Beramai Ramai Emak-emak Serbu Operasi Pasar Murah Pemprov Riau di Kandis
Beramai Ramai Emak-emak Serbu Operasi Pasar Murah Pemprov Riau di Kandis

Berita Pekanbaru Terkini – Upaya Pemerintah Provinsi Riau dalam menekan laju inflasi di Riau saat ini sudah mulai digesa. Salah satu di antaranya adalah dengan cara menggelar operasi pasar murah bertempat di Desa Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak Riau, pada Jumat (19/8/2022).

Ratusan warga setempat yang hadir, mayoritas adalah ibu rumah tangga yang berbondong-bondong menyerbu tempat operasi pasar tersebut. Hal itu, lantaran dari harga bahan pokok yang saat ini dijual di lokasi itu di bawah dari harga pasar saat ini.

Kepala Dinas Diperindagkop dan UMKM, Taufik OH juga mengatakan, bahwa sesuai dengan arahan Pak Gubernur Riau H. Syamsuar, pihaknya saat ini bekerja sama langsung dengan dinas terkait guna mengejar target dalam menekan inflasi.

Taufik OH juga mengakui, bahwa pada saat ini sejumlah dari bahan pokok yang banyak mengalami kenaikan harga. Terutama dari harga cabai dan minyak. Selain itu, ada harga bawang merah yang juga mengalami kenaikan walaupun saat ini tidak begitu signifikan.

“Operasi pasar yang ada di Siak ini dibantu langsung oleh Dinas Pertanian dan tanaman pangan. Mereka sudah menyiapkan beras, cabe, bawang merah, minyak goreng, dan juga gula. Semua harganya lebih murah dari pada harga yang ada di pasar pada umumnya,” jelas Taufik.

Diungkapkan olehnya, saat ini sudah ada tiga daerah di Provinsi Riau yang mengalami peningkatan inflasi yang cukup tinggi, yaitu ada Pekanbaru, Dumai dan juga Inhil. Untuk itu, Taufik saat ini akan menggandeng dinas lainnya guna dapat berkolaborasi dalam mengadakan operasi pasar. Ia juga sangat optimistis kondisi ini akan bisa cepat teratasi.

“Daerah yang ada di Riau yang saat ini terpantau terimbas inflasi ada tiga yaitu Pekanbaru, Dumai dan juga Inhil. Untuk Dumai kami masih mau rapat dulu dengan empat OPD terkait, Disperindag, Perikanan, Pertanian dan Perkebunan. Kami segera akan tetapkan tanggalnya untuk melakukan operasi pasar,” jelasnya.

Baca juga: Wagubri Edy Natar Nasution Ajak Warga Riau Gemar Bertanam Sayur dan Buah-buahan

“Untuk Inhil dan juga Pekanbaru sudah kita laksanakan, kami segera coba akan mengajukan lagi untuk ada tambahan dua yang ada di Pekanbaru, Inhil dan Dumai, mudah-mudahan disetujui lagi,” ungkapnya.

Untuk diketahui bersama, bahwa pada operasi pasar murah ini tidak hanya menjual cabai. Namun juga ada menawarkan beras, minyak goreng, gula, sayur-sayuran, telur, dan bahan pokok lainnya.

Adapun harga dari bahan pokok yang akan dijual di operasi pasar murah itu, di antaranya ada cabai merah Rp65 ribu, bawang merah super Rp25 ribu, telur ayam perpapan Rp48 ribu, gula pasir Rp13 ribu, dan juga beras Rp100 ribu sampai Rp110 ribu.

Sementara itu, komentar dari seorang warga Kandis, Hafizah sangat bersyukur dengan adanya operasi pasar murah ini di daerah kandis. Dikarenakan harga dari bahan pokok terutama cabai dalam beberapa bulan ini mengalami lonjakan tajam. Harga cabai ini per kilogramnya di pasar sudah mencapai Rp75 ribu.

“Alhamdulillah, saat ini ada operasi pasar dan juga pasar murah. Saya sudah beli dua kilogram lumayan untuk stok. Harga di sini Rp65 ribu per 1kg nya. Kalau di pasar dapat mencapai Rp72 ribu sekilonya. Mudah-mudahan nanti akan terus berlanjut pasar murah ini,” katanya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terbaru di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here