Wagubri Edy Natar Nasution Ajak Warga Riau Gemar Bertanam Sayur dan Buah-buahan
Wagubri Edy Natar Nasution Ajak Warga Riau Gemar Bertanam Sayur dan Buah-buahan

Dang Merdu – Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution saat ini mengajak masyarakat Riau untuk gemar membudayakan dalam bercocok tanam. Apalagi jika saat ini masyarakat memiliki lahan yang tidur atau lahan kosong milik pribadi yang belum sempat dimanfaatkan.

Karena menurut Wagubri Edy Natar Nasution, dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi perkebunan mampu meningkatkan perekonomian. Selain itu, kata dia, dengan bertanam juga bisa memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

Apalagi saat ini sudah ada berbagai tanaman seperti sayuran hingga buah-buahan, yang sangat mudah ditanam oleh masyarakat kita.

Pemanfaatan dari lahan tidur milik pribadi menjadi perkebunan, sebut Wagubri Edy Natar Nasution, merupakan program yang sangat efektif untuk membantu masyarakat.

Pasalnya, selain tidak perlu membutuhkan lahan yang luas, namun hasilnya ini sangat menjanjikan bagi masyarakat kita.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat, mari saat ini kita coba untuk dapat membudayakan bertanam, karena saya lihat banyak halaman rumah atau lahan tidur yang dapat ditanam,” ajak Edy Natar Nasution di Pekanbaru, pada Jumat (19/8/2022).

Bahkan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sendiri sudah memiliki program Riau Bertani dan sangat fokus dengan pertanian dan perkebunan, yang merupakan sebagai langkah untuk dapat menjaga ketahanan pangan di daerah.

Baca Juga: Gubri H Syamsuar Perintahkan Jajaran Untuk Rutin Operasi Pasar, Demi Tekan Inflasi

Beberapa waktu yang lalu, Gubernur Riau H. Syamsuar sudah memberikan instruksi langsung kepada bupati/wali kota se-Provinsi Riau untuk melakukan Gerakan Tanam Penyediaan Pangan Daerah.

Program tersebut adalah bertujuan agar di setiap daerah ini bisa menanam berbagai komoditi tanaman pangan dan hortikultura seperti pada umumnya yakni padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas, aneka tanaman sayuran, dan buah. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya defisit pangan yang ada di Provinsi Riau.

Bahkan Pemerintah daerah (Pemda) bersama dengan petani saat ini juga mulai melakukan gerakan tanam dalam penyediaan pangan dan hortikultura di daerahnya masing-masing.

Untuk itu, Edy Natar Nasution sangat berharap agar masyarakat dapat menanamkan niat dan semangat dan gemar bercocok-tanam, baik bercocok tanam tanaman semusim maupun dengan tanaman tahunan.

Tanaman yang semusim merupakan sumber dari bahan pangan pokok yang meliputi padi, jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dan juga sayur-sayuran.

Sedangkan untuk tanaman tahunan yang merupakan komoditi perdagangan atau perekonomian yang bernilai ekonomi tinggi, saat ini meliputi tanaman buah-buahan, perkebunan dan juga kehutanan.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat, kalau kita bisa fokus dan serius dengan semua lahan-lahan yang dimiliki atau lahan tidur agar bisa kita produktifkan lagi. Sehingga program Riau Bertani ini bisa memberikan hasil yang nyata,” tandas Wagub Riau.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terlengkap di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here