5 Strategi untuk Membantu UKM Bertahan dari Resesi

Berita Pekanbaru Terlengkap – Beberapa mengatakan resesi akan datang, sementara yang lain mengatakan bahwa resesi sedang terjadi. Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus mengembangkan strategi untuk bertahan dari resesi bisnis Anda, dan Anda harus melakukannya sekarang. Resesi adalah kata yang menakutkan untuk setiap bisnis. Tapi, ini sangat mengkhawatirkan bagi usaha kecil yang mungkin tidak memiliki cadangan keuangan yang sama dengan perusahaan besar.

Jangan panik. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejolak resesi. Jadi mari kita lihat apa yang dapat dilakukan bisnis kecil Anda untuk merespons dengan tepat pada saat kesulitan ekonomi terjadi.

1. Fokus pada Kompetensi Inti

Bisnis Anda memiliki sesuatu yang sangat Anda kuasai. Kemungkinan besar produk atau layanan inti mereka. Dan, itulah yang akan membawa bisnis mereka melalui resesi. Bisnis perlu menambah atau fokus pada produk dan layanan yang Anda tahu akan memberikan performa terbaik. Dan Anda tidak boleh menghabiskan anggaran mereka untuk mencoba mendukung produk atau layanan yang lebih lemah. Fokusnya harus pada mempromosikan produk atau layanan terbaik kepada pelanggan masa lalu dan saat ini, dan kepada prospek.

Dan, jika memungkinkan, mereka perlu menemukan cara untuk menghasilkan banyak aliran pendapatan yang mempromosikan produk atau layanan inti. Beberapa aliran pendapatan akan memberikan lebih banyak fleksibilitas finansial ketika waktu semakin ketat.

2. Jangan Berhenti Memasarkan

Selama resesi, lebih dari sebelumnya, sangat penting melakukan apa pun yang Anda bisa untuk tetap menjadi perhatian utama bagi pelanggan. Resesi cenderung menjadi waktu yang menegangkan bagi semua orang. Dan, dengan begitu banyak tekanan untuk mengalihkan perhatian, mudah bagi bisnis untuk dilupakan atau hilang dalam persaingan.

Bagi banyak bisnis, ini berarti membawa bisnis Anda secara online dengan cara yang tepat. Seperti yang kami tekankan dalam panduan komprehensif kami tentang cara memulai bisnis beberapa waktu lalu, website adalah salah satu alat terpenting dan komponen penting dari strategi pemasaran dan branding.

Jadi, bisnis harus tetap menganggarkan dana untuk pemasaran (dan biaya untuk menciptakan kehadiran online yang kuat) dan melakukan yang terbaik untuk tetap berada di depan pelanggan.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Laptop dan Part PC untuk Keperluan Rendering 3D

3. Lindungi Arus Kas

Resesi bisa menyebabkan margin keuntungan lebih tipis, yang dapat membuat mempertahankan arus kas yang sehat menjadi rumit. Jika arus kas mengering, itu kemungkinan akhir dari bisnis Anda. Jadi, untuk bertahan dari resesi, penting untuk merencanakan ke depan cara-cara untuk melindungi arus kas Anda. Berikut adalah beberapa opsinya:

  • Kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Audit pengeluaran Anda saat ini. Apakah ada layanan atau sumber daya yang dapat berfungsi tanpa bisnis Anda untuk sementara waktu? Jika demikian, maka hiduplah tanpanya. Salurkan uang itu kembali ke pengeluaran yang diperlukan untuk bisnis Anda. (Ingat, pemasaran diperlukan!) Dan, carilah harga yang lebih murah untuk barang-barang yang tetap ada dalam daftar “kebutuhan” Anda.
  • Mengatur modal keuangan. Perhatikan jalur kredit atau pinjaman untuk bisnis kecil. Terapkan pinjaman usaha kecil untuk membantu Anda tetap bertahan. Bantuan keuangan yang tepat waktu dari pinjaman usaha kecil dapat menjadi perbedaan antara bertahan hidup dan terpuruk. Jadi, periksa daftar pinjaman usaha kecil terbaik untuk mempelajari tentang program pendanaan mereka.
  • Dan, pastikan Anda memahami situasi arus kas Anda. Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang angka-angka, Anda tidak akan tahu cara terbaik untuk melindungi diri sendiri.

4. Berinvestasi pada Pelanggan Anda yang Sudah Ada

Lebih mahal untuk mendapatkan pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada. Ini sangat penting bahkan pada saat-saat terbaik. Namun, selama resesi, orang-orang menekan pengeluaran mereka, membuatnya  semakin sulit  untuk membujuk pelanggan baru untuk mencoba produk atau layanan Anda. Jadi, berinvestasi pada pelanggan yang sudah Anda miliki menjadi lebih penting.

Sekaranglah saatnya untuk membangun hubungan nyata dengan pelanggan Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda mendukung mereka. Perlakukan mereka dengan hormat dan hargai perlindungan mereka dengan tindakan Anda. Hubungan yang Anda bangun dengan pelanggan Anda saat Anda menavigasi masa-masa sulit bersama, dapat membangun loyalitas pelanggan seumur hidup. Jadi, pikirkan cara tepat agar Anda dapat membuat perbedaan yang bermakna dan positif bagi pelanggan Anda.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here