Gubri H. Syamsuar Ingin Desa Wisata Dayun Seperti Kampung Patin Bisa Juara Nasional
Gubri H. Syamsuar Ingin Desa Wisata Dayun Seperti Kampung Patin Bisa Juara Nasional

Berita Pekanbaru – Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar saat ini menginginkan Desa Wisata Dayun Siak dapat mengikuti jejak dari Desa Wisata Koto Masjid Kampar yang saat ini sudah meraih juara nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.

Desa Wisata Koto Masjid yang berada di Kecamatan XIII Koto Kampar atau yang selalu lebih dikenal dengan sebutan Kampung Patin pada tahun lalu dapat meraih juara dua ADWI kategori Souvenir (Fesyen, Kriya, Kuliner).

“Harapan dan do’a kami semua saat ini dari rakyat melayu mudah-mudahan Desa Dayun ini dapat mengikuti jejak yang tahun 2021. Di mana Desa Koto Masjid Kampar yaitu Raja Ampatnya Riau kemarin mendapatkan peringkat dua nasional. Mudah-mudahan Dayun ini juga bisa seperti itu,” kata Syamsuar saat kunjungan kerja di Desa Wisata Dayun, Siak, pada Sabtu (20/8/2022).

Dengan begitu, kata Gubri H. Syamsuar, ia sangat berharap dengan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Dayun ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Riau dalam mengembangkan Desa Wisata yang ada.

“Ini menjadi motivasi bagi kami Pak Sandiaga, untuk dapat terus mengembangkan kampung-kampung wisata, baik yang ada di Siak maupun yang berada di seluruh Riau. Karena ini merupakan bagian dari cara kami meningkatkan pemulihan ekonomi kita,” kata Gubri H. Syamsuar menyampaikan sambutannya kepada Menparekraf beserta tamu undangan lainnya yang hadir saat itu.

Lebih Lanjut lagi, kata Syamsuar, bahwa kedatangan Bapak Sandiaga Uno beserta dengan dewan juri ADWI 2022 di Kabupaten Siak ini sekaligus untuk melakukan penilaian, yaitu kepada Desa Wisata Dayun agar dapat maju ke peringkat berikutnya dan nominasi selanjutnya.

Baca juga: Beramai Ramai Emak-emak Serbu Operasi Pasar Murah Pemprov Riau di Kandis

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri juga menyampaikan, bahwa Pemprov Riau dan Pemkab Siak saat ini sudah memiliki program yang sama, yakni guna memajukan dari sektor pariwisata. Di mana saat ini menjadikan Riau yang terutama Kabupaten Siak dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang ada di Pulau Sumatera.

“Tujuan visi dan misi kami ini pak menteri, Siak juga akan menjadi tujuan dari pariwisata yang ada di Sumatera. Karena kami saat ini sudah memiliki tagline Siak The Truly Malay. Banyak objek wisata yang lainnya di sini. Selain ada Embung Wisata ada juga Danau Zamrud, Istana Siak, dan Sungai Siak dan banyak lagi objek wisata lainnya yg bisa dikunjungi,” ujar Alfedri.

Perlu diketahui, bahwa Desa wisata Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau saat ini sudah masuk kedalam kategori 50 besar anugerah desa wisata terbaik nasional.

Desa wisata itu yang dianugerahi sebagai Desa Wisata Indonesia Bangkit yang saat ini dinilai langung oleh Menparekraf Sandiaga dan juga dewan juri Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here