Dang Merdu – Menjadi seorang pemenang di suatu lomba adalah impian banyak orang. Apalagi, jika memenangkan sebuah ajang lomba fotografi yang pesertanya banyak dan kompetitif. Pasti akan menjadi kebanggaan tersendiri. Tetapi, kalau sudah menang, jangan langsung besar kepala lho.

Berdasar hasil survei pada umumnya, keputusan mengikuti sebuah ajang lomba foto ternyata memiliki banyak berbagai macam alasan. Ada yang terpikat hadiahnya ataupun penghargaannya. Ada pula yang hanya mencoba-coba karena ingin tahu seberapa jauh kualitas kemampuan fotografi pada diri sendiri. Bahkan, ada pula yang hanya sekadar iseng, ikut-ikutan saja.

Di rubrik ini ada beberapa tips tentang bagaimana memudahkan Anda memenangi lomba foto tersebut. Tentu, tips ini saya didapatkan dari jajak diskusi dengan para fotografer andal yang selalu memenangi berbagai macam ajang lomba foto. Baik skala lokal, nasional, bahkan internasional. Apa sajakah tipsnya itu?
1. Niat Mengikuti Lomba Foto
Jika Anda ingin menang dalam lomba foto, syarat paling utama yang harus anda miliki adalah niat dalam mengikuti lomba foto itu sendiri. Yakni, menjadi seorang peserta lomba dan menampilkan karya yang terbaik. Pastinya dengan mengikuti prosuder yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Ingat! Tidak ada ceritanya yang menang lomba foto itu bukan peserta lomba. He… he… he…. So, pengen menang ya? Ikutan lombanya ya.

2. Tak Perlu Minder dan Harus Optimistis
Biasanya lomba foto diselenggarakan untuk umum. Berarti siapa saja berhak untuk mengikutinya. Nah, biasanya sebagian fotografer mempunyai rasa minder karena merasa karyanya tidak bagus. Lantaran tidak PeDe akhirnya memutuskan untuk tidak ikut lomba. Padahal, sebenarnya ingin ikut. Nah, mulai dari sekarang, buang jauh-jauh rasa minder Anda dan tetaplah optimistis. Siapa tahu karya Andalah menjadi yang terbaik dan bisa memenangkan lomba tersebut. Ingat! Keberuntungan itu bisa saja jatuh kepada siapapun.

3. Memahami Tema dan Peraturan Lomba
Kesesuaian tema adalah hal yang mendasar dalam sebuah lomba foto. Dalam sebuah lomba tema merupakan kriteria pertama. Perhatikan tema. Eksekusi sebaik dan sekreatif mungkin. Sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih yang terbaik. kemudian kirim. Dan, jangan lupa, ikuti aturan mainnya.

4. Memilih Angle yang Tepat
Angle adalah sudut pandang. Yakni, suatu sudut pengambilan gambar dari foto yang akan anda hasilkan. Pilih angle yang tepat karena banyak sekali sudut pengambilan yang bisa Anda ambil. Pilih yang bagus dan yang tampil beda.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Foto Bercerita

5. PeDe dengan Alat
Ada sebagian dari fotografer kawakan yang selalu bilang,”Kesampingkan alat. Gunakan kreativitasmu. Jangan sampai alat atau kamera malah menghambat kreativitasmu.”

Pendapat demikian ada benarnya. Karena ada prinsip yang mengatakan bahwa foto yang baik tidak selalu dihasilkan oleh kamera yang mahal. Jadi, Anda tidak perlu pesimistis. Yakin dan percaya diri (PeDe) saja.

6. Tepat Waktu
Waktu pengambilan gambar juga hal utama dalam suatu fotografi. Memilih waktu yang tepat untuk mengambil suatu gambar akan menjadi penentu foto hasil jepretan Anda. Termasuk waktu dalam pengumpulan karya. Jangan sampai anda terlambat. Sayangkan, nantinya bila karya bagus Anda tidak lolos masuk fase penjurian akibat terlambat mengirim ke pihak penyelenggara.

7. Berdoa
Jika Anda sudah berusaha, maka langkah penutup adalah berdoa. Berdoa agar hasil karya bisa menjadi juara. Itu suatu langka yang tepat. Ingat! Doa dapat mengubah sesuatu. Setelah berdoa, jangan lupa yakin. Yakini diri bahwa menang ataupun kalah itu adalah suatu hal yang biasa.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here