Ulasan Xiaomi 12 Lite: Apakah Worth-It Membelinya?

DANG MERDU – Untuk harganya sekitar 5,5 jutaan rupiah, Xiaomi 12 Lite tidak diragukan lagi di antara ponsel paling “worth-it untuk uang Anda” yang dapat kita harapkan pada tahun 2022. Layar AMOLED besar dengan refresh rate 120Hz, kinerja kuat, dan desain yang indah, ini pasti layak untuk Anda pertimbangkan. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat lebih dekat ponsel Xiaomi baru ini.

Membuka Kotak Xiaomi 12 Lite

Pengalaman unboxing Xiaomi 12 Lite seharusnya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang sekarang. Di dalam kotak juga terdapat ucapan selamat datang untuk Xiaomi 12 Lite Anda, dan di telepon itu sendiri ada pelindung layar yang sudah diterapkan sebelumnya. Mungkin yang paling penting, ponsel ini hadir dengan charger super cepat hingga 67 watt, sementara banyak brand ponsel terkenal bahkan tidak memberi Anda charger di dalam paket pembelian. Hal semacam ini menjadikannya memiliki keunggulan tersendiri diantara pesaing-pesaingnya.

Xiaomi 12 Lite dalam Desain & Warna

Kami sangat menyukai tampilan Xiaomi 12 Lite. Berbeda dengan Xiaomi 12 dan 12 Pro, 12 Lite di sini memiliki tepi datar, yang terlihat (secara subjektif) lebih bagus dan lebih modern di mata banyak orang. Namun, hal ini tidak benar-benar setingkat iPhone; tepinya tampak sedikit lebih lancip daripada iPhone. Layarnya juga datar, begitu juga bagian belakangnya yang sekali lagi, dapat dilihat di ponsel Android untuk adanya perubahan.

Namun, jika Anda mencari gaya minimalis yang halus, ponsel ini tidak cocok untuk itu. Karena bagian belakangnya memiliki efek pembiasan cahaya yang mengubah warnanya, yang pasti memberikannya ciri khas tersendiri. Meskipun bagian belakangnya matte, dan efeknya lebih redup daripada beberapa desain bagian belakang yang berubah warna sebelumnya, itu masih tidak terlalu sederhana, setidaknya ketika sumber cahaya tertentu mengenainya.

Layar Xiaomi 12 Lite

Xiaomi 12 Lite hadir dengan layar AMOLED 6,55 inci yang besar, dengan resolusi 2400 x 1080 piksel. Ini sangat tajam, memiliki warna yang bagus, dan bisa menjadi sangat cerah, ditambah bisa menjadi sangat gelap, yang keduanya merupakan fitur yang pastinya Anda inginkan saat Anda berada di luar di bawah sinar matahari atau di tempat tidur masing-masing saat akan tidur.

Layar ini juga memiliki refresh rate 120Hz, dua kali lipat dari rata-rata smartphone, ditambah touch sampling rate-nya mencapai 240Hz. Dan semuanya memang terlihat cukup mulus, khususnya ketika kita berbicara tentang antarmuka Android dan transisi kecilnya, atau game yang mendukung refresh rate yang lebih tinggi. Xiaomi cukup baik dengan memberi kita opsi untuk beralih ke refresh rate 60Hz yang lebih konvensional. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk Anda yang ingin menghemat sedikit masa pakai baterai, tetapi dengan mengorbankan halusnya pergeseran layar ekstra yang dirasakan.

Baca Juga: 5 Strategi untuk Membantu UKM Bertahan dari Resesi

Kita bahkan memiliki fitur Dolby Vision dan HDR10+ di layar ini, jadi konten yang didukung fitur tersebut memang terlihat sangat kontras, dan jauh lebih cerah di tempat yang terang. Katakanlah Anda sedang menonton video matahari terbenam dengan cantiknya di belakang beberapa gunung (gunung-gunung tersebut akan menjadi terlihat lebih gelap, dan matahari tepat di belakangnya akan tampak sangat terang), itulah HDR10+ untuk Anda.

Hal-hal semacam ini dapat benar-benar muncul secara dramatis, dan itu indah, terutama di film-film yang mendukungnya. Secara keseluruhan, untuk kisaran harga ini, Xiaomi 12 Lite memiliki tampilan yang sangat mengesankan.

Kamera Xiaomi 12 Lite

Di bagian belakang ponsel, modul kameranya pasti menarik perhatian, menampilkan tiga kamera, masing-masing dengan cincin logam di sekelilingnya, menonjol di dalam tonjolan kamera transparan. Kamera utama adalah raksasa 180 megapiksel, sensor Samsung HM2 dengan aperture f/1.88. Kamera lainnya adalah ultra-wide 8MP dan makro 2MP.

Sedangkan untuk kamera selfie-nya 32 megapiksel, dan bersama dengan kamera belakang, ada mode Portrait, jika Anda suka mengambil foto dengan latar belakang buram (foto bokeh). Selain itu, ada mode Malam yang tersedia, meskipun kamera tampaknya cukup mampu mengambil bidikan cahaya rendah yang baik tanpa mode tersebut.

Baterai Xiaomi 12 Lite

Mari kita mulai dengan berita buruknya terlebih dahulu, Xiaomi 12 Lite tidak memiliki pengisian daya nirkabel. Tapi kabar baiknya cukup bagus, tidak hanya memiliki baterai 4.300mAh yang cukup tahan lama, tetapi ponsel ini dapat mengisi daya turbo pada 67W, dan charger 67W disertakan di dalam paket pembelian!

Meskipun kita terbiasa menemukan baterai 5.000mAh di banyak ponsel Xiaomi, tetapi hadirnya baterai 4300.mAH dimaksudkan untuk desain yang cukup tipis dan ringan. Tidak masalah karena baterainya akan bertahan sangat lama. Dan menurut kami, Xiaomi telah menemukan keseimbangan sempurna antara berat ponsel dan ukuran baterainya.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terbaru yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here