5 Penyebab Mengapa AC Mobil Anda Bocor
5 Penyebab Mengapa AC Mobil Anda Bocor

Berita Pekanbaru – Seperti yang kita ketahui, jika AC mobil juga memiliki peran yang penting untuk menjaga kenyamanan kabin ketika kita sedang berkendara. Akan tetapi, salah satu kendala yang kerap kali terjadi pada AC mobil ialah kebocoran. Tak dapat menghasilkan udara yang dingin, kemudian meneteskan air atau mengeluarkan busa-busa berwarna putih ketika AC sedang dinyalakan menjadi gejala yang dapat terjadi ketika AC mobil anda mengalami kebocoran. Biasanya kebocoran pada AC tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini akan dijelaskan 5 penyebab mengapa AC mobil anda bisa bocor.

1. Terlalu Banyak Mengisi Freon

Tahukah kamu, jika kekurangan isi freon juga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran, begitupun jika sebaliknya. Terlalu banyak mengisi freon juga dapat memicu kompresor mobil anda menjadi rusak atau bahkan hingga mati secara total. Karena daya pompa pada kompresor tak akan mampu untuk bekerja dengan freon yang terisi penuh. Oleh karena itu, pastikan kembali jika anda akan mengisi freon dengan baik dan benar melalui teknisi yang telah terpercaya serta berpengalaman dibidangnya seperti pada bengkel resmi.

2. Kekurangan Isi Freon

Kebocoran pula dapat terjadi apabila terdapat retakan atau lubang pada bagian selang freon. Dikarenakan, hal tersebut dapat mengakibatkan komponen pada AC mobil anda seperti pada bagian kompresor harus bekerja secara ekstra untuk dapat memompa freon hingga ke seluruh sistem agar dapat mendinginkan mobil anda. Kompresor tersebut akan terus menerus memompa gas freon yang tak juga keluar dikarenakan terlanjur bocor melalui selang, sehingga membuat komponen tersebut juga akan menjadi rusak dengan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Hadir di GIIAS 2022, Menjadi Sinyal Jika Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dijual di Indonesia

3. Kebocoran Pada Seal

Seal adalah pelapis karet dimana jika bagian tersebut mengalami keretakan atau robek maka akan menyebabkan terjadinya kebocoran. Kerusakan yang terjadi pada seal juga dapat menyebabkan kinerja kompresor yang harus memompa gas freon ke sistem AC mobil anda akan menjadi lemah. Hal tersebut pula yang akan menyebabkan AC mobil anda menjadi tidak dingin lagi.

4. AC yang Tersumbat 

AC mobil yang Tersumbat
AC mobil yang Tersumbat

Kinerja dari AC yang terus berulang pada saat sistem tersebut dinyalakan ketika posisi mobil sedang menyala. Jika filter dryer pada AC mobil anda tidak berfungsi secara maksimal, makan akan terjadi penyumbatan yang disebabkan oleh debu atau kotoran yang ada pada freon. Sumbatan tersebutlah yang dapat memicu terjadinya kebocoran pada AC mobil anda atau bahkan dapat menyebabkan kompresor mobil anda bisa jebol atau bahkan mati secara total.

5. Masa Pakai

Tak dapat dipungkiri pula jika semua komponen yang ada pada sebuah mobil memiliki masa pakai. Sehingga, jika secara tiba-tiba AC mobil anda bocor, segeralah lakukan pemeriksaan untuk seluruh bagian komponennya baik itu evaporator, kondensor, expansi valve, dryer dan lainnya. Karena, jika komponen tersebut telah melewati batas masa pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, akan dapat membuat kinerja dari keseluruhan sistem AC mobil anda menjadi tidak maksimal.

Lakukan Servis Secara Rutin

Ketahui pula, jika AC mobil yang dingin itu belum tentu sehat, sementara AC mobil yang sehat itu sudah pasti dingin. Supaya anda terhindar dari permasalahan seperti AC mobil yang bocor, sebaiknya anda mulai untuk menjadwalkan pengecekan AC mobil anda secara rutin ke bengkel yang terpercaya atau bengkel resmi. Dapatkan pula layanan terbaik untuk mengetahui kondisi terkini dari AC mobil anda, sehingga komponen tersebut dalam keadaan sehat dan juga terjaga kondisinya.

Dapatkan informasi  seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here