Membuat Visa lebih Mudah, Dengan Patuhi Syarat dan Tahu Biayanya
Membuat Visa lebih Mudah, Dengan Patuhi Syarat dan Tahu Biayanya

Dang Merdu – Bagi kamu yang ingin berangkat ke luar negeri sudah tahukah kamu syarat wajib dan biaya pembuatan visa ?

 

Pengajuan visa pun wajib dilakukan sebelum membeli tiket pesawat. Kedutaan besar (Kedubes) negara yang kamu tuju pun akan mempertimbangkan tujuan dan durasi tinggal di negara tujuan.

 

Dalam pengajuan visa, kamu pun perlu menyiapkan sejumlah dokumen yang akan diberikan kepada Kedubes. Ada baiknya kamu menyiapkan seluruh dokumen tersebut hingga benar-benar lengkap. Berikut syarat untuk mengajukan pembuatan visa:

 

> Paspor asli dan fotokopi

> KTP asli dan fotokopi

> Pas foto sesuai persyaratan

> Formulir permohonan pengajuan visa

> Bukti pembayaran visa

> Surat keterangan sponsor

> Surat keterangan kerja

> Rekening koran atau slip gaji tiga bulan terakhir

> Jadwal perjalanan dan lama tinggal

> Surat keterangan sehat

 

Biaya Pembuatan Visa

 

Proses pembuatan visa memerlukan biaya yang berbeda-beda tergantung jenis visa yang kamu ajukan. Kamu perlu menyiapkan dana minimal Rp100 ribu dan bisa lebih mahal lagi. Untuk kunjungan wisata, biaya pengajuan visa yang dibebankan sebesar Rp500 ribu.

 

Pembayaran akan dilakukan saat kamu mulai pengajuan visa. Kamu harus menyimpan bukti pembayaran atau transfer tersebut sebagai berkas yang akan dilampirkan dalam pengajuan visa. Pembayaran pun hanya dilakukan satu kali dan kamu tidak akan dimintai pembayaran apa pun lagi saat proses pengajuan berlangsung.

 

Tahapan Cara Membuat Visa

 

Setelah menyiapkan dokumen, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pengajuan visa. Pastikan kamu mengikuti semua langkah di bawah ini dalam pembuatan visa:

 

  1. Mendaftarkan diri melalui visa center

 

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk pengajuan visa di kedubes negara yang ingin didatangi. Kamu pun bisa melakukannya melalui website resmi dari kedubes tersebut. Kamu pun harus melihat teliti lagi tentang semua persyaratan yang diminta.

 

Selain itu, kamu pun perlu mengunduh formulir aplikasi dari website tersebut. Isi data diri secara lengkap dan sesuai dengan KTP dan paspor milikmu.

 

  1. Penyerahan berkas persyaratan

 

Untuk mengajukan pembuatan visa, kamu pun harus melampirkan seluruh berkas dalam berkas pengajuan. Pastikan kamu memeriksa seluruh berkas sebelum menyerahkannya. Kekurangan berkas syarat pengajuan visa membuat kemungkinan pengajuan kamu ditolak.

 

Kamu bisa membuat rangkap dalam jumlah yang lebih banyak untuk berjaga-jaga saat memberikannya. Jika ada dokumen yang kurang, kamu bisa langsung melengkapinya.

 

Baca juga : Rekomendasi Kado Pernikahan Unik dan Menarik, Dijamin Pengantin Suka

 

  1. Proses verifikasi data

 

Pihak kedutaan akan melakukan verifikasi data terlebih dulu. Setelah verifikasi selesai, kamu akan diminta datang kembali untuk melakukan wawancara.

 

  1. Proses wawancara

 

Kamu akan diundang kembali oleh pihak Kedubes untuk melakukan proses wawancara. Sebaiknya datang pagi karena antrean wawancara pengajuan visa akan sangat ramai. Jangan lupa untuk berpakaian rapi saat datang ke Kedubes.

 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat wawancara, termasuk cara menjawab. Pada intinya, pihak kedutaan hanya akan menanyakan tentang kegiatan yang akan kamu lakukan di negara tujuan. Yakinkan mereka bahwa kamu akan Kembali ke Indonesia sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

 

  1. Pengambilan visa

 

Setelah semua proses dijalani, kamu akan diminta menunggu. Biasanya, pengajuan visa baru akan selesai sekitar dua minggu bahkan bisa lebih dari itu. Setelah visa disetujui, kamu akan dikirimi email untuk pengambilan visa.

 

Kamu cukup datang ke Kedubes negara yang dituju untuk pengambilan visa. Jangan lupa membawa dokumen identitas asli untuk proses pengambilan, ya.

 

Dokumen visa kunjungan biasanya hanya berlaku sekitar 60—180 hari saja. Setelah itu, kamu harus melakukan pengajuan kembali. Namun, sejumlah negara pun memberikan keleluasaan dalam jangka waktu berlakunya visa.

 

Baca Berita Nasional Terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here