Pro dan Kontra Menggunakan Facebook Marketplace untuk Bisnis

Berita Pekanbaru Terkini – Orang-orang menghabiskan waktu dan uang mereka di internet sekarang lebih dari sebelumnya, terutama untuk berbelanja. Facebook Marketplace adalah salah satu platform tempat Anda dapat membeli dan menjual produk di wilayah Anda. Ini memiliki fitur seperti toko seperti platform e-commerce lainnya tetapi dengan sentuhan yang lebih personal. Konsumen dapat berinteraksi dengan bisnis secara langsung, yang memberi mereka pengalaman yang lebih personal.

Manfaat Facebook Marketplace tidak terbatas. Jadi, jika Anda seorang pebisnis atau memulai bisnis baru Anda dan ingin terjun ke penjualan online, Facebook Marketplace adalah cara yang bagus untuk memulainya. Namun sebelum Anda terjun ke dunia baru ini, izinkan kami memandu Anda tentang beberapa dasar dan pro dan kontra dari Facebook Marketplace.

Kelebihan Menggunakan Facebook Marketplace

Beberapa keuntungan utama menggunakan Facebook Marketplace sebagai platform untuk membuat daftar dan menjual produk akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Terhubung ke pembeli Anda secara langsung

Facebook Marketplace memungkinkan pembeli untuk menghubungi penjual secara langsung melalui Messenger. Hal ini memungkinkan penjual untuk terhubung dengan pembeli mereka, membangun hubungan yang baik, dan hubungan bisnis dengan prospek. Terhubung ke pembeli secara langsung melalui Messenger membangun faktor kepercayaan dengan mereka yang membantu dalam mendapatkan closing transaksi dengan mudah.

2. Platform yang mudah digunakan

Facebook Marketplace juga tersedia melalui aplikasi Facebook iOS dan Android dan browser desktop. Memposting di Marketplace adalah proses lima langkah yang mudah. Jadi, tidak perlu lagi membuang waktu untuk mencari tahu cara memposting di Facebook Marketplace sebagai bisnis. Ambil saja gambar yang bagus dari produk Anda, buat kategori dan deskripsi yang sesuai, dan Anda siap untuk menjualnya.

3. Facebook Marketplace memberikan pengalaman yang lebih personal

Marketplace menunjukkan kepada pembeli produk yang ingin mereka beli, bergantung pada riwayat penelusuran mereka, aktivitas sebelumnya, dan komunitas lokal. Anda dapat menambahkan filter saat Anda mencari produk tertentu di area lokal Anda. Marketplace secara otomatis menampilkan produk yang tersedia di wilayah Anda, sehingga memudahkan proses pembelian.

Baca Juga: Hal Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Beli Samsung Galaxy Z Fold 4

4. Facebook tidak membebankan biaya untuk penjualan

Tidak seperti situs e-commerce lainnya, Facebook tidak mengenakan biaya untuk menambahkan daftar di Marketplace.

5. Pengiriman nyaman

Sebagai penjual, Anda harus memutuskan siapa yang membayar pengiriman. Dan jika Anda berjualan di daerah Anda saja, pembeli bisa langsung datang untuk mengambil produk yang dipesan. Ini dapat menghindarkan kerumitan pengiriman untuk pembeli dan penjual. Sejak Facebook Marketplace dimulai, banyak bisnis mengalami pertumbuhan dalam bisnis lokal mereka. Tetapi ada beberapa kelemahan atau kekurangan menggunakan Facebook marketplace.

Kekurangan Menggunakan Facebook Marketplace

Beberapa kelemahan utama Facebook Marketplace sebagai platform penjualan adalah:

  1. Tidak banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membeli produk. Itu sebabnya akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membangun pasar.
  2. Situs e-commerce memberikan layanan yang lebih baik dalam hal toko online atau business to business (B2B) dibandingkan dengan Facebook.
  3. Platform ini tidak memiliki perlindungan konsumen seperti e-commerce kebanyakan. Perlindungan pembeli tidak tersedia di Facebook Marketplace.
  4. Platform ini bisa memakan waktu (mendengarkan dan menjawab pertanyaan pembeli).

Facebook Marketplace untuk bisnis adalah salah satu cara paling terjangkau untuk meningkatkan pendapatan Anda. Ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan bisnis lokal Anda. Jadi jika Anda telah berpikir untuk menjual produk Anda secara online ke komunitas lokal Anda, inilah kesempatan Anda. Siapkan daftar produk Facebook Marketplace Anda dan kembangkan bisnis Anda.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terupdate yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here