar yang terfokus, Anda akan dilirik oleh mesin pencari. Yang saat ini semakin baik dalam mengidentifikasi konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan apa yang dicari pengguna.

4. Jangan Abaikan Ponsel

Anda tidak dapat melewatkan lalu lintas seluler akhir-akhir ini. Pada tahun 2020 lalu, seluler membentuk 51,5% dari semua lalu lintas di internet, naik dari 31% hanya dari lima tahun sebelumnya. Dan sekarang prosentase tersebut pastinya jauh lebih tinggi. Optimalkan keberadaan web Anda untuk perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet. Sesuaikan versi desktop dan seluler website Anda untuk memaksimalkan kehadiran Anda di semua platform.

Dan mencari solusi seluler untuk upaya pemasaran dan branding dengan pendekatan holistik ini, Anda tidak akan membiarkan calon pelanggan gagal hanya karena Anda tidak memiliki strategi seluler.

5. Rampingkan Biaya

Sebagian besar bisnis memiliki cara untuk merampingkan dan memotong biaya operasional, mungkin mereka hanya tidak melihatnya. Dengan menggunakan teknologi seperti perangkat lunak, misalnya untuk memaksimalkan efisiensi Anda dalam hal operasi sehari-hari, Anda akan meningkatkan laba dan meningkatkan apa yang dapat Anda investasikan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan perpindahan baru-baru ini ke telekonferensi karena pandemi, Anda dapat secara permanen mengubah cara perusahaan Anda beroperasi dengan menyingkirkan ruang kantor untuk selamanya atau mempekerjakan orang dari banyak tempat, bukan hanya dengan cara konvensional (ngantor).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here