Dang Merdu – Fotografi merupakan suatu hal yang sangat menarik untuk dipelajari, dan saat ini banyak orang yang menyukai dunia foto. Karena semakin banyaknya tempat – tempat menarik di Indonesia bahkan dunia yang juga banyak menyuguhkan tempat wisata yang keren dan sayang untuk diabaikan.

Mempelajari fotografi tidak hanya sebatas untuk bisa mengabadikan moment tertentu saja, akan tetapi pada saat seseorang mempelajari fotografi ia akan mendapatkan banyak manfaat yang akan dirasakan.

Bagi kalian yang sedang berusaha mencari tahu tentang manfaat mempelajari fotografi dan masih awam dengan dunia fotografi, disini akan dijelaskan beberapa manfaat mengapa kalian perlu mempelajari fotografi, berikut penjelasannya :

Menambah Skill atau Keterampilan Baru
Ketika kalian bersiap untuk bersaing di dunia pekerjaan, maka keterampilan adalah hal yang sangat penting. Selain harus menguasai bidang ilmu yang kalian dapatkan di dunia pendidikan formal, perusahaan biasanya lebih menyukai seseorang yang memiliki skill yang lebih banyak.

Ketika seseorang mampu menguasai skill tambahan, perusahaan akan memprioritaskan seseorang yang mempunyai skill yang lebih. Hal tersebut mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan nantinya, tentunya perusahaan yang kalian tuju masih memiliki hubungan dengan dunia foto.

Menguasai fotografi tidak hanya akan menguntungkan anda tetapi juga dapat menjadi nilai tambah ketika anda bersaing di dunia kerja. Namun hal ini membuat anda memiliki kemampuan dalam banyak hal saat menjalani kehidupan sehari – hari.

Membuat Lebih Percaya Diri
Percaya diri merupakan hal sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Jika kalian ingin menjadi seseorang yang mempunyai percaya diri yang lebih, salah satunya adalah anda harus dapat mempelajari fotografi. Suatu saat anda akan berada di situasi dimana anda harus mampu mengabadikan momen, ketika tidak ada lagi orang yang mampu melakukannya, maka andalah disini yang berbeda, andalah yang mampu menjadi seseorang yang berbeda dan percaya diri untuk melakukan hal tersebut.

Hal ini juga berhubungan dengan penjelasan mencari suatu pekerjaan, ketika anda berniat mengajukan diri untuk melamar pekerjaaan ke suatu perusahaan yang sedikit berhubungan dengan foto, setidaknya anda sudah memiliki bekal pengetahuan yang dapat anda berikan untuk perusahaan tersebut. Dengan begitu anda akan menjadi seseorang yang lebih percaya diri dibanding dengan orang lain yang memiliki skill yang lebih sedikit.

Selain itu, apakah anda pengguna sosial media yang aktif? jika iya, pasti anda akan banyak mengunggah hasil foto yang anda miliki pada media sosial. Jika kalian memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, tentu hal tersebut akan memberikan tingkat rasa percaya diri anda yang lebih untuk mengunggah hasil foto yang anda miliki.

Mampu Menghasilkan Foto yang Menarik
Menghasilkan foto yang menarik mampu memberikan keuntungan bagi anda, anda akan dipercaya orang lain untuk memotret mereka, menjual hasil karya foto anda, mampu mengikuti lomba fotografi bahkan menjadi seorang pemenang atau hal lain yang pastinya dapat memberikan keuntungan bagi anda. Karena hampir setiap orang menyukai melihat sebuah foto atau gambar yang menarik, bahkan sebagian orang menjadikan melihat foto atau gambar sebagai hiburan dalam hidupnya.

Kalian perlu mempelajari beberapa teknik fotografi, agar dapat menguasai fotografi serta mampu menghasilkan foto yang menarik, berbeda jika anda tidak mempelajari fotografi maka hasil yang akan anda dapatkan tidak maksimal dan pasti kurang bagus.

Baca Juga : Manfaat Fotografi Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Dapat Memperlakukan Kamera dengan Baik
Seseorang yang mempunyai niat untuk mempelajari fotografi pasti langkah awal yang harus ditempuh adalah mengenal bagian – bagian kamera. Ketika anda sudah mengetahui seperti apa bagian – bagian kamera dan bagaimana cara menggunakannya, maka anda harus mampu menggunakan kamera dengan baik, serta menggunakan kamera tersebut sebagaimana mestinya.

Hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda, yaitu kamera yang anda miliki/gunakan menjadi terawat dan tidak cepat rusak. Berbeda jika anda tidak memahami tentang kamera dengan baik, anda juga tidak terlalu bisa menggunakan kamera dengan baik, serta akan berdampak buruk terhadap kamera yang anda miliki atau gunakan.

Membuka Peluang Pekerjaan
Setiap orang pasti butuh untuk mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Memahami tentang fotografi menjadi salah satu jalan bagi anda untuk mendapatkan penghasilan, bagaimana tidak? anda dapat menjadi seorang fotografer untuk event – event atau bahkan anda dapat membuka usaha yang berhubungan dengan fotografi. Misalnya dengan membuka studio foto, memberikan kursus fotografi, menjual hasil karya anda atau hal lainnya.

Ketika anda sudah mantap untuk melakukan bisnis foto. Disamping anda dapat membuka peluang pekerjaan untuk diri sendiri, anda juga akan membuka peluang pekerjaan untuk orang lain.

Mempunyai Banyak Karya
Berkarya dan mempunyai karya merupakan hal yang penting dalam hidup. Oleh karena itu karya seseorang biasanya dapat menjadi sumber motivasi bagi orang lain, selain itu karya yang kita miliki dapat menjadi portofolio.

Sewaktu – waktu hasil karya anda mampu menjadi bukti bahwa anda memiliki kemampuan. Dan ketika anda akan mengajukan diri pada suatu perusahaan atau akan membuka sebuah usaha yang berkaitan dangan foto maka hasil karya anda itulah yang dapat anda tunjukkan.

Itulah beberapa manfaat dalam mempelajari fotografi, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba mempelajari fotografi!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here